Dari Koran Sampai Bedak Bayi, Nih 10 DIY Low Budget Untuk Merawat Sepatu

Cara ngerawat yang salah akan membuat kerusakan pada sepatu, mulai warna yang kusam sampai bau nggak enak karena lembab. Untuk itu, intip deh 10 DIY low budget ini biar sepatumu tetep kece meski umurnya udah nggak muda lagi. Tenang aja, karena low budget, 10 cara di bawah ini nggak bikin kantong bolong!

1. Koran bekas

via brightside.me

Semir sepatu lagi habis dan lupa beli? Pakai aja koran bekas. Kamu cukup meremas koran hingga membentuk lingkaran, terus poles deh sepatu hitammu.

2. Roti basi

via brightside.me

Jangan buru-buru dibuang! Roti basi yang udah nggak layak konsumsi masih berguna untuk membersihkan noda di permukaan sepatu suede kok.

3. Amplas

via instagram.com/esraninportresi

Amplas memang bisa membuat permukaan kayu lebih halus. Tapi, amplas juga bisa membuat sol sepatumu nggak licin lagi. Cukup gosokkan pada sol sepatu yang kamu anggap mulai licin.

4. Teh celup

via brightside.me

Bau nggak sedap karena lembab memang sering jadi masalah dan bikin nggak pede. Untuk mengatasinya, kamu bisa meletakkan sekantong teh celup di dalam sepatu. Jangan lupa ganti kantung tehnya tiap hari.

5. Tepung gandum

via brightside.me

Noda minyak di sepatu suede susah hilang? Coba deh pakai tepung gandum. Kalau nggak ada, kamu juga bisa pakai tepung terigu. Secara ajaib noda minyak akan terserap dan menghilang.

Editors’ Picks

  • Coba yuk! 6 Ide DIY Kreatif Ini Dijamin Simpel Plus Nggak Bikin Kantong Bolong
  • Biar Kamu Gak Tertipu, Yuk Kenali 7 Tips Membedakan Barang Branded Asli dan Palsu
  • Masih Ingat 7 Trik Jadul Ini? Ternyata Masih Berguna, Lho!
  • Tak Disangka! 11 Benda Sederhana Ini Ternyata Bisa Kamu Manfaatkan di Situasi Darurat
  • Sepatu Kebesaran? Lakukan 5 Cara Ini Dan Kamu Akan Nyaman Memakai Sepatumu

6. Conditioner

via brightside.me

Nggak cuma untuk rambut, conditioner juga punya manfaat ajaib untuk sepatu kulit. Kamu bisa memoles sepatu kulit sekaligus melembabkannya dengan bantuan conditioner.

7. Nail polish remover

via brightside.me

Nail polish remover alias penghapus cat kuku bisa jadi pilihan terbaik untuk membersihkan bagian bawah sepatu kanvas. Basahi kapas dengan penghapus cat kuku, terus gosok deh ke bagian yang ingin kamu bersihkan.

8. Sabun mandi

via instagram.com/byjillee

Cara murah meriah lainnya untuk menghilangkan bau nggak enak di sepatu adalah sabun mandi. Kamu bisa memasukkan sebuah sabun mandi ke dalam sepatu pas lagi nggak dipakai.

9. Lem bakar

via instagram.com/fibistips

Lem bakar alias lem lilin juga bisa mengatasi sol yang mulai licin. Caranya juga gampang banget kok, cukup buat pola bergelombang di bagian bawah sol sepatu.

10. Bedak bayi

via instagram.com/shoe_district_eg

Sering bermasalah dengan sepatu yang bau karena lembab? Kamu bisa memanfaatkan bedak bayi. Setelah digunakan, taburkan sejumlah bedak bayi ke dalam sepatu. Cara ini efektif menghilangkan lembab dan bau membandel.

Setelah membaca 10 DIY low budget ini, udah percaya kan kalau merawat sepatu sebenernya gampang banget. Kamu cuma perlu tahu bahan apa yang bisa dimanfaatkan tanpa harus beli produk mahal. Yuk, dicoba!