Dua Negara Ini Bersaudara, Tapi Masyarakatnya Punya Kehidupan yang Jauh Berbeda

Dari foto-foto perjalanan Laukaitis kita bisa menyaksikan lebih jelas betapa kontrasnya kehidupan di dua negara tersebut. Dilansir dari Thisinsider, yuk langsung aja kita liat deretan fotonya!

1. Gimana ya kehidupan anak muda di sana?

Via: thisisinsider.com

Foto pertama nunjukin kehidupan anak muda di Korea Utara yang sedang melakukan upacara penghormatan kepada Pemimpin Negara mereka. Semuanya berbaris rapi dengan pakaian dan aksesoris yang sama. Beda banget sama foto kedua yang nunjukin anak muda di Korea Selatan sedang asyik berpose dengan memakai pakaian minim yang warna-warni. Dari kedua foto di atas, kita bisa lihat kalau anak muda Korea Utara memang tidak memiliki akses kebebasan yang cukup untuk mengekspresikan dirinya.

2. Sama-sama punya lahan pertanian, tapi..

Via: thisisinsider.com

Korea Utara dan Korea Selatan sama-sama dikenal sebagai negara dengan lahan pertanian yang luas, tapi kamu tahu gak kalau ternyata pengelolaan lahan pertanian di kedua negara itu berbeda jauh? Kamu bisa lihat dari foto pertama yang nunjukin lahan pertanian di Korea Utara terlihat tandus gak kerawat, sementara di Korea Selatan lahan pertaniannya terlihat hijau dan subur karena dirawat dengan baik.

3. Bahkan tempat parkir aja bisa kayak gini bedanya

Via: thisisinsider.com

Kelihatan banget ya bedanya? Banyaknya aturan di Korea Utara otomatis berpengaruh ke banyak aspek salah satunya aturan berkendara kayak kepemilikan izin mengemudi sampai kepemilikan jumlah kendaraan itu sendiri. Efeknya bisa kamu lihat di foto pertama, sedikit banget mobil yang parkir di area parkir di Korea Utara kalau dibandingkan sama foto kedua yang nunjukkin mobil-mobil terparkir padat di salah satu area parkir mall di Korea Selatan.

Editor’s Pick

  • 10 Foto Ini Menunjukan Kalau Dunia Ini Gak Pernah Berhenti Bikin Kita Terkejut
  • Kerennya Hasil Foto dari Fotografer Inggris Ini Bikin Kamu Serasa Berada di Negeri Dongeng
  • Ketika Trend Fashion Bikin Bingung, 15 Desain Baju Ini Bikin Garuk-Garuk Kepala

4. Stasiun kereta api

Via: thisisinsider.com

Jangankan buat jalan-jalan ke luar negeri, mau bepergian di kota aja penduduk Korea Utara harus ngelewatin tes. Berbeda jauh sama aturan bepergian di Korea Selatan.

5. Gimana ya reaksi mereka kalau ada turis datang?

Via: thisisinsider.com

Meskipun Korea Utara dikenal susah buat didatangi warga asing, tapi gak berarti negara ini gak boleh dimasuki turis sama sekali. Setelah melalui proses seleksi yang ketat, turis luar negeri dibolehkan melancong ke negara ini. Bahkan anak muda Korea Utara sering menampilkan beragam kesenian khas mereka di depan para turis. Sayangnya mereka tetap dilarang untuk berinteraksi sama para turis.

Lain halnya dengan Korea Selatan, promosi pariwisata yang gencar-gencaran memang berhasil membuat banyak turis datang ke negara ini.

6. Suasana piknik di Korea Utara dan Korea Selatan

Via: thisisinsider.com

Setiap orang butuh refreshing buat ngilangin stres sama kesibukan sehari-hari. Coba kamu cek deh gambar pertama, kira-kira foto yang atas nunjukin apa ya? Ternyata foto halaman Kantor Wali Kota yang dipenuhi warga Korea Utara tersebut sedang memperingati hari lahir salah satu pemimpin mereka. Meskipun pakaian yang mereka pakai gak seragam tapi mereka tetap wajib berbaris dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan di acara tersebut.

Kontras banget sama di Korea Selatan di mana area terbuka seperti halaman Kantor Walikota atau pun taman bermain bebas dipakai warga untuk berekreasi seperti piknik, makan bersama dan lain-lain.

7. Kehidupan di pusat kota

Via: thisisinsider.com

Saking sepinya suasana foto yang di atas, malah terkesan seperti film horor ya? Itulah kondisi jalan raya di salah satu pusat kota di Korea Utara. Beda banget sama kondisi jalan raya di Seoul, Korea Selatan di foto kedua yang menunjukkan warna-warni dan keramaian kota metropolitan.

Kira-kira apa yang bisa kamu simpulkan dari foto-foto perbandingan kehidupan Korut dan Korsel di atas? Yuk, share pendapat di kolom komentar.