Dari Tengkorak hingga Pocong, Ini Dia 11 Film Indonesia yang Siap Tayang Oktober 2018

Tapi tenang saja, itu bukan berarti kita nggak bisa menikmati sajian film baru yang keren di bulan Oktober 2018. Setidaknya ada 11 film Indonesia yang bisa masuk daftar tontonan kamu di bulan Oktober 2018. Cek daftarnya di bawah.

1. Liam dan Laila (4 Oktober 2018)

Sudah nonton Surau & Silek (2017), belum? Film itu merupakan karya dari sutradara Arief Malinmundo, yang belakangan ini dikenal suka membuat film dengan latar belakang budaya Indonesia yang kental.

Dan kali ini, Arief Malinmundo kembali mengajak kita untuk menyelami budaya Minangkabau lewat Liam dan Laila. Dilihat dari trailer-nya, film yang dibintangi Nirina Zubir ini cukup mengundang rasa penasaran, bukan?

2. The Origin of Santet (4 Oktober 2018)

Film ini awalnya cuma berjudul Santet, tapi belakangan ditambah dengan embel-embel ‘Origin‘. Pada akhirnya, Santet pun bertransformasi menjadi The Origin of Santet.

Yang menarik dari The Origin of Santet tak lain karena ini film horor Indonesia pertama hasil kolaborasi tiga rumah produksi dari tiga negara yang berbeda. Adalah Skylar Pictures dari Indonesia, GMA Films dari Filipina, dan The Annex Entertainment dari Kanada yang menggabungkan kekuatan mereka untuk membikin film ini.

Sisi promonya pun tak kalah menarik. Pihak The Origin of Santet berjanji akan membantu gempa Lombok jika film ini tembus satu juta penonton. Kamu mau jadi bagian dari satu juta penonton tersebut?

3. Asih – 11 Oktober 2018

Jika kamu penggemar dan penonton film Danur: I Can See Ghost dan Danur 2: Maddah, tentu kamu tak asing lagi dengan sosok Asih. Ya, dia adalah karakter iblis utama dalam Danur Universe. Serupa Valak dalam The Conjuring 2 yang dibuatkan spin-off lewat The Nun, pihak MD Pictures pun membuatkan spin-off tokoh ini dengan judul Asih.

Penasaran juga nih nunggu aksi dari Shareefa Danish jika bermain dalam filmnya sendiri.

4. Kesempatan Kedu(d)a (11 Oktober 2018)

Kalau kamu kurang jeli saat melihat poster film ini, sepintas judulnya mungkin akan terbaca Kesempatan Kedua. Agak-agak mirip sama judul lagu pop gitu, ya?

Ternyata film terbaru RA Pictures ini punya judul yang lebih unik: Kesempatan Keduda (harusnya pake spasi kali ya). Film ini bercerita tentang dua orang suami yang bertemu di Pengadilan Agama saat keduanya mengurus perceraian dengan istrinya masing-masing. Mereka merasa bahwa hal ini adalah titik rendah hidup mereka. Namun ada seorang bapak yang mematahkan anggapan mereka itu, dan membuat mereka kembali semangat mencari kekasih.

Jadi, sudah paham ‘kan maksud dari kesempatan ke duda?

5. Menunggu Pagi (11 Oktober 2018)

Lama tak membuat film panjang yang tayang di bioskop, sutradara Teddy Soeriaatmadja kembali menggebrak lewat Menunggu Pagi. Sejauh yang saya tahu, film terakhirnya di bioskop adalah Lovely Man (2011). Namun ia pernah produksi dua film setelah itu, Something in The Way (2013) dan About A Woman (2014) yang sayangnya sampai sekarang tidak beredar di bioskop-bioskop reguler.

Di bawah bendera IFI Sinema, Menunggu Pagi siap seru-seruan bersama Arya Saloka, Arya Vasco, Putri Marino, Ganindra Bimo, Aurelie Moeremans, Bio One, hingga Yayu Unru. Penasaran bagaimana keseruan satu malam mereka dengan latar acara festival musik terbesar tahunan Djakarta Warehouse Project (DWP)?

6. Dancing in the Rain (18 Oktober 2018)

Melihat trailer Dancing in The Rain, sepertinya film ini akan jadi ajang bagi Dimas Anggara untuk memberikan performa yang beda dari biasanya. Berperan sebagai orang yang terkena autis, film ini akan menyoroti kisah persahabatan Dimas bersama Bunga Zaenal dan Deva Mahenra. Film produksi Screenplay Films yang siap menari di tanggal 18 Oktober 2018 ini juga didukung deretan aktor senior seperti Christine Hakim dan Niniek L Karim.

7. Generasi Micin vs Kevin (18 Oktober 2018)

Beberapa kali saya dipuaskan oleh film-film remaja produksi Starvision. Alasannya sederhana: ceritanya mengalir natural dan menyuguhkan fenomena kekinian. Sebut saja Ada Cinta di SMA (2016), The Underdogs (2017) dan Yowis Ben (2018). Nah, untuk meramaikan bulan Oktober ini, Starvision kembali hadir lewat Generasi Micin vs Kevin dengan Kevin Anggara sebagai bintang utamanya.

8. Tengkorak (18 Oktober 2018)

Dari seluruh film Indonesia yang akan tayang di bulan Oktober 2018, Tengkorak adalah film yang paling saya nantikan. Alasannya? Karena Tengkorak adalah karya dari dosen dan mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) yang mendapat nominasi Best Film untuk kategori Science Fiction, Fantasy dan Thriller dalam Festival Film Cinequest di Sanjose, California, Amerika Serikat.

Film ini menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia yang tampil di ajang festival tersebut. Kalau dilihat dari genre pun, Tengkorak mengusung tema science-fiction (fiksi ilmiah), sesuatu yang masih jarang di industri film kita.

9. 3 Dara 2 (25 Oktober 2018)

Sempat terpukau dengan aksi Tora Sudiro, Tanta Ginting dan Adipati Dolken yang berperan sebagai perempuan dalam 3 Dara (2015)? Ada kabar baik nih buat kamu. Rumah produksi MNC Pictures akan melanjutkan kembali petualangan mereka dalam 3 Dara 2, film yang mengusung isu feminisme namun dalam balutan komedi ringan.

Terdengar unik. Semoga hasil akhirnya menarik untuk disimak.

10. Dear Nathan: Hello Salma (25 Oktober 2018)

Siapa sih remaja yang nggak kenal sama pasangan Jefri Nichol dan Amanda Rawles? Mereka kerap disandingkan sebagai pasangan dalam film. Tapi dari sekian film yang mereka bintangi bersama,  Dear Nathan (2017) merupakan panggung di mana Jefri Nichol dan Amanda Rawles memberikan performa terbaik mereka. Berkat aktingnya di Dear Nathan, Jefri Nichol bahkan berhasil masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung 2017 bersama Reza Rahadian dan Chicco Jerikho.

Nah, kali ini Nathan dan Salma bakal kembali menghibur kita dengan segala tingkah polahnya dalam Dear Nathan: Hello Salma. Bakal bikin baper lagi nggak ya? Semoga saya tak dibikin baper saat nonton film ini di bioskop.

11. Jaga Pocong (25 Oktober 2018)

Kalau saya disuruh jaga pocong, jelas saya kagak mau. Kayaknya mending nganggur daripada disuruh jaga pocong. Tapi lain hal dengan aktor Acha Septriasa. Peraih piala citra pemeran utama wanita terbaik FFI 2012 ini akan kembali menyuguhkan kemampuan aktingnya dalam film horor Jaga Pocong.

Disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu, Jaga Pocong terlihat cukup menjanjikan kalau dilihat dari trailer perdananya. Yaah… meski tagline-nya terdengar cukup menggelitik: “Semua akan Jadi Pocong pada Waktunya”. Memang ada benarnya juga sih.

Hanya satu harapan saya, semoga film ini tak mengecewakan.

Dari daftar film Indonesia yang tayang Okotber 2018 di atas, film mana saja yang menarik perhatian kamu?