Ini Dia 10 Negara Terkecil Di Dunia, Ada yang Penduduknya Cuma Beberapa Orang, Lho!

Meskipun kamu lihat peta dunia, dijamin deh kamu bakal kerepotan buat nyari lokasi 10 negara terkecil ini. Apa aja sih negaranya? Seperti dilansir dari Boredomtherapy, yuk kita simak daftarnya!

1. Republik Palau

via boredomtherapy.com

Republik Palau terletak di Samudra Pasifik dengan luas sekitar 459 km persegi. Seperti Indonesia, Republik Palau juga merupakan negara kepulauan yang terdiri dari kurang lebih 300 pulau-pulau kecil. Letak negara Ini juga ternyata gak jauh dari Indonesia lho, tepatnya 200 km sebelah utara Papua.

Karena kecil, populasi negara ini pun cuma 21.347 jiwa. Kalau mesti dibandingin sama kota Jakarta yang punya populasi hampir 10 juta jiwa, tentunya negara ini gak seberapa.

Meskipun tetanggaan sama negara kita, apa sebelumnya kamu tau tentang keberadaan negara ini, guys? Hehe.

2. The Principality of Seborga

via boredomtherapy.com

Bisa dibilang negara yang satu ini berbentuk desa. Ya! Luas Seborga hanya 14 km persegi dan dihuni oleh 312 orang penduduk saja. Negara mikro ini terletak di Italia, tepatnya di provinsi Imperia dekat perbatasan Italia-Perancis.

The Principality of Seborga berdiri sejak tahun 1963. Pendirinya yaitu Giorgio Carbone yang waktu itu menjadi pemimpin negara dengan gelar Pangeran Carbone I.

3. Nauru

via boredomtherapy.com

Nauru merupakan negara republik sekaligus negara pulau terkecil di dunia. Luasnya hanya 21 km persegi dengan populasi berjumlah 9.591 jiwa. Sejak kemerdekaannya pada tahun 1968, negara ini sampai sekarang belum memiliki sistem transportasi publik.

Meskipun termasuk negara pulau tropis, Nauru cenderung kurang diminati sebagai destinasi liburan wisatawan asing, karena negara ini punya masalah pencemaran lingkungan yang masih belum bisa diselesaikan. Fakta unik lainnya tentang Nauru yaitu 70% warganya mengidap obesitas. Wah, waah.

4. Tuvalu

via boredomtherapy.com

Tuvalu merupakan negara kecil di samudra pasifik yang berdekatan dengan Nauru. Negara ini mempunyai luas 26 km persegi dengan populasi sekitar 11.000 jiwa. Selain termasuk salah satu negara terkecil di dunia, sayangnya, Tuvalu juga dikenal sebagai salah satu negara termiskin.

Perekonomian Tuvalu bakal lebih jatuh kalau aja negara ini gak punya domain internet “.tv” yang jadi sumber pendapatan negara, jutaan dolar setiap tahunnya.

Sekedar info saja, nama Tuvalu kalau disingkat jadi “tv” atau television dalam bahasa Inggris. Awalnya hanya sekedar domain internet negara (seperti Indonesia menjadi .id), tapi kemudian banyak penyedia situs internet berbasis video atau televisi yang memakai domain “.tv” (Tuvalu).

Editor’s Pick

  • Percaya Nggak Percaya, 5 Barang Selundupan Ini Ternyata Dijual Di Pasar Gelap! Konyol Banget Deh
  • Mau Travelling Sendirian? Tak Perlu Takut, Datangi Saja 7 Surga buat Solo Traveller Ini
  • Jangan Sembarangan! Sebelum ke Thailand, Kamu Wajib Tahu 4 Tata Krama Ini

5. Principality of Hutt River

via boredomtherapy.com

Principality of Hutt River merupakan negara mikro yang terletak di Provinsi Hutt River, Australia. Awalnya negara ini adalah sebuah tanah pertanian milik seorang pria bernama Leonard Casley. Kemudian, Leonard mengklaim pertaniannya sebagai negara independen dan memerdekakan diri dari Australia. Hmm… unik ya.

Meskipun keberadaan negara ini belum diakui secara resmi oleh pihak manapun, tetapi mereka sudah punya mata uang, stempel, dan passport sendiri. Bahkan di salah satu daerahnya terdapat patung Pangeran Leonard I yang jadi daya tarik wisatawan Australia karena dianggap “nyeleneh”.

Principality of Hutt River mempunyai luas 75 km persegi dengan populasi berjumlah 30 orang.

6. Saint Kitts and Nevitts

via boredomtherapy.com

Negara ini mempunyai luas sekitar 261 km persegi dengan jumlah penduduk 53. 329 jiwa. Seperti namanya, negara ini terdiri dari dua pulau yaitu Saint Kitts dan Nevitts yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia.

Pemerintah Saint Kitts and Nevitts punya cara khusus untuk memperoleh pendapatan negaranya. Mereka mempunyai program economic citizenship yang memungkinkan orang asing berinvestasi senilai 250.000 dollar (Rp3.4 miliar) di industri gula negara untuk mendapatkan kewarganegaraan Saint Kitts and Nevitts.

Selain cara di atas, orang asing juga bisa membeli properti negara senilai 400.000 dollar (Rp5.4 miliar) di salah satu pulaunya untuk menjadi warga lokal di sana.

7. Niue

via boredomtherapy.com

Niue merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik Selatan. Meskipun termasuk negara yang sudah merdeka dan mandiri, Niue punya hubungan “asosiasi bebas” dengan negara Selandia Baru. Hal ini memungkinkan otoritas Selandia Baru mengatur kebijakan-kebijakan negara Niue dan hubungan diplomatisnya dengan negara lain. Sumber pendapatan negara negara kecil ini pun sebagian besar berasal dari Selandia Baru.

Niue mempunyai luas 261 km persegi dengan populasi hanya 1.190 jiwa. Ibukota Niue yaitu sebuah desa bernama Alofi yang dihuni oleh 600 penduduk. Negara ini sudah memiliki bandara dan 1 supermarket.

8. Republik Molossia

via boredomtherapy.com

Foto yang kamu lihat di atas bukan perumahan lho, melainkan suatu negara. Yup, namanya Republik Molossia. Terletak di Nevada, Amerika serikat, negara mikro ini didirikan oleh Kevin Baugh pada tahun 1977.

Luasnya hanya 0.055 km persegi; gak lebih luas dari lapangan sepak bola, guys. Penduduknya berjumlah 7 orang, semuanya keluarga Tuan Baugh. Selebihnya ada 3 anjing, 1 kucing, dan 1 kelinci.

Meski demikian, negara ini sudah punya bendera, lambang negara, dan lagu kebangsaan sendiri, lho. Gimana, berminat jadi warga negara Republik Molossia? Hehe.

9. Sovereign Military Order of Malta

via boredomtherapy.com

Sovereign Military Order of Malta terletak di kota Roma, Italia. Negara ini gak punya wilayah kekuasaan selain tiga bangunannya. Dua di antaranya terletak di kota Roma, dan satu lagi di pulau Malta.

Kalau dihitung, luas dari negara (3 bangunan) ini mencapai 0,012 km persegi atau 12.000 meter persegi. Walaupun kecil, Sovereign Military Order of Malta punya penduduk sekitar 113.500, paling banyak di antara negara-negara mikro lainnya dalam daftar ini.

10. The Principality of Sealand

via boredomtherapy.com

Negara terkecil terakhir yaitu The Principality of Sealand. Negara mikro yang berbentuk peron kapal ini terletak di Laut Utara, 10 km dari pantai Suffolk, Inggris, dan mempunyai  luas sekitar 0,002 km persegi serta penduduk berjumlah 27 orang. Sejak didirikan pada tahun 1967, negara ini belum diakui secara resmi keberadaannya.

The Principality of Sealand dipimpin oleh seorang pria bernama Michael Bates yang memproklamirkan diri sebagai Prince Regent atau Pangeran Bupati. Negara ini sudah punya cap stempel dan koin sendiri. Selain itu, keluarga Bates juga punya tim sepak bola yang selalu siap mengharumkan nama negara di turnamen sepak bola antar desa di Inggris, hehe.

Nah itu dia 10 negara terkecil di dunia, guys. Setelah membaca artikel ini, apa kamu berminat untuk berkunjung ke salah satu negara di atas?