Ini 3 Macam Kesalahpahaman soal Tujuan Hidup yang Bisa Bikin Kamu Jauh dari Kebahagiaan

Tapi, tujuan hidup itu sebenarnya bukan untuk ditemukan, melainkan dibangun oleh kamu sendiri.

Seperti dilansir dari HBR, John Coleman, co-author buku Passion & Purpose, menyebut seenggaknya ada 3 kesalahpahaman tentang tujuan hidup yang sering dialami orang. Coba yuk, kita telusuri apa aja kiranya salah kaprah tentang tujuan hidup yang bisa menghambat kesuksesan ini.

1. Tujuan hanya dicari tapi tidak dibangun

via qerja.com

Seperti yang udah disebutkan, kesalahan pertama yang mendasar adalah kebanyakan orang sibuk mencari tujuan hidup tanpa membangunnya sama sekali, seolah tujuan itu bakal tiba-tiba datang. Bukan berarti tujuan itu nggak bisa ditemukan, hanya saja itu jarang terjadi. Ya, angka suksesnya terbilang sedikit; hanya segelintir orang yang bisa menemukannya. Sebaliknya, seringkali tujuan hidup yang dicari-cari itu malah nggak ketemu. Dan ujung-ujungnya kita dibikin frustrasi sendiri.

Semua profesi, pekerjaan, dan karier pasti memiliki tujuan yang perlu dibangun. Nah, daripada waktu jadi habis sama usaha mencari dan menunggu, bakal lebih baik jika kita fokus dalam membuat apa pun yang kita kerjakan jadi berarti. Setelah itu, barulah kita bisa menarik kesimpulan tentang makna dan tujuan dari apa yang selama ini kita kerjakan.

2. Menganggap diri hanya punya satu tujuan dalam hidup

via teknikhidup.com

Yup, siapa bilang kamu cuma bisa punya satu tujuan dalam hidup; kamu bisa punya lebih dari satu. Bahkan satu saja pekerjaan yang kamu lakukan bisa memberi beberapa tujuan hidup buat kamu. Contohnya, dengan melakukan aktivitas produktif, kamu bisa membentuk tujuan hidup untuk menyejahterakan keluarga; berkontribusi pada masyarakat; menolong orang yang kurang mampu; atau menghasilkan karya kamu sendiri.

Apa yang membuat hidup kita jadi berharga itu tentu nggak cuma berasal dari satu hal aja. Dan dengan mengenali tujuan-tujuan hidup tersebut, maka kita bisa lebih tenang dalam menjalani kehidupan.

3. Tujuan selalu sama dari waktu ke waktu

via griyasehat.com

Tujuan hidup seseorang itu nggak harus sama dari waktu ke waktu, karena perubahan adalah sesuatu yang normal banget dalam kehidupan. Aneh juga kan kalau pikiran kamu sekarang masih sama kayak pikiran kamu waktu masih kecil. Begitu juga pas kamu udah tua nanti, tujuan hidup kamu kemungkinan besar bakal berbeda dari tujuan hidup kamu sekarang.

Tapi, perubahan ini bukan berarti kita nggak konsisten. Tujuan hidup kita pasti bakal terus berkembang secara alami seiring bertambahnya umur. Dan kalau kita mau menjalani hidup dengan nyaman, kita juga harus merasa nyaman dengan perubahan itu.

So, mulai sekarang bangun tujuan hidup, yuk! Jangan biarkan waktu dan energi kita jadi terbuang percuma.