Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anakmu Kelak Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho

Saya sih nggak tahu gimana kondisi orang tua zaman now secara keseluruhan, apakah masih banyak dari para orang tua yang masih mendendangkan cerita kepada anak mereka sebelum tidur atau malah sudah jarang yang ngelakuinnya. Soalnya kalo dari film–film keluarga sih masih sering diperlihatkan orang tua yang membacakan cerita sebelum tidur kepada anak mereka.

Tahu nggak sih kalau membacakan cerita sebelum mereka tidur itu ternyata banyak banget manfaatnya? Nggak hanya buat yang sudah menikah dan punya anak, buat kamu yang belum punya anak, bahkan kalau misal ada yang belum menikah, kamu perlu banget tahu soal ini biar bisa bersiap diri.

Apa saja sih manfaatnya?

1. Memupuk imajinasi

via Nickelodeon

Cerita yang pada umumnya didongengkan kepada anak-anak biasanya cerita-cerita fiksi yang kondisinya sangat bertolak belakang dengan keadaan yang terjadi di dunia nyata. Misalnya binatang yang bisa bicara, tanaman yang tumbuh menjulang sampai ke langit (masih ingat nggak judul cerita ini?), atau keberadaan makhluk unik seperti nenek sihir dan kue jahe.

Imajinasi merupakan salah satu bekal yang wajib dimiliki oleh semua umat manusia. Imajinasi dapat membuat anak menjadi lebih kreatif, mampu memahami sudut pandang orang lain, dan meningkatkan empati. Alasan yang terakhir ini diungkapkan sendiri oleh J.K. Rowling, lho.

2. Menguatkan ikatan orang tua dan anak

via Parent Pump Radio

Kabar gembira nih buat para orang tua yang hanya bisa bertemu dengan anaknya saat malam hari. Karena lewat pembacaan teks proklamasi dongeng ini dapat menguatkan ikatan antar orang tua dan anak. Sang anak akan merasa nyaman dan diperhatikan apabila diperlakukan seperti ini. Iya nggak, sih? Mana suaranya yang dulu sering dibacain cerita sebelum tidur? Kangen dibacain sama orang tua kalian, nggak?

Editor’s Pick

  • Sssttt…Mau Tahu Caranya Jatuh Cinta Atau Bikin Doi Jatuh Hati? Pake Cara Ini Aja, Yuk!
  • 6 Akun Instagram Yang Unik Dan Lucu, Cocok Banget Buat Nambah Keseruan Feed Kamu!
  • 5 Kekonyolan yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Bertemu Mantan
  • 6 Tips Aman Membawa Uang Tunai Saat Travelling. Wajib Disimak Guys!
  • Rasakan 5 Hal Ini? Tandanya Kamu Lagi Butuh Liburan!

3. Menambah perbendaharaan kosa kata dan kemampuan literasi

via huffingtonpost.com

Buat anak-anak yang baru belajar berbicara atau membaca, mendendangkan dongeng bisa menjadi salah satu cara bagi mereka untuk mempelajari kosa kata baru dan meningkatkan kemampuan literasi mereka. Meski pada saat itu mereka belum bisa memahami sepenuhnya maksud dari cerita, tapi lambat laun pasti akan memahaminya juga.

4. Membuat mereka suka membaca

via Alyss Edusolutions Pvt. Ltd.

Berawal dari hanya mendengarkan, rasa keingintahuan mereka akan membuat mereka tertarik untuk mencari tahu sendiri kelanjutan dari suatu cerita, atau bahkan mencari-cari cerita yang mirip dengan apa yang mereka dengarkan. Hal ini dapat merangsang keinginan mereka untuk memulai membaca. Kamu tahu sendiri kan, negara kita menempati urutan yang cukup rendah dari sisi kebiasaan membaca.

5. Mengajarkan realitas kehidupan

via youtube.com/watch?v=cgzAmpIDXp8

Apa yang terjadi dalam hidup tidak menunggu sampai kita siap. Oleh karena itu nggak ada salahnya untuk membuat mereka bersiap dalam menghadapi kerasnya kehidupan. Sebagai contoh mungkin kamu bisa mengambil cerita si serigala dan tiga ekor babi. Kisah tersebut mempunyai bobot yang cukup seimbang antara pahitnya kehidupan dan manisnya kesuksesan. Mulai dari posisi babi di rantai makanan berada di bawah serigala, kemalasan babi jerami dan kayu yang membuat mereka dimangsa oleh serigala, sampai kerja keras babi batu bata yang diganjar dengan kesuksesan membuat serigala mati di dalam kuali. Meski terdengar kejam, tapi secara tidak langsung dapat mengajarkan pesan moral yang tidak sedikit.

Nah, 5 hal di atas adalah contoh-contoh kenapa dongeng itu penting banget buat pertumbuhan anak. Perlu jadi PR buat yang punya anak dan yang kelak punya anak, nih. Bahkan meski kamu belum menjadi orang tua tetapi mempunyai adik atau saudara yang masih kecil, kamu juga bisa membacakan dongeng juga untuk mereka.

Yuk, jadikan anak-anak Indonesia menjadi semakin cerdas dengan banyak membaca!