Ingin Jalan-Jalan Ke Luar Negeri? Simak Dulu Etika Makan Negara Lain Biar Kamu Tidak Dicap Nggak Sopan

Saat kamu sedang travelling, alangkah lebih baik jika kamu mempelajari dulu adat-istiadat yang ada seperti etika makan negara tersebut biar kamu tidak dianggap nggak sopan sama penduduk setempat. Biar kamu nggak bingung, nih saya kasih beberapa etika makan dari beberapa negara yang menjadi destinasi wisata favorit:

1. Jepang

via yourbento.in

Seperti di Indonesia, Jepang sangat menjunjung tinggi sopan santun bahkan dalam urusan cara makan. Kamu harus mengucapkan kata-kata”Itadakimasu” saat hendak mulai makan dan “Gochisosama” saat selesai makan, hal ini berarti kamu menghargai orang yang memberikan makanan tersebut. Kamu juga dilarang menancapkan sumpit ke nasi karena ini bisa diibaratkan kamu sedang menaruh dupa persembahan untuk orang mati.

2. Thailand

via alimentarium.org

Jangan gunakan garpu untuk menyuap makanan ke mulut, gunakan hanya sendok, sumpit atau tangan kamu langsung.

3. Tiongkok

via guideinchina.com

Ketika kamu disajikan ikan sebagai menu makanan, jangan pernah membalikkan ikan. Tindakan ini dianggap membawa sial bagi masyarakat Tiongkok.

4. Italia

via upi.com

Di Italia ada peraturan tidak tertulis bahwa sebaiknya kamu tidak memesan cappuccino lebih dari jam 3 sore. Karena orang Italia menanggap, meminum cappuccino saat siang hari bisa membuat perut sakit atau biasanya orang Italia menjadikan cappuccino sebagai menu sarapan bersama croissant.

Sebagai tambahan, kamu juga jangan meminta tambahan ekstra keju saat memesan pizza, terkecuali kamu telah ditawarkan sebelumnya.

Editor’s Pick

  • Nggak Perlu Budget Gede, 5 Destinasi Dalam Negeri Ini Bikin Kamu Berasa Lagi di Luar Negeri
  • Ternyata Begini Agar Liburan Tetap Puas Meski Duit Ngepas
  • Deretan 7 Kelakuan Aneh Penumpang Pesawat yang Bikin Tekanan Darah Naik

5. Negara di Timur Tengah, India, dan sebagian Afrika

via bramptonguardian.com

Negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim pasti melarang orang makan menggunakan tangan kiri. Hal ini sama dengan etika makan masyarakat Indonesia yang menganggap bahwa tangan kiri digunakan untuk membasuh kotoran sehingga kurang pantas digunakan untuk menyuap makanan.

6. Singapura

via straitstimes.com

Hmm, sebenarnya bukan ke arah etika makan, tapi Singapura memili aturannya sendiri mengenai mem-booking tempat duduk. Ketika kamu pergi ke restoran atau area food centre dan menemukan tisu di meja kosong, jangan duduki tempat tersebut karena itu berarti meja tersebut sudah dipesan oleh orang lain.

7. Prancis

via remarkablebreads.wordpress.com

Suka melihat roti-roti disajikan di restoran Prancis? Nah, roti-roti tersebut disajikan bukan dengan maksud sebagai makanan appetizer. Roti-roti tersebut disajikan untuk dimakan bersamaan dengan makanan utama.

Sudah mengerti beberapa etika dasar yang harus kamu pahami dari negara-negara di atas? Ingat, pelajari terus adat istiadat negara luar yang hendak kamu kunjungi ya, biar kamu bisa lebih enjoy liburannya.