Ini Dia Daftar 10 Karakter Video Game yang Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Dari sekian banyak karakter video game sampai dengan saat ini, siapa saja yang paling berpengaruh bagi dunia game? Ini dia daftarnya.

1. Pac-Man

via Mental Floss

Karakter kuning berbentuk ‘incomplete pizza‘ ini bisa dijadikan  bukti bahwa karakter video game tak perlu terlalu kompleks dan rumit. Hanya dengan bentuk sederhananya tersebut, ketenarannya masih bertahan sampai saat ini

Awal kemunculannya pada tahun 1980 membuat karakter ini disebut-sebut sebagai bapaknya karakter video game. Ya, itu karena Pac-Man adalah karakter pertama yang muncul dalam video game dan langsung dikenali oleh para pemain. Karakter ini sampai dibuatkan doodle oleh Google pada tahun 2010 dan sempat jadi cameo di film The Guardian of the Galaxy 2.

2. Super Mario

via Nintendo UK

Berawal dari cameo di game Donkey Kong pada tahun 1981, tukang pipa berkumis ini sukses menjadi bintang di gamenya sendiri, Mario Bros, di tahun 1983 dan sekaligus menjadi maskot dari Nintendo. Bersama dengan Sonic, karakter ini merupakan salah satu tokoh yang berhasil selamat dari Console Wars yang terjadi pada tahun 1990.

3. Sonic

via Hollywood Reporter

Kepopuleran Mario pada tahun 1980 membuat Sega mau tak mau harus menciptakan karakter baru yang unik dan menarik sebagai pesaing Mario. Dari situlah lahir karakter landak biru berkecepatan tinggi yang notabenenya adalah cikal bakal pesaing Mario di Console Wars pada tahun 1990.

4. Pikachu

via otb.news

Dari 150 karakter Pokemon yang ‘lahir’ pada tahun 1996, tikus listrik berwarna kuning dengan ekor berbentuk petir ini langsung menarik perhatian banyak orang dan berhasil menggusur Eevee sebagai maskot Pokemon. Kepopuleran Pikachu tak hanya merambah di gamenya sendiri, namun juga sampai film, komik, card game, dan set monopoli.

5. Solid Snake

via Objection Network

Metal Gear Solid bisa dibilang merupakan salah satu game stealth terbaik yang pernah hadir berkat plotnya yang rumit dan bosnya yang menantang. Selain itu kehadiran Solid Snake menambah nilai plus yang ada di game ini. Mungkin karena karakter yang diinspirasi dari tokoh “Snake” Plissken dalam film Escape from New York ini memiliki kesan yang garang nan eksentrik, sehingga membuat para gamer jatuh hati pada Solid Snake.

Editor’s Pick

  • 5 Hal yang Membedakan Pokémon Yellow dengan Versi Remakenya, Pokémon Let’s Go!
  • Rocket Punch, Game yang Bisa Bikin Kamu Bertingkah Mirip Orang Konyol Siap Dirilis untuk Ps4
  • Kalau Kamu Suka Guitar Hero, Pasti Suka dengan 8 Rhythm Game Android Ini
  • 4 Karakter dalam Film Adaptasi Populer Ini Punya Perbedaan 180 Derajat dari Versi Novelnya, Lebih Keren atau…?
  • Bro, Udah Nyobain 5 Game Android Baru di Bulan Maret Kemarin, Belum?

6. Lara Croft

via Tomb Raider Wiki – Fandom

Salah satu karakter yang melewati fase transformasi yang cukup dramatis adalah Lara Croft dari seri Tomb Raider. Meski pada awal kemunculannya sempat menjadi kontroversi karena proporsi yang tak sesuai dan dianggap melecehkan kaum wanita, namun tak bisa dipungkiri kalau karakter satu ini seakan-akan memiliki kharisma dan pesona tersendiri dengan tanktop ketat, celana pendek, dan pistol yang selalu menemani di sisinya. Untungnya ketika reboot pada tahun 2013, proporsi tubuh dari sang penjarah makam ini jadi lebih baik.

7. Link

via My Nintendo News

Karakter protagonis dari seri The Legend of Zelda ini merupakan salah satu pioner game-game RPG pada masanya dengan gameplay yang khas RPG banget dan storyboard yang asik untuk diikuti. Sayangnya banyak di antara gamer yang ternyata menganggap bahwa nama nama tokoh utama di game The Legend of Zelda adalah Zelda, bukan Link. Haduh.

8. Peach

via NintendoSoup

Peach adalah salah satu tokoh selain Disney princess yang merepresentasikan ‘damsel in distress‘ dengan baik. Karena di tiap seri game Super Mario, peran Peach hanya sebagai seorang putri raja yang menjadi korban penculikan dari kura-kura jahat, Bowser.

Namun belakangan ini Nintendo memberikan peran yang cukup berarti bagi Peach di beberapa game seperti Super Mario 3D, Mario Kart, atau Super Smash Bros. Hal ini membuktikan bahwa sepertinya Nintendo ingin mengubah citra ‘damsel in distress’ dari Peach menjadi wanita independen yang kuat seperti halnya Wonder Woman.

9. Scorpion

GET OVER HERE! FATALITY!

Buat para penggemar Mortal Kombat pasti familiar dengan efek suara di atas. Game yang terkenal brutal, ganas, dan berdarah-darah ini membawa kesan tersendiri bagi para pemainnya. Terlebih dari sekian banyak karakter, ninja satu ini dikenal paling melambangkan Mortal Kombat berkat skill dan tekniknya dalam mengalahkan lawan-lawannya. Bahkan banyak yang menyebut tokoh ini menginspirasi kemunculan Kratos sebagai lambang kesadisan.

10. Vault Boy

via neosite.pl

Karakternya yang ringan dan ceria kontras dengan game yang dia representasikan. Kalau hanya dari karakternya, kamu pasti menganggap game ini seperti The Sims, Monopoly, atau game-game kasual lainnya. Padahal Fallout termasuk salah satu game yang bisa dibilang cukup berat dan membutuhkan tingkat keseriusan yang tinggi.

Menurut kamu selain dari 10 tokoh yang sudah disebutkan di atas, siapa lagi yang layak menempati slot lainnya? Langsung isi di kolom komentar, ya.