Fakta di Balik ‘Jaran Goyang’, Dangdut Koplo Hits yang Tengah Digilai Banyak Orang

Tetapi, di balik kesuksesannya, apakah kamu tau fakta Jaran Goyang? Ternyata, lagu yang di papulerkan oleh Nella Kharisma ini mitosnya adalah ajian pelet yang ampuh buat memikat orang agar tertarik dan jatuh cinta. Nah, fakta lengkap lainnya simak dalam ulasan Boombastis.com berikut.

Mitos ‘Jaran Goyang’ sebagai ajian kuno yang berisi ilmu pelet

Mantra asli jarang goyang [Image source]

Sebelum lagu hits ini muncul, konon Jaran Goyang adalah ajian yang tertulis dalam kitab kuno ‘Mantra Asmara’ milik Ki Buyut Mangun Tapa. Sayangnya, saat beradu ilmu dengan Nini Pelet, Ki Buyut Mangun Tapa kalah, sehingga ajian jaran goyang akhirnya dikuasai oleh Nini Pelet. Ajian ini adalah ajian asmara yang jika di tujukan kepada seseorang ia akan mabuk kepayang dan jatuh cinta kepada si pemberi pelet. Selain ajian jaran goyang, semar mesem juga termasuk dalam lirik lagu ‘Jaran Goyang’. Tak jauh beda dari fungsi jaran goyang, semar mesem juga bisa memikat orang lain. Semar mesem katanya bisa menarik energi positif yang ada di alam semesta, sehingga saat tersenyum pun orang bisa langsung jatuh cinta. Waw!

Siapakah penulis lagu populer ini?

Andi Bendol [Image source]

Ya, di balik ketenaran Nella Kharisma sebagai penyayi, ada sosok yang tidak kalah penting, yaitu pencipta lagu ini. sosoknya memang bukan dari kalangan artis, tapi berkat lagu Jaran Goyang, sosok Andi Bendol ikut dikenal orang. Pria kelahiran Bantul ini menjelaskan jika ‘Jaran Goyang’ sudah ditulis sejak lama dan baru direkam pada tahun 2014 lalu. Andi mengaku kalau lagu yang ia tulis memang berdasarkan kultur masyarakat yang ada sehingga akan lebih sampai emosinya ke hati para pendengar.

Sudah didengar oleh 127 juta penonton YouTube

Sejak rilisnya lagu ini siapa sih yang nggak tertarik buat mendengarkan? Walaupun terhitung masih pendatang baru, lagu ‘Jaran Goyang’ ini sukses melambungkan nama Nella Kharisma di dunia musik Indonesia. Diunggah pada 26 April 2017, hingga sekarang sudah di tonton oleh 127 juta orang. Tidak hanya itu, ‘Jaran Goyang’ juga didaulat sebagai salah satu lagu dangdut terpopuler di Anugerah Dangdut Indonesia (ADI) pada 7 Desember 2017 di Malang, Jawa Timur.

Dinyanyikan pada prosesi wisuda oleh salah satu kampus di Jawa Timur

Kalau biasanya saat prosesi wisuda lagu yang dibawakan adalah lagu mars dan hymne kampus, berbeda dengan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Negeri Jember. Setelah sukses dengan lagu ‘Sayang’ Via Vallen di wisuda sebelumnya, Paduan Suara Mahasiswa inipun kembali menyanyikan ‘Jaran Goyang’ dalam acara wisuda periode III November 2017 lalu. Lagu yang diaransemen ulang tersebut mungkin merupakan pembuktian bahwa pemuda Indonesia, terutama mahasiswa itu kreatifnya nggak abis-abis.

Jika didengar secara lebih teliti, ada pesan tersirat dari lagu yang super hits ini. menurut penulis lagunya, lagu ini berpesan agar jangan menggunakan cara yang tidak benar untuk mendapatkan hati  wanita. Memilih memantaskan diri mungkin lebih baik, karena bagaimanapun jodoh adalah ‘cerminan’ dari diri kamu masing-masing. Jadi jangan disalah artikan apalagi sampai diterapkan ya!