Desainer Ini Ilustrasikan 7 Gangguan Mental Dengan Paper Clips, Hasilnya Luar Biasa!

Padahal, gangguan mental merupakan masalah serius yang memerlukan pengobatan yang serius pula. Para penderitanya benar-benar butuh pertolongan untuk terlepas dari masalah ini. Jika tidak, mereka bisa membahayakan diri mereka maupun orang di sekitarnya.

Seorang desainer dan ilustrator asal Filipina, Eisen Bernarno, mencoba menggambarkan gangguan mental dengan cara yang unik. Ia menggunakan paper clip atau penjepit kertas untuk menjelaskan dan mengingatkan kita soal gangguan mental. Berikut ini karya-karyanya.

1. Anxiety Disorder

via behance.net

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan menyebabkan seseorang merasa cemas secara berlebihan dan sering, sehingga mengganggu aktivitas hariannya. Bahkan, penderita anxiety disorder akan merasa cemas secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas.

2. Depresi

via behance.net

Depresi ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tak punya motivasi, dan menyalahkan diri sendiri. Masalah mental yang satu ini bukan hanya memengaruhi pola pikir, tapi juga kerap menjadi penyebab seseorang nekat bunuh diri.

3. Obsessive-Compulsive Disorder (OCD)

via behance.net

Masalah mental yang satu ini ditandai dengan pikiran dan ketakutan yang tak masuk akal (obsesi). Akibatnya, penderita akan melakukan perilaku repetitif (kompulsif). Salah satu contohnya adalah mencuci tangan berulang kali karena takut terinfeksi bakteri.

4. Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

via behance.net

Seperti namanya, gangguan mental ini disebabkan oleh stres pascatrauma setelah mengalami kejadian tragis atau mengerikan. Penderita biasanya akan berpikir negatif terhadap diri sendiri dan dunia sekitar, mengalami mimpi buruk, merasa bersalah, hingga sulit tidur.

5. Bipolar Disorder

via behance.net

Penderita Bipolar Disorder akan merasakan perubahan suasana hati secara drastis. Penderita akan mengalami dua episode, yakni episode mania ketika mendadak bersemangat serta bahagia, dan episode depresi ketika tiba-tiba merasa sedih dan lesu.

6. Dissociative Identity Disorder (DID)

via behance.net

Pernah nonton drama Korea Selatan berjudul Kill Me Heal Me? Yup, penderita DID mengalami kondisi psikologi rumit dimana ia memiliki dua kepribadian, atau lebih, yang berbeda. Kepribadian ini akan secara bergantian mengambil alih kesadaran penderita.

7. Eating Disorder

via behance.net

Eating Disorder merupakan sebuah kelainan yang memengaruhi kebiasaan makan seseorang dan disebabkan oleh kekhawatiran seseorang terhadap bentuk tubuhnya. Kekhawatiran yang berlebih ini menyebabkan penderita terobsesi menjaga bentuk tubuh dan malah membahayakan dirinya.

Sudah tahu kan apa saja gangguan mental dan sedikit gambaran tentangnya? Jika kamu mengetahui orang terdekatmu mengalami salah satunya,  kuatkan mereka dan yakinkan untuk segera mengkonsultasikan masalahnya dengan dokter.