Cowo Wajib Tau: 4 Langkah Jitu Ini Wajib Kamu Lakukan Biar Hasil Vlogmu Keren Kayak Para Vlogger Terkenal

Coba kita menilik strategi para vloggers yang berhasil meraup ribuan subscribers di YouTube. Kira-kira apa sih yang bikin mereka bisa sampai di tahap itu? Bagaimana sih step by step-nya? Berikut akan diulas secara detil agar kalian semua bisa bikin sebuah vlog yang keren.

1. Persiapkan Niat, Keberanian, dan yang Paling Penting; Arah Konten

Sama halnya seperti kita melakukan sesuatu, ngevlog juga harus diawali dengan niat loh Bro. Jangan sangka ngevlog cuman modal asal jadi, kalau begini caranya, maka selesailah sudah, sampai Nobita lulus SD pun nggak akan jadi. Niat harus diteguhkan bulat-bulat. Setelah niat, persiapkan mental kalian untuk berada di depan kamera. Bagi kalian yang doyan banget selfie atau berbagi keseharian kalian dalam instagram story, hal ini bukan masalah besar. Namun, bagi kalian yang agak malu-malu kucing alias grogian, harus siapin mental baja nih Bro.

Vlogger Kece

Memang sih Bro, kalau soal niat dan keberanian tergantung masing-masing individu, bagaimana kalian akan mengaturnya. Nah sedikit tips dari Alitt, sang motor vlogger handal, kalau kalian mau jadi pede depan kamera, maka biasakan perbanyak latihan di depan cermin. Baru deh setelah itu, kalian harus memperhatikan konten dari vlog kalian nih dengan kemasan yang menarik dan tentunya nonjolin kalau kalian itu #CowoLebihTau. Nah maka dari itu kalian harus pikirkan sebelum starting a new vlog. Kira-kira kalian mau bikin vlog tentang apa sih? Kuliner, daily life, outfit, atau motovlog yang lagi digandrungi banget dan dipelopori sama Alit alias @shitlicious? Pilih aja, lo yang lebih tau Bro!

2. Cowo Wajib Tau Milih Perlengkapan Ngevlog yang Berkualitas, Supaya Nggak Berhenti di Tengah Jalan

Kamera dan pod alias pegangannya merupakan hal wajib dalam dunia vlog. Tanpa mereka kalian bisa saja menggunakan handphone tapi kualitas yang disajikan mungin nggak akan secanggih vlog yang menggunakan kamera Bro. Tapi nggak usah pusing, kamera jaman sekarang memang banyak, namun di sini kalian bakal jadi #CowoLebihTau soal kamera dan perintilannya yang bisa bantu menghasilkan vlog ala professional vloggers tapi nggak bikin kantong kempes.

Ngevlog Starter Pack

Biasanya, kamera-kamera yang digunakan oleh vlogger profesional merupakan kamera mirrorless, fungsinya agar benda-benda optik di sekitar kalian tidak memantulkan cahaya yang mengganggu jalannya vlog. Bentuknya juga lebih kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa Bro. Selain itu, kapasitas kamera yang diberikan biasanya sekitar 20 megapixel, dengan resolusi video maksimal 4K ultra high definition. Jadi, langsung aja konsultasi dengan abang-abang toko gadget untuk menemukan kamera yang pas, biasanya juga bonus pod loh! Tapi, kata Alitt, sebenarnya fitur 4K di kamera gak terlalu penting sih karena di Indonesia masih banyak yang lihat vlog di YouTube dan pakai resolusi 360p, jadi kalau kalian punya kamera yang belum support 4K itu nggak papa banget Bro.

3. Pelajari dan Cari Tahu Caranya Editing dan Coloring Video yang Kece

Untuk tahap pemula, editing dan coloring video rupanya harus dilakukan sendiri. Mungkin kita belum punya cukup budget untuk membayar editor handal, sehingga mau tidak mau kita harus terapkan yang namanya self-service. Editing dan coloring video sebenarnya tidak susah, sudah banyak juga tutorial yang tersebar di YouTube dan bisa kalian search sendiri. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah aplikasi yang kalian gunakan.

Ngedit Video

Aplikasi editing dan coloring bermacam-macam, tinggal sesuaikan aja dengan kapasitas mengerjakan kalian. Jika kalian adalah orang yang simpel, kalian bias coba browsing dengan keyword “editing tools for beginner,” pasti banyak banget yang muncul dan bisa diseleksi sendiri. Kalau cowo pasti lebih tahu dong yang soal beginian!

4. Pilih Nama yang Kece untuk Channel dan Juga Nggak Kaku Sama Subscribers

Ningkatin percaya diri udah kalian tahu, memilih kamera yang cocok untuk bikin vlog yang kece juga sudah, terus soal editing juga kalian udah paham. Nah, the last but not least, uploading vlog kalian ke YouTube Bro. Bagi kalian yang sudah pernah punya channel YouTube sebenarnya tinggal disesuaikan saja mau dibikin seperti apa yang sesuai profil kalian. Namun, bagi kalian yang masih newbie dalam dunia vlogging, coba deh terapkan tips and tricks satu ini. Siapa tahu channel kalian akan booming. Pilih nama channel yang eyecatching dan mudah diingat orang. Nama channel yang simple tapi kece, akan memudahkan subscribers mengingat channel YouTube kalian.

Youtube Fanfest

Jika kalian sudah terkenal nanti dan memiliki beribu-ribu subscribers, jangan kaku-kaku banget Bro ke mereka. Coba deh bikin interaksi dengan mereka karena dari subscribers lah kalian bisa menjadi vlogger hebat. Mungkin bagi sebagian genre vlog seperti daily life atau motovlog agak sedikit berbeda ya bagaimana cara interaksinya, tapi dengan acara meet and greet khusus membahas soal motor atau collaboration bareng subscribers bisa jadi hal yang keren.

Nah empat cara ini yang bias jadi langkah awal kalian untuk jadi vlogger newbie tapi tetep nggak amatiran. Jika kalian memang serius ingin menekuni dunia vlog, bisa banget nih coba-coba tips and tricks ini. Siapa tahu subscribers kalian nanti makin banyak, bias ngalahin cowo-cowo pro sekelas Casey, Arif, dan Alitt Bro!