Dari Turah hingga Pengabdi Setan, Ini Dia Deretan Pemenang PopCon Award 2018

Ada 5 kategori yang diperlombakan untuk film panjang Indonesia di ajang PopCon Award 2018. Apa sajakah itu? Dan film apa yang berhasil membawa pulang pialanya?

Product Placement Terbaik

via popconasia

Sadar nggak kamu pas nonton, terkadang suka ada sponsor yang bertebaran di sepanjang film? Sebetulnya fenomena kayak gitu nggak masalah juga sih, asal tak mengganggu logika filmnya. Berkaitan sama hal tersebut, menurut juri PopCon Award 2018 tiga film ini dirasa mampu menempatkan produk sponsor dengan tepat guna. Mulai dari Posesif, Galih & Ratna hingga Petualangan Menangkap Petir.

Galih & Ratna yang merupakan spin-off dari film Gita Cinta dari SMA (1979) akhirnya dipilih juri sebagai pemenang Product Placement Terbaik. Film yang tayang pada Maret 2017 ini sempat menuai kontroversi lho, karena melibatkan perusahaan rokok sebagai salah satu sponsornya.

Idola Kawula

via popconasia

Di kategori ini, juri menempatkan empat karakter dalam film sebagai nomine. Kecuali YowisBen, karya yang masuk nominasi adalah film yang tembus di atas 2 juta penonton. Para juri pun menempatkan karakter yang bervariasi mulai dari tokoh remaja yang diwakili Dilan (Dilan 1990), sosok ibu misterius dalam Pengabdi Setan, hingga sosok religius Fahri dalam Ayat-ayat Cinta 2. Seluruh nomine tampaknya diidolai oleh pasar yang berbeda-beda.

Dari empat karakter tersebut akhirnya juri memilih karakter Dilan dalam film Dilan 1990 yang diperankan oleh aktor muda Iqbaal Ramadhan. Melihat fakta kalau film ini sukses meraup lebih dari 6 juta penonton dan masih bertahan sebagai film Indonesia terlaris tahun ini, menjadi hal wajar jika Dilan dipilih sebagai Idola Kawula.

Duet Terbaik (Chemistry on Screen)

via popconasia

Beda dengan kategori lainnya, di kategori ini para juri justru memilih nomine dari film yang sepi penonton. Agak kontras sih dengan maksud utama penghargaan film ini digelar yakni dipenuhi oleh film-film laris. Meski secara kualitas akting, kelima nomine yang ada memang betul-betul layak berada di kategori ini.

Dengan dipilihnya Ubaidillah dan Slamet Ambari di film Turah semakin menasbihkan bahwa kategori ini memang tak diperuntukkan untuk film yang ditonton oleh banyak orang.

Horor Terbaik

via popconasia

Pilihan yang sangat tepat. Pengabdi Setan, Kafir: Bersekutu dengan Setan dan Sebelum Iblis Menjemput memang bisa dikatakan tiga film horor terbaik sepanjang setahun terakhir di tengah menjamurnya karya-karya horor saat ini. Dan akhirnya juri pun memilih Pengabdi Setan sebagai Horor Terbaik.

Most Memeable

via popconasia

Orang Indonesia itu kreatif ya. Apa pun yang viral bisa dijadikan konten meme. Tentu kamu masih ingat bagaimana Pengabdi Setan dijadikan bahan candaan warganet? Tak hanya itu kutipan dialog “Nikahi aku Fahri” dalam film Ayat-Ayat Cinta 2 pun banyak menuai reaksi kreatif dari para warganet.

M. Adhiyat perwakilan Pengabdi Setan saat meneriman piala PopCon Award 2018./ via popcon asia

Selaras dengan kejadian tersebut, juri pun akhirnya memilih kedua film itu sebagai nomine kateogri Most Memeable, ditemani oleh Dilan 1990 dan Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak. Dan ternyata Pengabdi Setan yang keluar sebagai pemenang.

Selain penghargaan untuk film panjang, PopCon Award 2018 juga memberikan apresiasi untuk film pendek dan webseries. Ada 3 kategori yakni Memorable Character yang dimenangkan oleh ‘Setan dalam Makmum‘; Outstanding Web Series yang dimenangkan Mengakhiri Cinta Dalam 3 Episode (Toyota Indonesia, Cerita Films); dan Rising Filmmaker yang dimenangkan oleh Rein Maychaelson, sutradara beberapa film pendek seperti Neo Batavia (2017), Udin Telekomsel (2015) dan A Dinner with Astronaut (2016).

Riza Pahlevi, sutradara film pendek Makmum yang juga turut menghadiri acara PopCon Award 2018 mengaku bangga, filmnya bisa memenangkan kategori Memorable Character. Artinya karakter yang dia buat bisa dicintai dan diingat terus oleh penontonnya. Lebih dari itu, Riza pun menambahkan bahwa keberadaan Popcon Award 2018 bisa menjadi peluang bagi filmmaker pemula dengan adanya kategori-kategori yang memungkinkan karya mereka untuk diapresiasi.

Selamat ya untuk seluruh pemenang. Tetap semangat untuk berkarya.