Gak Bikin Kantong Jebol, 4 Razia Kepolisan Ini Malah Bikin yang Terciduk Jadi Tajir

Nah, berasal dari keresahan masyarakat itu, beberapa kali Polisi Indonesia menggunakan cara kreatif buat menanggulangi hal yang seperti itu. Alih-alih bakal kena tilang dan uang melayang, yang ada malah para pengendara kebanjiran rezeki. Loh kok bisa? Berikut ulasan lengkapnya mengenai razia yang malah berhadiah.

Ada razia Ops Zebra, siap-siap dapat  undian berhadiah

Beberapa waktu yang lalu rupanya pihak kepolisian menggalakan sebuah sistem baru razia yang bakal menarik simpatik masyarakat untuk berkendara aman. Nah uniknya razia yang dilakukan tidak hanya menilang mereka yang tidak memenuhi aturan dalam berkendara, namun juga akan memberi hadiah.

razia dapat undian [image source]

Ya, pihak kepolisian telah menyiapkan beberapa doorprize sepeti sepeda gunung, televisi dan hadiah lainnya bagi mereka yang terbukti tertib berkendara. Jadi jangan kaget jika saat kamu berkendara lengkap tiba-tiba digiring polisi ke tempat razia, bukan untuk menilang tapi buat memberi undian doorprize yang siapa tahu memang itu adalah peruntungan rezeki untuk dapat hadiah utama.

Operasi dompet kosong yang bikin tajir

Umumnya operasi identik dengan yang namanya kendaraan bermotor, namun yang satu ini malah fokus pada isi dompet yang kena razia. Ya, sempat beberapa kali digalakkan, razia yang satu ini benar-benar menarik perhatian para netizen di Indonesia. Pasalnya mereka yang terjaring razia akan diminta untuk menunjukkan isi dompet yang dimiliki.

razia dompet [image source]

Bukan untuk diambil uangnya, namun jika memang kosong malah akan diisi oleh pihak berwajib. Baik Polisi maupun TNI sama-sama beberapa kali melakukan razia semacam ini. Umumnya mereka yang kena razia adalah para tukang becak, atau yang memang kelihatan kesusahan. Wah jadi pingin ikut kena razia juga nih.

Kena razia dapat cendera mata cantik

Umumnya kebanyakan orang sangat ogah jika harus lewat saat ada sebuah razia. Bagi mereka yang gak membawa perlengkapan lengkap pastinya ogah buat ditilang, sedangkan yang sudah memenuhi aturan, enggan buat buang waktu diperiksa kelengkapannya.

razia dapat cendera mata [image source]

Nah, sebuah cara unik dilakukan oleh para polisi Mamuju, di mana mereka akan memberikan cendera mata menarik seperti mug, payung dan lain-lain buat yang kedapatan membawa surat lengkap. Alhasil yang ada malah banyak warga yang seolah “Menyerahkan diri” saat di jalan ada razia yang dilaksanakan. Memang keren sih, tapi akan lebih baik jika ada atau tidak nya  hadiah terus berkendara aman dan lengkap ya.

Ingin perpanjang SIM, coba “Menyerahkan diri” saat razia

Satu lagi razia kreatif dan nyeleneh yang sempat dilakukan, yaitu pemberian perpanjangan SIM bagi mereka yang terjaring. Jadi gak usah repot-repot mengurus SIM di kepolisian, tinggal kena razia saja urusan selesai. Namun tidak sembarangan mereka yang dapat layanan seperti ini, melainkan hanya mereka yang kelengkapan berkendaranya sudah sempurna atau malah masa aktifnya  SIM-nya habis dan benar-benar butuh.

razia dapat helm [image source]

Selain hadiah perpanjangan SIM gratis itu, para pengendara juga akan diberikan helm secara cuma-cuma  dan tentu yang berstandar SNI. Nah kalau macam begini, malah pingin muter cari razia yah jadinya.

Ya, itulah beberapa razia yang malah bikin untung mereka yang terciduk. Mungkin memang begitu cara pihak berwajib untuk mengingatkan dan lebih dekat pada masyarakat. Namun yang lebih penting adalah jangan hanya terfokus pada razia atau hadiahnya, tetapi keamanan berkendara yang harus selalu diutamakan.