Cuma Dikuasai Sedikit Orang, 5 Keahlian Paling Langka Ini Terancam Hilang Untuk Selamanya Lho

Kalau melihat lebih jauh ke sejarah manusia, mungkin sudah tidak terhitung jumlah keahlian khusus yang sudah tidak lagi dikuasai manusia modern saat ini. Melansir dari Cracked, ternyata ada 5 keahlian paling langka yang hanya dikuasai oleh satu atau dua orang saja di bumi ini. Nah, karena hanya dikuasai oleh sedikit orang, 5 keterampilan ini pun terancam hilang selamanya. Penasaran? Yuk langsung aja kita cek daftarnya.

1. Satu-satunya manusia yang menguasai seni kuno menenun kain dari air liur kerang

via sardinien.com
via greenme.it

Seorang wanita asal Italia mempunyai keterampilan menenun sea silk (sutra laut) yang merupakan bahan tekstil paling langka di dunia. Satu-satunya cara untuk mendapatkan tekstil ini adalah dengan mengunjungi rumah Chiara Vigo di daerah pantai Sardinia. Soalnya, dialah satu-satunya manusia di bumi yang mampu mengolah sutra laut dari byssus atau air liur kerang yang tersolidasi. Spesies kerang yang mampu menghasilkan byssus ini merupakan spesies lokal daerah pantai Sardinia.

Tentunya Chiara Vigo tidak sembarangan menemukan teknik sekaligus hobi tenun yang langka tersebut. Menurut sejarah, sutra laut adalah kesenian yang dimulai sejak zaman Mesir Kuno dan merupakan jenis tekstil terbaik yang dikenal pada masanya. Material ini bersinar seperti emas saat dipapari sinar matahari, dan konon, sutra laut juga dikatakan bisa meningkatkan kesuburan dan keberuntungan seseorang. Teknik tenun ini begitu melelahkan dan memakan waktu sehingga semakin sedikit pengrajin yang mau mempelajarinya. Vigo sendiri mesti menyelam setidaknya 200 sampai 300 kali untuk mendapatkan 200 gram byssus. Jadi kebayang ‘kan gimana beratnya menjadi pengrajin sutra laut?

Berkat kelangkaan dan keindahan sutra laut, sebenarnya Vigo bisa saja menjual hasil karyanya dan mengantongi uang triliunan dolar. Namun Vigo dan keluarganya menolak untuk bertindak demikian. Mereka menganggap menjual karya yang berasal dari laut adalah tindakan yang menyinggung perasaan Tuhan. Sebaliknya, Vigo akan memberi sutra laut secara cuma-cuma kepada siapa pun yang mengunjungi “bengkel” dia di pantai Sardinia.

2. Satu-satunya penutur bahasa tradisional Wukchumni yang tersisa

via rejectedprincesses.com

Sebelum bangsa Eropa menduduki pulau Amerika, populasi suku Wukchumni yang merupakan suku asli daerah California berjumlah 10.000 jiwa. Sekarang mereka hanya tersisa 200 orang saja. Dari 200 orang itu, hanya satu orang yang masih fasih menuturkan bahasa tradisional Wukchumni, orang itu bernama Marie Wilcox.

Nenek berusia 84 tahun ini menyadari kalau dia adalah satu-satunya penutur bahasa daerah yang tersisa. Maka dari itu dia memutuskan untuk menulis kamus demi mengabadikan bahasa Wukchumni yang dicintainya. Tetapi di usia senjanya, ingatan Wilcox tentang bagaimana berbicara bahasa Wukchumni tidaklah sempurna. Dia juga belum pernah bercakap-cakap dengan bahasa daerahnya selama puluhan tahun. Alasannya mungkin sudah jelas, tidak ada lawan bicara yang bisa berbahasa Wukchumni.

Meskipun menemui berbagai tantangan, Wilcox sudah hampir menyelesaikan kamus tersebut. Semua terjadi berkat kegigihannya dan dukungan dari keluarganya tercinta. Terhitung nenek ini kini sudah menghabiskan 7 tahun masa hidupnya untuk membuat kamus Wukchumni.

3. Hanya satu orang di dunia yang bisa membuat bola dengan lingkaran sempurna

via sciencedaily.com

Pengrajin lensa asal Jerman Achim Leistner memiliki bakat yang unik sekaligus langka. Dia sering disebut-sebut sebagai satu-satunya orang di bumi yang bisa membuat bola dengan lingkar dan kepadatan sempurna dengan tingkat kesalahan hanya beberapa nanometer saja. Keahlian Leistner bahkan mempengaruhi standar ukuran kilogram dunia. Pengukuran metrik (seperti kilogram, gram, miligram) dipertahankan dengan standar yang sangat presisi. Saat ini, kilogram adalah satu-satunya pengukuran metrik yang masih memiliki prototipe fisik.

Para ilmuwan menemukan bahwa bobot prototipe kilogram yang terbuat dari batu platina dan iridium semakin menurun. Namun jika mereka bisa mendapatkan bola silikon padat yang memiliki berat 1 kilogram, mereka bisa menghitung jumlah atom di bola tersebut dan menentukan standar kilogram yang lebih absolut. Kemahiran Leistner untuk membuat bola sempurna seberat 1 kilogram bakal diuji.

Editor’s Pick

  • Kreatif! Pria Ini Punya Cara yang “Luar Biasa” Buat Bantu Jual Mobil Tua Kekasihnya
  • Pengen Tahu Caranya Ikat Tali Sepatu Pake Satu Tangan? Coba Ikuti Caranya Di Sini
  • Hebat! 5 Eksperimen Psikologis ini Bikin Kita Lebih Tau Tentang Sisi “Kemanusiaan” Kita

4. Programer ini memiliki software enkripsi E-mail terbaik di dunia

via taz.de

GNU Privacy Guard (Gnu PG) adalah perangkat lunak terbaik yang bisa melindungi privasi penggunanya ketika berkomunikasi melalui internet. Desainernya bernama Weiner Koch, pria yang berasal dari Jerman. Sampai saat ini, dialah satu-satunya programer yang mampu membuat sistem enkripsi email yang memungkinkan pertukaran informasi di internet tanpa bisa “diintip” oleh peretas atau bahkan pemerintah. Karya Werner tidak begitu terkenal dan diakui masyarakat dunia, sebab seperti yang kita tahu, alur informasi dan komunikasi di internet dikendalikan oleh pihak-pihak yang berwenang.

Untuk tetap memperbarui sistem perangkat lunaknya, Werner mengandalkan donasi dari para pengguna GnuPG. Tanpa donasi tersebut, kemungkinan besar ia bakal bangkrut. Tapi, ketika Edward Snowden menggunakan perangkat lunak Werner, GnuPG mendadak booming. Pada tahun 2013, Edward Snowden membocorkan informasi rahasia seputar program-progam NASA kepada pers. Ketika masih menjadi anggota CIA, Snowden menganggap pemerintah Amerika melakukan pengambilan data dan pemantauan aktivitas yang dinilai berlebihan terhadap warganya dalam suatu program NASA yang disebut PRISM. Snowden mengirim dokumen klarifikasinya ke media massa memenggunakan software GnuPG.

5. Agama yang diklaim progresif dan memiliki daya cipta tinggi sedang diambang “kepunahan”

via npr.org

Arnold Hadd dan June Carpenter adalah dua pengikut aliran kristen United Society of Believers yang masih tersisa saat ini. Dulu, pengikut sekte ini berjumlah ribuan orang. Tapi karena ajarannya yang agak berbeda, mereka pun diasingkan ke Maine. Namun, apa yang membedakan Shakers (julukan pengikutnya) dengan kristen tempo dulu? Well, Shakers memiliki pandangan yang lebih progresif ketimbang kristen ortodoks. Sejak dulu mereka sudah meyakini adanya persamaan ras dan jenis kelamin. Tercatat sebelum perang sipil Amerika, gereja Shakers adalah gereja yang pertama mengakui persamaan ras kulit putih dan kulit hitam di Amerika.

Mereka juga kerap melakukan penemuan dan inovasi di bidang teknologi seperti penemuan sapu datar dan mesin cuci mekanik pertama yang disebut wash mill. Shakers juga yang menemukan metode pembuatan pakaian tahan air dan anti kerut yang digunakan hingga saat ini. Mereka menemukan kompor kayu, gergaji sirkular, dan beberapa metode pertanian yang inovatif. Mereka pun membagi pengetahuan mereka kepada dunia tanpa menuntut hak paten.

Tragisnya, sekte ini terancam hilang karena dogmanya sendiri, pembujangan. Shakers dilarang menikah, jadi tentu saja kepercayaannya tidak bisa diturunkan kepada anak cucu mereka.

Itulah 5 keahlian yang terancam punah dan hilang untuk selamanya. Kalau kamu merasa satu-satunya orang yang memiliki keahlian langka seperti di atas, tunjukkan diri kamu pada dunia, guys. Biar kamu diakui, dan siapa tau ada orang yang berminat belajar dari skill kamu, hehe.