Eits! Hati-Hati Ya, Jangan Panaskan 8 Makanan Ini Kalau Nggak Pengen Keracunan

Ini dia 8 makanan yang berbahaya kalau dipanaskan menggunakan microwave.

1. Seledri

via abcnews.go.com

Seledri biasa digunakan sebagai bahan tambahan kalau kita membuat sop. Nah, kalau bisa segera habiskan seledri kalau ingin memanaskan sop untuk keesokan harinya. Karena seledri mengandung nitrat yang dapat berubah menjadi nitrit beracun dan nitrosamin karsinogenik setelah dipanaskan.

2. Telur

via huffingtonpost.com

Jarang sih ada orang yang memanaskan telur, karena telur biasanya langsung dihabiskan. Tapi yang perlu kamu ketahui, setelah dipanaskan telur akan menjadi racun kalau kamu konsumsi. Makanya setelah masak telur, langsung dihabiskan ya.

3. Bayam

via theayurveda.org

Makanan favorit Popeye ini dikenal mempunyai banyak vitamin dan mineral. Tapi sama seperti seledri, bayam juga mengandung banyak nitrat yang bisa bikin kamu keracunan setelah dipanaskan.

4. Jamur

via theepochtimes.com

Jamur memang mempunyai kandungan protein, vitamin, dan asam amino yang tinggi sehingga sebagian besar jamur tidak dapat dicerna dengan baik. Tapi, kalau jamur dipanaskan, malah lebih buruk lagi. Setelah dipanaskan, komposisi protein pada jamur akan berubah dan dapat menyebabkan sakit perut dan kembung.

5. Kentang

via potatoes.com

Kentang? Yup, kentang juga termasuk salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan. Kentang yang dipanaskan rasanya akan berubah dan berpotensi mengganggu kesehatan. Sebisa mungkin langsung habiskan kentang yang kamu masak saat itu juga, atau kalau mau dimakan keeskoan harinya sih ya tanpa dipanaskan.

6. Ayam

via zootecnicainternational.com

Sama seperti jamur, saat dipanaskan, protein di dalam ayam akan berubah komposisinya dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

7. Bit

via crossroadscommunityfarm.com

Sama seperti seledri, bit juga sama baiknya saat dijadikan campuran di dalam sup, tapi bit juga mengandung nitrat yang berbahaya bagi tubuh kalau dipanaskan. Kamu juga bisa mengolah bit segar menjadi smoothie atau salad.

8. Nasi

via health.kompas.com

Makanan pokok sebagian besar orang Indonesia ini meski kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino, nasi juga mengandung banyak spora bakteri yang tetap hidup bahkan setelah dimasak. Nah, jika diletakkan di tempat dengan suhu ruangan, bakteri tersebut akan bertambah banyak dan dapat menyebabkan keracunan makanan. Sekalipun telah dipanaskan, hal itu tidak akan menyelesaikan masalah sehingga kalau bisa masak nasi jangan terlalu banyak atau bisa dijadikan nasi goreng.

Nah, sudah tahu kan apa saja makanan yang tidak boleh dipanaskan dengan microwave?