Gak Cuma Nyeremin, 8 Hal Ini Ngebuktiin Kalau Laba-Laba Juga Hewan yang Cerdas

Yup, mungkin hewan yang satu ini banyak ditakuti karena bentuknya yang mengerikan, berkaki 8, dan berbisa. Tapi seperti hewan liar pada umumnya, laba-laba gak akan nyerang manusia kalau gak merasa terusik. Jadi tenang aja, deh.

Hewan yang satu ini juga punya kemampuan membuat jaring dan mampu menyuntikkan racun ke mangsanya. Tapi ternyata semua itu cuma sebagian kecil dari berbagai trik yang bisa dilakukan laba-laba untuk bertahan hidup, lho.

Di artikel ini kita bakal bahas 8 kemampuan unik spesies laba-laba yang bisa ngebuktiin kalau mereka gak cuma serem, tapi juga cerdas. Daripada penasaran, yuk kita simak daftar berikut yang dilansir dari mentalfloss.com.

1. Laba-Laba Punya Panca Indra yang Kuat

via planetorange.com

Gak semua laba-laba bisa membuat jaring untuk menangkap mangsanya. Salah satunya adalah laba-laba peloncat. Nah, untuk menutupi kelemahannya ini, laba-laba peloncat memiliki penglihatan yang tajam dan pendengaran yang sangat baik.

Dulu, para ilmuwan berpendapat kalau laba-laba gak bisa mendengar sebab mereka tidak memiliki telinga. Tapi pada tahun 2016, satu penelitian mengungkap kalau laba-laba peloncat punya kemampuan mendengar yang baik. Lho, katanya gak punya telinga, tapi kok bisa mendengar. Hmm, tunggu dulu, ternyata laba-laba peloncat bisa mendengar dengan menggunakan rambut halus yang super sensitif di kaki-kaki mereka.

Laba-laba jenis ini juga punya penglihatan yang baik. Terbukti ketika seorang astronom bernama Jamie Lomax mendemonstrasikan laba-laba peloncat menyingkir dari meja ketika disinari dengan laser penunjuk.

2. Menirukan Semut

Spesies laba-laba peloncat Myrmarachne formicaria mampu menipu pemangsanya dengan berpura-pura menjadi semut. Fakta ini memang bukan hal yang baru ditemukan, sih. Tapi bagaimana mereka bisa sukses dalam penyamarannya masih jadi tanda tanya, seenggaknya sampai penelitian di Harvard yang dilakukan baru-baru ini.

Penelitian tersebut mengungkap laba-laba peloncat menirukan semut dengan menggunakan kedelapan kakinya. Tapi dalam satu kesempatan, laba-laba itu mengangkat kedua kaki depannya ke atas dengan cepat bak antena semut. Kalau kita lihat dari atas, pergerakan laba-laba tersebut memang terlihat seperti semut yang bergerak dengan enam kaki dan dua antenanya. Tapi padahal semua itu cuma tipu muslihat. Wah, keren, ya.

3. Memainkan Jaringnya

via fotod.org

Meskipun gak punya telinga, ternyata laba-laba memiliki bakat musik yang hebat, lho. Mereka memperlakukan senar-senar jaringnya seperti senar pada gitar. Disetem sedemikian rupa supaya mereka bisa mendeteksi getaran-getaran tertentu.

Salah satu jenis laba-laba yang “rajin” merawat jaringnya yaitu laba-laba kebun. Laba-laba jenis ini nampaknya sudah mempelajari bahwa dengan mengatur ketegangan dan kekakuan senar jaringnya, dapat memungkinkan mereka untuk merasakan frekuensi getaran yang bisa dikenal. Satu sinyal mungkin pertanda ada mangsa yang terperangkap, sedangkan sinyal lain mungkin menandakan jaring yang putus.

4. Pura-Pura Jadi Kotoran Burung

via voices.nationalgeographic.org

Udah gak diragukan lagi deh, laba-laba adalah jenis hewan yang pandai berkamuflase. Tapi laba-laba Orb Weaver mungkin jadi pemenang di antara laba-laba lain karena penyamarannya yang ganjil.

Dalam masa remajanya, laba-laba Orb Weaver akan mengelilingi dirinya dengan materi tebal berwarna putih di tengah-tengah jaringnya. Perutnya yang juga keputih-putihan menyatu dengan materi tadi, dan membuat seakan laba-laba tersebut terkubur di dalam kotoran burung. Trik ini tentu saja sangat jitu buat mengusir para predator yang dibuat mual duluan sebelum mencoba memangsa si laba-laba.

5. Melemparkan Jaring

Ada satu laba-laba yang gak bisa tinggal di jaring karena bobotnya yang berat. Jenis laba-laba tersebut adalah laba-laba pelempar jaring.

Yup, karena gak bisa tinggal di jaring, laba-laba ini punya trik khusus seperti namanya, melemparkan jaring ke mangsanya. Jaring dibuat berukuran kecil sehingga dapat direntangkan oleh kedua kaki depannya. Jaring seperti jala nelayan ini juga sangat elastis dan efektif untuk menjerat mangsa-mangsa kecil seperti jangkrik, atau serangga lainnya.

Laba-laba pelempar jaring juga menghubungkan jaring dengan tanah di bawahnya. Jadi sambil bergelantung menunggu mangsa, dia bisa mendeteksi jikalau ada mangsa di bawah yang menyentuh jaringnya, pinter banget deh hewan yang satu ini.

6. Menembak Dengan Rambutnya

via amdro.com

Untuk bertahan dari pemangsa, Tarantula punya cara khusus, nih. Mereka bisa menembakkan rambutnya yang seperti panah kepada pemangsa mereka. Ketika merasa terancam, Tarantula mengasah perutnya yang berambut dengan kaki belakang meraka. Dengan demikian tarantula mampu menembakkan rambut-rambut tajam kepada pemangsanya dan membuat mereka melarikan diri.

7. Berguling-guling

Ketika laba-laba pada umumnya mengandalkan delapan kakinya untuk melarikan diri, namun lain halnya dengan Golden Wheel Spider, atau laba-laba roda emas. Laba-laba jenis ini bisa meringkukkan tubuhnya dan berguling menuruni bukit untuk melarikan diri dari pemangsa, seperti video di atas.

Laba-laba roda emas adalah spesies asli gurun Namib di selatan Afrika, dimana terdapat banyak bukit pasir yang curam. Ketika meringkuk menjadi bola, laba-laba ini bisa berguling dengan kecepatan 1 meter per detik.

8. Membuat Gelembung di Bawah Air dan Pakaian Selam

Bahkan tanpa memiliki insang, laba-laba telah menyesuaikan diri dengan cara yang cerdas untuk bertahan di dalam air dalam waktu yang lama. Diving Bell Spider atau laba-laba lonceng penyelam, mampu menjalin jaring balon yang mengekstrak oksigen dari air di sekitarnya sambil menyaring keluar karbon dioksida.

Dengan menggunakan “perangkat” selam ini, laba-laba tersebut bisa bertahan di dalam air seharian sebelum naik lagi ke permukaan untuk bernafas.

Ada lagi laba-laba serigala, yang punya taktik bertahan hidup yang lebih dramatis. Sebuah penelitian di tahun 2009 menemukan jenis laba-laba serigala yang hidup di rawa nampak tenggelam setelah terendam air dalam waktu yang lama. Namun ketika dipindahkan ke daratan kering, mereka hidup lagi. Membuat diri mereka koma di dalam air adalah cara mereka terhindar dari kematian, wow.

Menurut kamu gimana 8 kemampuan luar biasa laba-laba tadi? Menarik, kan? Jadi sekarang udah kebukti kalau selain menyeramkan, laba-laba juga adalah binatang yang sangat cerdas. Kamu yang takut laba-laba coba pikir lagi deh, laba-laba kan hewan yang menarik, lho. Siapa tau nanti kamu malah tertarik buat pelihara salah satu jenis laba-laba di atas, hehe. Jangan lupa share ya!