Dompet Mulai Menipis? 8 Jurus Sakti nan Irit Ini Wajib Dipelajari Anak Kost

Nah, kalau ketebalan dompet kamu sudah mulai menipis (uangnya loh ya, bukan bon utang atau struk belanjaan), 8 jurus sakti irit ini wajib dikeluarkan.

1. Akhir bulan artinya stop jajan di luar dan mulai memasak sendiri

Sumber: awesomejelly

Ini solusi cerdas buat masak mie instan favoritmu kalau kamu nggak punya kompor. Hmm, kira-kira butuh berapa lama ya agar mie matang sempurna?

2. Roti bakar ala anak kos

sumber: awesomejelly

Mau makan roti panggang tapi keburu dingin? Kamu tetap bisa melanjutkan tugas kuliahmu kok sambil menghangatkan roti bakar dengan cara ini. Cerdas sekali!

3. Alternatif sendok sup

sumber: awesomejelly

Kamu udah masak sup nih bersama teman-teman, eh taunya di kamar kostan nggak ada sendok sup. Daripada boros uang untuk beli sendok sup (dipakainya juga jarang pastinya), mending kamu buat sendok sup sendiri. Kamu hanya butuh garpu dan wadah mie cup lalu bentuk seperti ilustrasi di atas.

4. Cara hemat mengantung baju

sumber: awesomejelly

Kalau dompet mulai menipis, anak kos harus irit biaya di segala macam aspek, termasuk urusan mencuci baju. Jika sebelumnya kamu rutin mengirimkan cucian baju ke laundry, setidaknya seminggu sekali kamu bisa mulai mencuci baju sendiri. Kalau gantungan bajumu terbatas,sementara cucian banyak, maka gunakan tutup kait kaleng untuk mengakalinya.

5. Jepitan kertas agar kabelmu rapih

sumber: awesomejelly

Coba sebutkan ada berapa macam gadget atau perangkat elektronikmu yang memiliki kabel? Nggak terhitung deh pastinya. Daripada kamu tersandung kabel gadgetmu sendiri, kamu bisa memanfaatkan penjepit kertas besar untuk merapihkan kabel-kabel yang bersileweran.

6. Solusi buat anak kost yang tak punya serokan sampah

sumber: awesomejelly

Nah, kalau kamu dapat rezeki ditraktir pizza oleh teman kuliahmu, jangan lupa minta bungkus kardus pizzanya. Kardus pizza bisa jadi solusi irit untuk menyerok sampah di kamar kostanmu.

7. Irit camilan

sumber: awesomejelly

Saat kamu belanja bulanan, ada baiknya kamu membeli camilan berukuran besar. Eits, bukan untuk dihabiskan sekaligus loh, tapi diirit makannya. Agar cemilanmu tetap kriuk dan nggak melempem, kamu bisa menggunakan ujung pulpen untuk menjepit camilan yang sudah dibuka.

8. Speaker dadakan

sumber: awesomejelly

Mupeng melihat portable speaker? Nah, daripada kamu mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah, mending kamu membuat portable speaker sendiri dengan modal tak lebih dari Rp20 ribu! Caranya, manfaatkan kardus kripik kentang, tisu toilet, dan penjepit kertas. Buat lubang seperti lubang celengan di ujung bawah kardus kripik. Isi lubang satunya dengan tisu toilet dan tempelkan penjepit kertas di tengah kardus. Cat dengan spray paint kalau kamu mau. Taraa, portable speaker ala anak kost selesai dibuat!

Super irit, ‘kan? Kuy lah dicoba.

Sumber: AwesomeJelly