Hati-hati, Kebanyakan Mengonsumsi 10 Benda Ini Bisa Bikin Kamu Overdosis

10. Kecap Asin

Via: fthmb.tqn.com

Pada tahun 2013 seorang pria berusia 19 tahun asal Virginia, hampir meninggal akibat meminum kecap asin sebanyak 0,9 liter. Menurut pengakuannya ia meminum kecap asin sebanyak itu untuk memenuhi tantangan temannya pada permainan truth or dare. Sayangnya, bukan keseruan yang ia dapatkan, melainkan koma karena darahnya jadi mengandung terlalu banyak garam. Kondisi dimana darah pada tubuh mengandung terlalu banyak garam disebut sebagai Hypernatremia.

9. Teh

Via: www.organicfacts.net

Seorang pria asal Arkansas mengalami gagal ginjal, akibat terlalu banyak mengonsumsi air teh. Pria berusia 56 tahun tersebut diketahui meminum air teh sebanyak 1 liter setiap harinya, kebiasaan ini membuat dia masuk rumah sakit pada bulan Mei tahun 2014. Saat itu dokter yang menangani pria ini terkejut dengan kerusakan ginjal pada tubuh pria tersebut. Kerusakan tersebut disebabkan bahan kimia bernama oxalate yang terkandung pada daun teh, terutama pada daun teh hitam.

8. Nutmeg

Via: www.zliving.com

Butmeg atau Serbuk pala dipercaya bisa memperkaya rasa dari suatu makanan atau minuman. Sayangnya rempah yang satu ini gak bagus buat dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan efek halusinasi. Kandungan myristicin yang terdapat di dalam serbuk pala dapat membuat orang yang mengonsumsinya berhalusinasi sama halnya dengan orang yang mengonsumsi LSD.

7. Pasta Gigi

Via: netdna-ssl.com

Sebagian orang khususnya anak kecil yang belum bisa berkumur, umumnya menelan pasta gigi ketika menggosok gigi mereka. Kebiasaan ini terbukti secara ilmiah dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan, seperti sakit perut, keracunan, sampai kematian. Hal ini dikarenakan kandungan flouride yang ada pasta gigi bisa membuat tubuh kita sakit kalau dikonsumsi secara berlebihan.

6. Sayuran Hijau

Via: slenderkitchen.com

Mengonsumsi sayuran hijau memang bisa membuat tubuh kita sehat. Tapi kalau kamu mengonsumsinya secara berlebihan tubuh kamu malah bakal merasakan hal yang sebaliknya. Pada tahun 2011 seorang pria dibawa ke rumah sakit akibat overdosis brussel sprout saat makan jamuan natal. Brussel sprout dan beberapa jenis sayuran hijaunya memang mengandung vitamin K dalam dosis tinggi yang jika dimakan berlebihan bisa menimbulkan efek pusing, mual sampai kematian.

5. Belimbing

Buah-buahan berbentuk bintang ini dikenal bisa menurunkan tekanan darah pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, konsumsi buah belimbing tidak boleh dilakukan secara berlebihan, terutama sama orang yang punya riwayat darah rendah. Salah-salah malah jadi pingsan kalau makan buah ini dalam jumlah yang terlalu banyak.

4. Ikan Tuna

Via: bbcgoodfood.com

Peringatan untuk tidak mengonsumsi jenis ikan ini secara berlebihan umumnya diarahkan kepada para wanita yang sedang hamil. Tapi, orang pada umumnya juga diharapkan bisa membatasi konsumsi ikan tuna per harinya. Hal ini dikarenakan kandungan merkuri yang terdapat pada ikan tuna bisa menjadi racun bagi tubuh kita. Efek paling buruk yang akan terjadi apabila kita menimbun merkuri di tubuh kita adalah hilang ingatan permanen.

3. Krim Otot

Via: ak6.picdn.net

Benda yang satu ini memang juara bikin tubuh bebas dari rasa pegal. Sayangnya kematian bisa mengincar nyawa kita kalau kita terus-terusan memakai krim otot secara berlebihan. Hal inilah yang terjadi sama Arielle Newman. Kematiannya pada tahun 2007 ditenggarai karena tubuhnya kelebihan kandungan methyl salicylate yang berasal dari krim otot yang ia pakai.

2. Akar Manis

Via: gannett-cdn.com

Jenis tumbuhan yang banyak dibuat sebagai bahan permen ini mengandung glycyrhizin yang apabila dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kadar potasium dalam tubuh kita jadi turun drastis. Penurunan ini bisa membuat kita terpapar risiko gangguan irama jantung, tekanan darah tinggi sampai gangguan hati.

1. Vitamin

Via: americanupbeat.com

Vitamin adalah suplemen tambahan agar tubuh kita memiliki kondisi yang terjaga. Tapi sama halnya dengan obat-obatan lain, mengonsumsi vitamin secara berlebihan dapat merusak kesehatan tubuh. Efek paling parah yang dapat terjadi adalah kanker. Hal ini disebabkan oleh beberapa jenis vitamin yang tidak dapat dicerna secara langsung oleh tubuh, sehingga menimbulkan penumpukan bahan kimia pada hati yang akhirnya akan menyebabkan tubuh kita mengandung racun.

Wow… ternyata banyak banget benda yang kita konsumsi sehari-hari yang bisa menimbulkan efek buruk sama kesehatan kalau dikonsumsi secara berlebihan, ya? Kalau kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi salah satu benda di atas, jangan lupa buat batasin konsumsi harian kamu, ya!