Hai Ladies! Kamu Nggak Bakal Dibolehin Ngelakuin 4 Hal Ini di Jepang

Seperti kata pepatah, “Di mana bumi dipijak, di situ langit di junjung”. Artinya, kamu harus mematuhi aturan setempat.

Salah satunya adalah Jepang. Dengan segala kecanggihan teknologi yang ada, ternyata Jepang masih memegang kuat akar budaya, termasuk pembatasan yang terkait dengan gender. Di Jepang, cewek dilarang keras melakukan 4 hal ini. Apa saja?

1. Mendaki ke puncak Gunung Omine

via wikipedia.org

Gunung Omine atau lebih populer dengan nama Gunung Sanjo yang terletak di Prefektur Nara, ternyata nggak boleh didaki oleh kaum wanita. Alasannya adalah karena wanita dianggap sebagai “pengganggu”. Kuil Ominesanji di puncak Gunung Omine dianggap suci jadinya nggak boleh dimasuki wanita.

2. Ikut dalam kompetisi sumo

via flickr.com

Seperti yang kamu tahu, biasanya kompetisi sumo diikuti oleh para pria dengan badan yang sangat besar. Kebiasaan ini ternyata telah dilakukan sejak berabad-abad lalu.

Oleh karena itu, para cewek nggak dibolehin ikut kompetisi ini. Menurut Asosiasi Sumo, keikutsertaan seorang wanita hanya akan merusak kemurnian sumo. Meski pesumo wanita yang disebut onnazumo itu ada, biasanya mereka dilarang memiliki status profesional.

3. Bermalam di “hotel kapsul”

via flickr.com

Hotel berbentuk kapsul cukup populer di Jepang. Selain karena praktis, hotel kapsul dipilih karena murah meriah.

Tapi, kalau kamu cewek dan berniat liburan ke Jepang, jangan sekali-kali mencoba menginap di hotel kapsul, ya. Meski beberapa tempat memperbolehkan, biasanya kamu akan lebih banyak diusir. Alasannya sih, karena hotel ini memang dibuat khusus untuk kaum pria.

4. Menjadi koki sushi

via flickr.com

Sebenarnya, para cewek nggak benar-benar dilarang untuk menjadi seorang koki sushi. Tapi, banyak yang percaya kalau tangan cewek terlalu hangat. Kehangatan ini ternyata nggak baik dalam proses pengolahan sushi dan bisa merusak cita rasanya.

Jadi jangan heran kalau di Jepang seorang koki sushi kebanyakan adalah kaum pria. Meski begitu, mereka sudah terlatih dan handal kok!

Kamu pasti baru tahu kalau di Jepang ada aturan semacam ini, kan? Meski pembatasan terhadap cewek ini sering dianggap aneh oleh negara lain, tapi masyarakat Jepang tetap disiplin menjalankannya.