Ini Dia Daftar Film Terbaik Tahun 2018 Sejauh Ini

Wajar memang kalau kamu sering banget nonton film di tahun ini. Habisnya banyak banget film seru yang rilis dalam rentang waktu Januari hingga September 2018. Bukan cuma film keren doang malah, film yang jeleknya nggak ketolong juga ada… mungkin.

Penasaran nggak buat cari tahu apa saja film tahun 2018 yang pantas dapat predikat terbaik? Berikut ini daftarnya, yang dihimpun berdasarkan kualitas cerita yang disajikan filmnya.

10. Ocean’s 8 (Rotten Tomatoes 68%, IMDB 6,3)

via bbc.com

Ocean’s 8 merupakan spin-off dari trilogi Ocean’s (Eleven, Twelve, Thirteen) yang dulu sukses disutradarai oleh Steven Soderbergh. Sama seperti trilogi pendahulunya, Ocean’s 8 juga mengangkat kisah tentang pencurian yang uniknya dilakukan sekumpulan perempuan. Film yang dibintangi banyak nama besar ini terbilang sukses mematahkan kutukan yang bilang kalau film dengan banyak pemeran utama wanita biasanya gagal di pasaran.

9. Love, Simon (Rotten Tomatoes 92%, IMDB 7,7)

via hollywoodreporter.com

Film dengan kisah percintaan remaja mungkin kedengarannya biasa. Tapi gimana kalau yang diangkat adalah kisah percintaan remaja sesama jenis? Mengingat LGBT termasuk isu sensitif buat dibahas di berbagai belahan dunia, Love, Simon berani mengangkat tema tersebut ke layar lebar. Topiknya kontroversial. Tapi lewat film ini, kita seenggaknya bisa mengetahui gimana kehidupan dari kacamata Simon sebagai karakter utama yang menyukai sesama jenis.

8. Game Night (Rotten Tomatoes 84%, IMDB 7)

via thecrimson.com

Apa jadinya kalau permainan fiktif ala detektif yang kamu mainkan menjadi nyata saat salah satu teman bermain kamu benar-benar diculik? Game Night hadir sebagai film komedi yang juga memasukkan unsur action serta misteri di dalamnya. Ini film nggak bikin kita bosan saat menontonnya. Dialog dari karakternya sering diselingi satir yang mengundang gelak tawa. Sisi misterinya pun berjalan dengan baik. Dijamin kamu bakal ikut-ikutan bermain sambil mencari otak dari penculikan tersebut deh.

7. Christopher Robin (Rotten Tomatoes 71%, IMDB 7,7)

via geekinsider.com

Disney kayaknya masih melihat peluang besar dengan menghadirkan kisah klasik yang diadaptasi ulang dengan peremajaan cerita guna menggaet penggemar baru. Kisah Christopher Robin yang dibintangi Ewan McGregor ini pun termasuk film adaptasi yang dibuat dengan konsep live action. Robin yang masih anak-anak di Winnie the Pooh kini telah tumbuh menjadi sosok raja yang adil, arif, nan bijaksana.

Tunggu, kayaknya ada yang salah…

Robin dalam film ini kini telah tumbuh menjadi pria dewasa, macam konsep yang diterapkan dalam Alice in Wonderland di tahun 2010 silam. Hasilnya? Christopher Robin sukses jadi film yang mengharu biru lewat jalinan ceritanya.

6. Hereditary (Rotten Tomatoes 89%, IMDB 7,4)

Hereditary/PalmStar Media via nofspodcast.com

Membuat film horor itu gampang-gampang susah. Bukan cuma bermodalkan hantu menyeramkan, jumpscare yang mengejutkan, atau scoring menggelegar; landasan cerita utamanya juga jadi satu hal yang perlu dibawakan dengan menarik.

Hereditary akhirnya berhasil menjawab dahaga penonton yang menginginkan sajian horor lewat atmosfer teror serta twist cerita yang menarik tanpa perlu banyak menghujani penonton dengan kemunculan hantu. Salah satu teror yang masih saya ingat sampai sekarang terjadi dalam adegan yang menunjukkan potongan kepala di dalam layar dengan eksplisit. Gokil!

Editor’s Pick

  • 7 Film Sci-Fi Populer yang Bakal Dibikin Versi Remake dalam Waktu Dekat, Kamu Pasti Nggak Tahu
  • Mau Tahu Gimana Proses Syuting Film yang Pakai CGI? Lihat Saja 13 Foto Kocak Ini
  • 5 Film yang Gagal Tayang di Beberapa Negara karena Alasan Kurang Masuk Akal
  • 7 Film Ini Awalnya Diprediksi Gagal, tapi Hasilnya Malah Melebihi Ekspektasi

5. A Quiet Place (Rotten Tomatoes 95%, IMDB 7,7)

via theverge.com

A Quiet Place hadir sebagai film bertema thriller dengan cerita yang menarik untuk diangkat. Gimana enggak, kok bisa penulis naskahnya bikin cerita tentang invasi satu makhluk misterius yang menyerang manusia kalau berisik.

Meski menarik, sebenarnya masih banyak pertanyaan menggantung terkait film ini, terutama perihal asal usul sang makhluk yang bisa sampai datang ke bumi dan menyerang manusia. Semoga sekuelnya yang dijadwalkan rilis di tahun 2020 bisa memberikan jawaban jelas. Tentunya sambil kembali meneror penonton dalam keheningan.

4. Black Panther (Rotten Tomatoes 97%, IMDB 7,4)

via popsugar.com

Sama seperti LGBT, isu rasisme juga masih jadi hal sensitif di luar negeri. Setelah muncul dengan porsi sedikit dalam Captain America: Civil War, karakter Black Panther akhirnya dibuatkan film solonya sendiri dengan judul yang sama.

Yang bikin film ini beda dari film superhero kebanyakan nggak lain karena barisan pemain yang semuanya berkulit hitam. Dengan juga menyinggung isu feminisme dalam filmnya, Black Panther mencuat jadi salah satu film MCU dengan pendapatan tertinggi. Black Panther bahkan jadi film terlaris kedua yang dirilis di tahun 2018.

3. Mission: Impossible – Fallout (Rotten Tomatoes 97%, IMDB 8,1)

via geektyrant.com

The same old Ethan is back! Yup, disaat penonton diberi ketidakpastian dengan proyek sekuel James Bond, kisah lanjutan dari agen mata-mata yang diperankan oleh Tom Cruise ini seolah memanjakan penggemar film action.

Lewat tampilan aksi menegangkan yang kembali dihadirkan, lengkap dengan kumis kontroversial Henry ‘Superman’ Cavill, Mission: Impossible – Fallout memberikan intensitas yang naik level dibandingkan film-film pendahulunya.

2. Ready Player One (Rotten Tomatoes 72%, IMDB 7,6)

via bbc.com

Ready Player One ibarat surat cinta dari Steven Spielberg untuk para nerd dan geek. Dalam genre sci-fi, film ini juga menghadirkan unsur pop culture yang kental, mulai dari konsol game Atari 2600 hingga Michael Jackson. Film yang diangkat dari buku ini juga membanjiri penonton dengan easter egg yang bisa membuat sebagian penonton bersorak kegirangan. Saya juga termasuk penonton yang bersorak kegirangan itu.

1. Searching (Rotten Tomatoes 92%, IMDB 7,9)

via hollywoodnews.com

Film yang digarap dalam genre thriller-misteri ini seolah mengingatkan para orangtua soal hubungan mereka dengan anak, sekaligus mengingatkan remaja tentang bahaya penggunaan media sosial saat berinteraksi dengan orang asing. Dengan muatan visualisasi dan konflik yang relevan dengan era digital seperti saat ini, Searching menjelma jadi satu film yang penting untuk ditonton dan bakal tetap menarik untuk dinikmati hingga beberapa tahun ke depan.

Harap diingat, 10 film di atas merupakan pilihan pribadi saya yang diharapkan bisa nambah preferensi menonton kamu. Jadi kalau kamu punya film lain yang cocok masuk daftar, nggak usah sungkan buat kasih pendapat di kolom komentar.

Atau kamu pengin tahu daftar film paling gagal di tahun 2018?