Ini Dia 10 Universitas Terbaik Di Dunia, Tertarik Kuliah Di Sini?

Omong-omong tentang universitas terbaik di dunia, sebenarnya kriteria apa saja sih yang harus dipenuhi supaya bisa jadi universitas dengan peringkat teratas? Mungkin banyak banget ya faktornya. Tapi untungnya ada sebuah lembaga asal Inggris, Quacqurelli Symmonds (QS), yang setiap tahun melakukan penilaian terhadap kurang lebih 1000 universitas dari 84 negara. Kriteria yang dijadikan acuan penilaian meliputi fasilitas, reputasi akademi, kualitas tenaga pengajar, prestasi internasional, dan reputasi alumni. Tahun 2018 ini QS sudah merilis daftar peringkat universitas terbaik di dunia. Kira-kira universitas apa ya yang masuk 10 besar? Coba lihat daftar universitas terbaik di dunia berikut ini kalau kamu penasaran.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

via news.mit.edu

Universitas yang berdiri sejak tahun 1861 ini berada di peringkat teratas QS World University Rankings sejak tahun 2012. Dan di tahun ini, MIT berhasil mendapat nilai maksimum dalam semua kategori penilaian. MIT juga merupakan universitas terbaik di dunia untuk beberapa mata kuliah, di antaranya arsitektur, linguistik, ilmu komputer dan sistem informasi, teknik dan teknologi, kimia, matematika, ekonomi dan ekonometrik.

Dari ruangan kelas dan laboratoriumnya, MIT terus berkontribusi dengan melakukan berbagai penelitian terhadap isu-isu penting di dunia, seperti terapi kanker, politik identitas, keterlibatan global, energi, layanan publik, dan industri.

2. Stanford University

via diarystore.com

Peringkat nomor 2 yaitu universitas yang terletak di Silicon Valley, California. Stanford University berhasil mendapat nilai terbaik dalam lima area pelajaran: seni dan kemanusiaan, teknik dan teknologi, sains dan farmasi, ilmu sosial dan manajemen, dan ilmu alam. Prestasi Stanford sebagai peringkat dua diukir sejak tahun lalu, menggeser Harvard ke peringkat tiga.

Sedikit catatan, Stanford University juga turut melahirkan orang-orang berpengaruh di era digital ini. Contohnya seperti Elon Musk dan pendiri Google, Sergey Brin.

3. Harvard University

via diarystore.com

Kalau berbicara tentang Harvard, kita pasti teringat dengan sosok Mark Zuckerberg atau Bill Gates. Yaa, meskipun keduanya gak sampai menyelesaikan studi mereka, setidaknya kita jadi tahu ada mahasiswa Harvard yang termasuk orang-orang jenius. Universitas tertua di Amerika ini terus mempertahankan reputasinya sebagai universitas ngetop dengan bertengger di peringkat tiga.

4. California Institute of Technology (Caltech)

via usnews.com

California Institute of Technology memiliki reputasi tinggi dalam sejumlah bidang STEM (Science, technology, engineering, and mathematics). Berdasarkan penilaian QS, mata kuliah Caltech yang mendapat peringkat teratas yaitu teknik kimia, ilmu biologi, kimia, ilmu bumi dan kelautan, fisika dan astronomi, dan ilmu alam.

Caltech sebenarnya merupakan lembaga penelitian dan pengajaran yang kecil tapi cukup berpengaruh. Dengan rasio dosen mahasiswa 3:1, Caltech memiliki 300 staf pengajar, 600 cendekiawan penelitian, dan 99% mahasiswanya adalah lulusan terbaik (peringkat 10 teratas) di SMA mereka.

5. University of Cambridge

via gyanganga.net

Berdiri sejak tahun 1209, Cambridge University punya sejarah panjang dalam bidang penelitian dan inovasi. Beberapa ilmuwan terkenal pernah menuntut ilmu di sini, dua di antaranya yaitu Sir Isaac Newton (penemu hukum gravitasi) dan matematikawan Stephen Hawking. Cambridge berhasil mendapatkan nilai sempurna dalam empat kategori yaitu penelitian, inovasi, dan spesialisasi pengajaran.

Editor’s Pick

  • Suka Travelling? Kamu Wajib Tahu 10 Tips Berikut Ini Agar Aktivitasmu Semakin Aman dan Nyaman
  • Wajib Tahu! Ini Nih 7 Bahasa Tubuh Yang Harus Kamu Pelajari Kalau Pengen Jadi Orang Sukses
  • Baru 23 Tahun Sudah Kunjungi 19 Negara, Rahasia Cewek Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

6. University of Oxford

via flickr.com

QS menilai Oxford University sangat berprestasi dalam bidang penelitian, pengajaran, dan inovasinya. Selain itu, universitas asal Inggris ini juga menduduki peringkat delapan dalam kategori kualitas lulusan. Beberapa bidang studi yang jadi andalan Oxford meliputi bahasa dan sastra Inggris, geografi, arkeologi, anatomi dan fisiologi, seni dan humaniora.

7. University College London

via ucl.ac.uk

UCL adalah salah satu universitas multidisipliner terbaik di dunia dengan reputasi internasional untuk kualitas penelitian dan pengajarannya. Bermarkas di ibukota Inggris, UCL telah melahirkan 29 pemenang Nobel Prize dari berbagai disiplin ilmu. Kalau diibaratkan, setiap satu dekade ada satu lulusan UCL yang dianugrahi nobel sejak penghargaan tersebut dimulai di tahun 1901.

8. Imperial College London

fr.wikipedia.org

Meskipun hanya berfokus pada bidang studi sains, teknik, obat-obatan, dan bisnis, Imperial College London cukup mendapat perhatian dunia karena berbagai prestasinya. Imperial bermarkas di South Kensington, London, di daerah yang dikenal sebagai Albertopolis. Di tempat tersebut kamu bisa menemukan bangunan-bangunan dari beberapa organisasi seni dan budaya terkemuka di dunia seperti museum Natural History, museum Victoria and Albert, Royal Colleges of Art and Music dan English National Ballet.

9. University of Chicago (UChicago)

via newyorker.com

Didirikan pada tahun 1890, University of Chicago adalah universitas riset swasta dengan 15.365 mahasiswa. Saat ini UChicago berada peringkat ke-10 di dunia berdasarkan QS World University Rankings dan menjadikannya sebagai universitas peringkat kelima tertinggi di AS. Universitas ini memiliki banyak alumni terkemuka, termasuk 13 milyarder dan 51 sarjana beasiswa Rhodes.

10. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)

via chourishi.co

Sejak 1855, universitas ilmu pengetahuan dan teknologi ini telah menjadi pusat pengetahuan dan inovasi. Terletak di Swiss, ETH Zurich konsisten menjalin hubungan di seluruh dunia dan mencari solusi efektif untuk berbagai masalah global. Dari segi ranking, ETH Zurich secara konsisten berada di puncak universitas terbaik di dataran utama Eropa.

Universitas ini memiliki 500 profesor dan 20.000 mahasiswa yang berasal dari 120 negara. 21 pemenang penghargaan nobel pernah menuntut ilmu di ETH Zurich, salah satunya Albert Einstein.

Nah, itu dia 10 universitas terbaik di dunia, guys. Kayaknya seru ya belajar di salah satu universitas tersebut. Selain fasilitasnya memadai, kita juga diajar langsung oleh dosen-dosen terbaik. Tapi kayaknya harus nyari beasiswa deh, soalnya biaya kuliahnya gak murah. Hehehe.