Catet! Ini 6 Festival Budaya Indonesia yang Sudah Go Internasional. Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Buat kamu yang bingung mau traveling plus menikmati festival budaya yang khas dari Indonesia, berikut daftar festival budaya Indonesia yang akan diselenggerakan dalam setahun ini.

1. Jazz Gunung Bromo

via beepdo.com

Festival musik jazz tahunan yang rutin diadakan ini menyajikan nuansa musik jazz yang cool dipadukan dengan suasana yang fresh di area Amfiteater Terbuka Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Festival musik jazz ‘tertinggi’ di Indonesia ini (tinggi menurut lokasinya loh!) selalu menghadirkan musisi jazz ternama seperti Glenn Fredly, Maliq & D’Essentials hingga Dewa Budjana.

Pada tahun 2018 ini, Jazz Gunung Bromo genap diadakan untuk yang ke 10 kalinya. Yang suka musik Jazz wajib nih datang pada tanggal 27-29 Juli 2018 karena musisi Jazz favoritmu seperti Nonaria dan Endah N Rhesa bakal menjadi special guest-nya, loh. Kalau kamu penasaran detail-nya, bisa nih kunjungi website resmi Jazz Gunung Bromo 2018.

2. Dieng Culture Festival

via patainanews.com

Salah satu festival budaya ikonik Indonesia ini rutin diadakan pada bulan Agustus, untuk tahun ini tepatnya pada tanggal 3-5 Agustus 2018. Konon kabarnya, Dieng Culture Festival ini merupakan festival teromantis di Indonesia. Gimana nggak romantis kalau kamu bakal disajikan dengan alunan Jazz Atas Awan, pelepasan lampion yang diadakan di dataran tinggi Dieng yang superrrr dinginnnnn sehingga membutuhkan pelukan kehangatan dari kekasih (kalau nggak ada, yah dipeluk jaket aja boleh lah #uhuk).

Nah, satu acara yang menjadi gongnya festival ini adalah pemotongan rambut anak gimbal (ruwatan) yang diadakan hanya satu tahun sekali dan hanya ada di Dieng ini, guys! Pengen nonton festival budaya ini? Buru deh booking hotel dan tiketnya, karena konon menjelang hari H, hotel-hotel sekitaran area festival udah full-booked semua loh.

3. Jember Fashion Carnaval

via travelling.bisnis.com

Masih ingat dengan kostum ‘Ibu Pertiwi’ yang sangat viral sehingga membawa Indonesia meraih gelar Best National Costume di ajang Miss Grand Indonesia 2017? Yups, kostum megah seperti ini bisa kamu saksikan di ajang Jember Fashion Carnaval setiap tahunnya.

Digagas oleh seorang desainer bernama Dynand Fariz yang terinspirasi dari pertunjukan Reog Ponorogo yang memenuhi jalanan kota Jember pada saat perayaan ulang tahun kota tersebut, Jember Fashion Carnaval pun dibuat dengan konsep yang serupa. Pada bulan Agustus, baik wisatawan domestik hingga mancanegara akan memadati arena jalan raya yang disulap menjadi runway bagi para model. Nggak main-main loh perjuangan para model membawa kostum yang beratnya berkilo-kilo itu, jadi kamu wajib deh dateng ke Jember Fashion Carnaval tahun ini.

Editor’s Pick

  • Di Balik Keindahannya, 7 Tempat Modern Ini Ternyata Lebih Dikenal Sebagai Kota Hantu
  • Eksotis Banget! 5 Pantai Pink Ini Jadi Incaran Wisatawan Seluruh Dunia
  • Dunia Ini Penuh Keindahan! 11 Foto Ini Bisa Jadi Pengingat Kalau Pergi Bertualang Itu Penting Buat Kamu

4. Rambu Solo

via wowasiknya.com

Kamu termasuk orang yang pemberani dan nggak takut sama hal-hal berbau mistis? Kalau iya berarti kamu bakalan 100% menikmati upacara kematian khas suku Toraja yang dikenal sebagai Rambu Solo. Bukan sekedar upacara kematian biasa, tapi melibatkan mayat yang bisa berjalan, puluhan kerbau yang disembelih sebagai persembahan hingga ratusan orang yang datang baik untuk mengantarkan jenazah maupun wisatawan yang memang khusus datang melihat upacara super mahal ini.

Meski tidak memiliki jadwal pasti kapan akan dilaksanakannya Rambu Solo ini, umumnya upacara ini akan diadakan antara bulan Agustus-Oktober. Jadi kalau kamu penasaran sama festival ini, mending menabung dari sekarang dan jika sudah ada pengumuman pastinya langsung deh beli tiketnya.

5. Festival Payung Indonesia

via pedomanwisata.com

Biasanya payung identik digunakan pada saat hujan atau saat matahari sedang terik bersinar, lain halnya dengan payung-payung yang berjajar cantik di Festival Payung Indonesia. Bukan seksdar payung biasa, tapi melainkan payung-payung tradisional hasil dari para pengrajin payung di Indonesia. Karena keunikan desain dan warna pada setiap payung menjadikan festival ini sebagai spot menarik untuk berfoto-foto.

Selain warga Solo sebagai tuan rumah festival ini, banyak turis dari kota lain hingga turis asing yang sengaja menyempatkan diri datang ke Festival Payung Indonesia. Khusus untuk tahun 2018, kamu bisa menyaksikan Festival Payung Indonesia dari tanggal 20 Agustus – 8 September 2018.

6. Solo International Perfoming Arts

Solo International Performing Arts – September 09, 2017 – © Selipan.com

Selain Festival Payung Indonesia, kota Solo masih punya festival berskala internasional lainnya yaitu Solo International Performing Arts (SIPA). Pada awalnya SIPA menjadi ruang pertemuan beragam seni pertunjukkan baik dari dalam dan luar negeri. Setelah 10 kali digelar berturut-turut, Solo International Performing Arts menjadi pergelaran maha karya seni internasional yang kehadirannya selalu dinanti. Tahun 2018 ini, kamu bisa menyaksikan Solo International Performing Arts pada tanggal 6-8 September 2018.

Nah, bingung kan mau pilih festival budaya yang mana?