Efek Visual di 10 Film Ini Bikin Kamu Susah Membedakan yang Asli dan Hasil Manipulasi, Keren Banget!

Kalau kamu ngaku penggila film, kamu pasti pernah deh nonton 10 film ini. Dan kalau kamu nyangka semua yang kamu liat di film-film itu asli, kamu harus baca dulu penjelasannya di bawah ini. Yuk!

1. Blood Diamond (2006)

Sumber: brightside

Semuanya berawal dari kekecewaan sang sutradara film atas akting Jennifer Connely pada adegan saat ia sedang menelpon temannya yang sekarat. Akhirnya kru film memakai visual effect air mata jatuh untuk menambah efek emosional di dalamnya. Dan coba tebak, Jennifer Connely sendiri sampai kaget lihat ciamiknya hasil efek visual tersebut.

2. Forrest Gump, 1994

Sumber: brightside

Film yang penuh dengan visual effect yang seolah nyata dan sulit ditebak asli atau tidaknya. Mungkin kamu masih mengingat adegan bulu burung yang jatuh di kaki atau bola yang dipakai Forrest bermain pingpong? Terlihat seperti nyata, ‘kan? Padahal itu 100% buatan visual effect, loh.

3. Die Hard with a Vengeance, 1995

Sumber: brightside

Inget dong adegan Bruce Willis memakai papan bertuliskan “I hate Niggers“? Adegan ini diambil di permukiman Harlem, yang dari sejarahnya sudah identik dengan orang-orang Afrika-Amerika. Untuk menghindari potensi bahaya dari ucapan bernada rasis ini, maka tulisan di papan baru ditambahkan sat post produksi dengan bantuan komputer editing. Beberapa stasiun TV yang menayangkan film ini bahkan mengganti tulisan itu jadi “I hate everyone“.

4. Black Swan, 2010

Sumber: brightside

Film ini memang banyak sekali menggunakan visual effect yang tak terduga. Selain saat Natalie Portman berhalusinasi, efek sayap kecil saat Natalie bertranformasi menjadi Black Swan juga sangat dramatis. Dan tahukah kamu, tangan Natalie yang dinilai terlalu lembut juga ditambahi visual effect biar terlihat punya aura jahat.

5. A Beautiful Mind, 2001

Sumber: brightside

Faktor keamanan juga bisa menjadi pencetus dibuatnya visual effect seperti yang ada di film A Beautiful Mind. Saat adegan John Nash hampir menenggelamkan bayi, maka dua adegan yang sama diambil dua kali secara terpisah. Scene pertama hanya ada bak berisi air, sedangkan scene kedua menampilkan John memegang bayi di bak kosong. Hasilnya? Bikin kamu merinding, ‘kan?

6. The Wolf of Wall Street, 2013

Sumber: brightside

Banyak adegan yang ada di film The Wolf of Wall Street seolah-olah memakan bujet tinggi terlihat wah. Contohnya, seperti mansion mewah Jordan Belfort atau pesta pernikahan romantis di lautan. Tapi, banyak juga dari adegan dan pemandangan di film yang tercipta lewat manipulasi komputer alias visual effect!

Penasaran dengan scene yang ada singanya? Itu memang singa beneran, hanya saja pengambilan gambar dilakukan dua kali secara terpisah demi alasan keamanan.

7. Dark Shadow, 2012

Sumber: brightside

Udah liat film Dark Shadow? Epik banget kan penampilan Johnny Depp di film itu? Yup, bahkan saat Johnny Depp berkedip aja ada visual effect yang diberikan, lho. Duh, kebayang berapa kali Johnny Depp berkedip di sepanjang film.

8. Brokeback Mountain, 2005

Sumber: brightside

Dari 2500 ekor domba yang dibutuhkan, hanya ada 700 ekor domba yang bisa dikumpulkan. Solusinya? “Kloning” saja dengan menggambar domba-domba yang kurang di komputer. Itulah yang dilakukan dalam film Brokeback Mountain.

9. The social network, 2010

Sumber: brightside

Alangkah sempurnanya jika sebuah film yang terdapat tokoh kembar di dalamnya bisa mendapatkan aktor yang benar-benar kembar. Tapi, kenyataannya tidak semudah yang dikira. Buktinya dalam film The Social Network, kakak beradik Winklevoss yang notabene kembar ternyata hanya diperankan oleh satu orang aktor, Armie Hammer. Visual effect yang dihadirkan menggunakan body double dimana nanti wajah Hammer diganti di komputer.

10. Captain America: The First Avenger, 2011

Sumber: brightside

Masih ingat kan badannya Chris Evans sebelum dan sesudah bertransformasi menjadi Captain America? Kayaknya gak mungkin banget badan super kecil berubah jadi super besar dan berotot dalam hitungan bulan. Nah, peran visual effect untuk menciutkan badan Chris Evans juara banget loh. Bahkan biar sempurna, empat angle diambil sekaligus agar visualisasi lebih realistis.

Keren banget kan efek visualnya? Wah, jadi pengen nonton lagi deh.