Bukan Gula, 6 Makanan & Minuman Ini Justru Bisa Jadi Faktor Utama Gigi Berlubang

Menurut Dr. Mark Burhenne dari AsktheDentist pada Insider, bukan gula dan makanan manis yang membuat gigi jadi rusak; justru asam yang jadi penyebabnya.

Penjelasan singkatnya kayak gini: jika kamu makan makanan yang ngandung gula, bakteri yang ada di mulut juga bakal ngonsumsi gula tersebut. Selanjutnya bakteri itu bakal mengeluarkan asam. Nah, asam inilah yang jadi biang keroknya, kata Burhenne.

Dia juga ngasih daftar makanan yang, mengejutkannya, bisa merusak gigi lebih parah dari gula, permen, dan cokelat.

1. Biskuit asin

sumber: livestrong

Loh kok? Itu kan biskuit yang rasa asin, kok bisa bikin gigi berlubang? Dr. Burhenne mengungkap fakta mengejutkan di balik gurihnya biskuit asin.

Dia mengatakan biskuit asin telah melalui banyak proses pengolahan dan penambahan bahan kimiawi. Hal itu menyebabkan biskuit asin memiliki indeks glikemik (potensi peningkatan gula darah) yang tinggi dan menjadikannya lebih bersifat kariogenik (penyebab gigi rusak). Bisa dikatakan, biskuit asin jauh lebih berbahaya dibanding permen dalam hal merusak gigi.

2. Buah kering

sumber: babycenter

Mungkin bagi kamu buah yang sudah dikeringkan adalah camilan sehat yang efeknya sama dengan memakan buah segar. Tapi yang namanya buah kering pasti sudah melalui proses pengeringan dan kehilangan airnya.

Proses pengeringan ini juga menyebabkan gula alami buah menjadi terlalu terkonsentrasi, sehingga wajar kalau ada kesan lengket di gigi saat mengunyah buah kering. Rasa lengket ini ternyata menyebabkan plak pada gigi dan menyuburkan bakteri penyebab gigi berlubang.

3. Permen batuk

sumber: kitchenbyte

Menghisap permen batuk biasanya jadi solusi jika tenggorokan gatal. Tapi dengan mengonsumsi permen ini, yang biasanya diemut dalam waktu lama, justru membuat gigi kamu membuka jalan lebih lama untuk gula dan asam. Peluang bakteri untuk merusak gigi pun jadi lebih besar dibandingkan jika kamu memakan sepotong kue tart yang manis.

4. Kopi

sumber: entertainment-news.online

Sudah menjadi rahasia umum kalau kopi bisa meninggalkan bekas noda di gigi. Tapi tak berhenti sampai di sana; kandungan asam tanat yang terdapat di kopi, jika dibiarkan lama berada di mulut, lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

5. Diet soda

sumber: gothamcityesq

Diet soda merusak gigi? Bukannya hanya mengandung sedikit gula? Faktanya, berbeda dengan soda yang biasa, gula pada diet soda telah diganti dengan phosphoric acid. Kandungan ini bisa mengikis kalsium pada enamel gigi.

6. Ice lemon tea kemasan

sumber: canadianliving

Salah satu produk ice lemon tea botolan terindikasi memiliki tingkat keasaman PH 2.97. Hal itu berarti meminum habis lemon tea tersebut sama dengan kamu meminum sesendok penuh cuka! Hal ini tentu berbahaya bagi gigi.

Di sisi lain, air putih, susu, teh tanpa pemanis/kafein, dan kopi yang ditambahi krimer udah diakui aman buat gigi.

Nah, mulai dari sekarang selektiflah memilih makanan atau minuman yang tidak merusak gigi. Dan kalau kamu udah ‘kecanduan’ sama makanan dan minuman di yang ada di atas, usahakan juga buat mulai mengurangi. Sanggup, ‘kan?