Hidup Lebih Bahagia dan Disukai Banyak Orang? 4 Trik Psikologis Ini Bisa Bantu Kamu Dapatkan Dua Hal Itu

Kamu punya rencana besar buat melakukan suatu aktivitas. Tapi belum lagi aktivitas dimulai, kamu sudah merasa takut duluan ngebayangin rencana kamu itu gagal. Ujung-ujungnya kamu malah gak jadi melakukan aktivitas tersebut. Atau kamu pernah merasa ngerasa gak percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain? Hmm, hal-hal kayak gitu pastinya bikin frustrasi, ya.

Tapi jangan merasa frustrasi dulu, guys… Orang yang punya permasalahan hidup itu bukan cuma kamu. Di bawah ini kamu bisa baca 4 trik psikologi yang sudah dilansir dari MedicalDaily.

Yup, sebenarnya ilmu psikologi itu bisa dimanfaatin untuk bikin hidup kamu jadi lebih baik! Langsung aja deh kamu cek.

1. Resep buat bikin kamu disukai orang: buat lawan bicara seakan dia adalah orang paling penting buat kamu

via alvinreid.com

Trik psikologi ini sebenarnya merupakan sebuah norma kesopanan yang paling dasar. Yap, kamu harus menghargai seseorang yang sedang berbicara kepadamu dengan memerhatikan apa yang lagi dikatakannya.

Sebisa mungkin, perhatikan lawan bicara kamu seakan perkataannya itu merupakan materi pelajaran penting yang harus kamu hafal; dengarkan dengan sungguh-sungguh seakan dia adalah idola kamu.

Jika kamu melakukan hal-hal tersebut, lawan bicara juga bakal merasa senang. Mereka nggak akan ragu buat berbicara lagi sama kamu di lain waktu, karena kamu membuat mereka merasa dihargai.

Dengan membuat orang lain merasa diri mereka penting di mata kamu, hasilnya kamu bakal disukai sama orang-orang. Dan tips ini juga akan berguna untuk kamu yang mau mulai berbisnis lho, guys.

2. Buang prasangka buruk yang ada di pikiran, karena prasangka akan membutakan kamu dalam melihat dunia

via simplereminders

Ketika kita melihat sesuatu secara positif, maka dalam diri kita pun akan timbul pikiran yang positif; begitu juga sebaliknya.

Contohnya, kalau kita lihat ibu-ibu naik motor tuh; mungkin gak sedikit dari kita nganggap mereka “raja jalanan” yang kurang paham aturan jalanan, ‘kan? Padahal ada juga loh ibu-ibu yang naik motor dengan baik dan sesuai aturan. Sebaliknya, gak sedikit juga bapak-bapak atau anak muda cowok yang bawa motornya ugal-ugalan.

Namun, tetap aja kita berprasangka terhadap ibu-ibu yang naik motor. Itu karena ide “ibu-ibu kurang jago kalau nyetir mobil” sudah tertanam kuat di pikiran kita. Dan yang mengejutkannya, contoh di atas berlaku juga di banyak hal dalam hidup kita!

Gimana kita melihat dunia dan diri kita sebenarnya dipengaruhi juga sama pikiran kita. Bukankah lebih baik jika kamu memenuhi pikiran sama hal-hal positif? Dengan begitu, kamu bisa melihat dengan lebih jernih betapa mengangumkannya dunia dan diri kamu sendiri, dijamin!

3. Tindakan bisa memengaruhi emosi

via twistedsifter

Kamu sering gak pede saat ada di situasi tertentu? Solusinya gampang: kamu bisa coba meniru orang yang menurut kamu keren, cool, ataupun hebat. Pikirkan apa yang akan mereka lakukan dalam situasi tersebut. Coba tiru tindakan mereka dalam pikiran kamu, tapi dengan kamu sebagai pemeran utamanya.

Dengan melakukan hal itu, otakmu akan memberikan respons dengan mengeluarkan hormon yang akan meningkatkan kepercayaan diri, dan membuat kamu merasa seperti orang yang sedang kamu bayangkan.

4. Pikiran negatif yang biasanya muncul saat menghadapi masalah

via dosomething org

Masalah yang ada di kehidupan seringkali muncul karena rasa takut. Apa kamu suka merasa takut ketika akan melakukan suatu hal yang baru? Rasa takut memang bisa menghindarkan kita dari kejadian-kejadian yang gak kita inginkan; tapi jika terlalu berlebihan, justru itu akan menghambat perkembangan diri.

Selain itu, para psikoterapis juga menemukan bahwa orang yang punya masalah cenderung suka membandingkan diri dengan orang lain, menyalahkan orang lain, dan berpikir terlalu ekstrem.

“Maksudnya apa berpikir terlalu ekstrem itu?”

Contohnya, ketika kamu lagi bertengkar dengan pacar, terkadang keluar kata-kata seperti ini: “Kamu selalu aja ngelakuin hal itu,” atau “Kamu gak pernah ngerti perasaan orang.” Kata-kata seperti itu sebenarnya bisa jadi pemicu pertengkaran, lho. Gak mungkin kan seseorang selalu melakukan hal yang bikin kamu marah?

Jika kamu gak puas sama perilaku seseorang, bakal lebih baik jika kamu bilang secara jelas inti masalahnya. Kalau bisa kamu hitung berapa kali dia melakukan kesalahan.

Nah, jadi mulai sekarang yuk kita coba terapkan tips-tips  dalam kehidupan kita. Niscaya, hidup kita akan lebih baik dan kita bisa menjalani hidup yang bahagia pula. Good luck, guys!