Dari MCU sampai Spider-Man Universe, ke Mana Akhirnya Venom Akan Berlabuh?

Film Venom adalah sebuah proyek lambat?

Awalnya, jauh sebelum Venom versi Tom Hardy dibuat, film Venom terlebih dulu dicanangkan jadi direct spin-off dari Spider-Man 3 (2007). Film tersebut nggak melibatkan Topher Grace untuk mengulangi perannya sebagai Venom. Tapi bukannya segera terwujud, proyek film itu malah terkatung-katung sampai akhirnya Sony melakukan reboot Spider-Man yang terwujud dalam The Amazing Spider-Man (2012).

Pun demikian, film Venom tetap disiapkan untuk hadir dalam universe The Amazing Spider-Man.

Cuplikan credit scene dalam The Amazing Spider-Man 2/via businessinsider.com

Tapi seperti yang kamu ketahui juga, proyek The Amazing Spider-Man malah berakhir menggantung. Ingat dengan credit scene dalam The Amazing Spider-Man 2 (2014) yang sebenarnya siap menghadirkan sekuel lagi lewat petunjuk adegan yang menyoroti sebuah laboratorium? Adegan yang ini nih…

Selanjutnya, Sony malah membuat lagi reboot Spider-Man dalam Spider-Man: Homecoming (2017), demi memfasilitasi keterlibatan si manusia laba-laba itu dalam MCU. Rumit memang. Sony sudah mengangkat Spider-Man tiga kali dalam versi yang semuanya berbeda-beda: Spider-Man versi Sam Raimi yang diperankan Tobey Maguire, Spider-Man versi Marc Webb yang diperankan Andrew Garfield, dan Spider-Man versi MCU yang diperankan Tom Holland.

Kalau memang Venom dipersiapkan menjadi spin-off sejak Spider-Man 3, film Venom ini terhitung proyek film yang lambat pengerjaannya. Dalam rentang tahun 2007 sampai 2018 saja berarti ada jarak sebelas tahun untuk akhirnya bisa merealisasikan proyek Venom ke layar lebar. Wow!

Editor’s Pick

  • 4 Alasan Kenapa Spider-Man: Into the Spider-Verse Bakal Berbeda dari Film Spider-Man Sebelumnya
  • Serial TV Lord of the Rings: Bisakah Amazon Meraih Kejayaan dari Proyek Ambisius Ini?
  • Kangen Sama Dunia Sihir Harry Potter? 10 Tempat Wisata Ini Selalu Jadi Incaran Potterhead!
  • 4 Fakta tentang Captain Marvel, Superhero yang Bakal Bikin Kamu Yakin Thanos Bisa Dikalahkan

Hubungan Venom dengan Spider-Man hingga MCU

Sosok Venom dalam komik/via complex.com

Sosok Venom dalam komik sebenarnya diceritakan lebih dulu menempel pada Peter Parker, sebelum akhirnya lepas dan berpindah ke Eddie Brock. Mungkin itu sebabnya di bagian dada kostum Venom dalam film solonya terlihat polos tanpa ada simbol bergambar laba-laba.

Melihat fakta tersebut, maka lebih akurat jika kita mengacu ke Spider-Man 3 untuk mengetahui ‘kelahiran’ Venom yang hampir mirip dengan yang digambarkan di komik. Dan karena Spider-Man sama sekali nggak muncul dalam film Venom, penggemar fanatik komiknya mungkin bakal dibuat sedikit kecewa.

Jadi apakah keputusan studio untuk merubah cara kelahiran Venom merupakan keputusan yang tepat?

Sebagai informasi, Venom memiliki dua credit scene setelah film berakhir. Dalam mid-credit scene pertama, adegan menyoroti sebuah scene yang mungkin berkaitan dengan sekuelnya nanti. Scene tersebut memperlihatkan Eddie Brock pergi ke satu penjara untuk mewawancarai seorang residivis yang diperankan Woody Harrelson. Untuk yang belum tahu, Woody Harrelson sendiri memerankan karakter bernama Cletus Kasady. Siapakah dia?

Visualisasi Carnage dalam komik/via screenrant.com

Dalam komik, Kasady yang merupakan pembunuh berantai akan terkena simbiot alien dan menghasilkan alter ego bernama Carnage, salah satu musuh yang dihadapi Venom nantinya. Woody dalam karakternya bahkan memberi petunjuk lewat dialog yang mengucapkan “When I get out, and I will. It’s gonna be… carnage.

Menarik sih. Dalam komik, simbiot carnage juga pernah digunakan Norman Osborn yang menyebutnya sebagai Red Goblin. Lupa siapa Norman Osborn? Dia adalah penjahat dengan alter ego bernama Green Goblin yang sempat dihadapi Spider-Man di adaptasi film perdanya di tahun 2002. Apakah itu berarti Venom baru akan menyinggung Spider-Man di film keduanya nanti?

Lalu bagaimana dengan post-credit yang terletak di paling akhir setelah credit title bergulir? Post-credit tersebut malah menampilkan potongan adegan dari film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse yang baru akan dirilis di bulan Desember 2018.

Spider-Man: Into the Spider-Verse siap rilis akhir tahun 2018/via denofgeek.com

Meski tetap nggak berhubungan dengan MCU, apakah potongan adegan tersebut dimaksudkan sebagai penekanan kalau Venom akhirnya tetap akan berkaitan dengan universe Spider-Man, kalaupun nantinya nggak bersatu dengan MCU?

Terlepas dari apa pun komentarnya, seenggaknya ada satu kesimpulan yang bisa diambil kalau film Venom ini sama sekali nggak berkaitan dengan MCU. Atau mungkin hal ini emang disengaja pihak studio untuk ditunda dulu?

Selalu ada dugaan tersendiri sih kalau kita menyinggung dunia Marvel. Apalagi saat ini Marvel sedang disibukkan dengan proses syuting The Amazing Spider-Man 2: Far from Home yang direncanakan rilis 2019 nanti. Mungkinkah nanti Venom muncul dalam post-credit Far from Home? Mungkin.