Inilah 4 Klub Malaysia Doyan Boyong Tunas Muda Asal Indonesia

Namun siapa sangka meskipun rival abadi, namun beberapa tim Malaysia sangat doyan belanja pemain asal Indonesia. Bahkan kegiatan ini ternyata sudah dilakukan sejak tahun 80-an. Lalu klub mana saja sih asal negeri jiran yang kecantol dengan pemain muda kita itu?

Selangor FA, doyan banget berburu darah muda Indonesia

Nama Selangor FA mungkin tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Ya itu bukan hal yang aneh mengingat reputasinya yang juga sangat tinggi di negeri Jiran itu bahkan di Indonesia. Namun  siapa sangka meskipun jadi salah satu klub yang diperhitungkan di Asia Tenggara, ternyata ada salah satu kunci kesuksesan tim ini yang berhubungan dengan Indonesia.

Andik Vermansyah di Malaysia [image source]

Ya, tim negeri Jiran ini doyan sekali berburu para pemain muda berbakat jebolan timnas Indonesia. Sebut saja Andik Vermansyah dan Bambang Bp yang sudah dikontrak lama oleh klub ini. Bahkan Evan Dimas dan beberapa pemain muda lain pun diincar oleh Selangor FC untuk dipinang ke negeri jiran.

Kelantan FA, gak mau kalah dengan yang lain

Tidak hanya tim dari Selangor, siapa sangka Kelantan FA juga doyan berburu pemain muda asal Indonesia. Menurut mereka para garuda muda ini memang memiliki skill yang mumpuni sehingga layak untuk diperjuangkan dalam bursa transfer.

Cassio de Jesus  [image source]

Uniknya, belanja pemain Indonesia ini sudah dilakukan sejak tahun tahun 80-an di mana Ristomoyo Kasim jadi pesepak bola Indonesia populer yang diboyong ke sana. Hingga akhirnya makin banyak juga yang dilirik oleh Kelantan FA, mulai dari Roby Darwis di tahun 2000-an hingga yang terbaru  Cassio de Jesus mantan Semen Padang yang bermain di negeri Jiran.

PKNS FC, tim asal Selangor lain yang suka menarget pemain muda

Tak mau kalah dengan klub lain di kotanya PKNS FC ternyata sangat doyan jika harus berburu talenta muda di Indonesia. Apalagi melihat rivalitas antara kedua tim ini yang bisa dibilang sangat tinggi, tentu mereka mesti menyiapkan strategi baru.

Hamka Hamzah di Malaysia [image source]

Salah satunya ya menawari kontrak pada tunas muda berpotensi sehingga tinggal digodok dan jadi kartu AS mereka. Sudah banyak para pemain Indonesia yang hijrah ke sana, mulai dari Hamka Hamzah hingga Septian David yang diisukan hijrah ke Malaysia. PKNS juga sempat berebut dengan Selangor FA untuk mengontrak Egy Maulana, namun sayang pemain muda itu malah memilih ke Eropa.

Kuala Lumpur FA tak pernah berhenti menggaet pemain muda

Tim Malaysia terakhir yang lumayan gencar buat berburu pemain muda adalah Kuala Lumpur FA. Ya tim di salah satu kota paling terkenal di Malaysia ini sudah beberapa kali memboyong pemain asal bumi pertiwi. Mulai dari Eri Irianto hingga Fachri Husaini sudah sempat membela klub ternama ini dengan hasil yang cukup memuaskan.

alm Eri Iriyanto [image source]

Tidak sampai di situ, ternyata akhir-akhir ini pun juga sedang gencar-gencarnya mencari bakat baru dari negeri kita semisal Achamd Jifryanto dan pemain muda yang lainnya.

Dengan banyaknya tim Malaysia yang gencar cari pemain baru di Indonesia ini membuktikan betapa terbuktinya kualitas sepak bola negeri ini. Ya, sekarang mungkin hanya tim asal Malaysia saja, namun kelak tidak menutup kemungkinan bakal banyak klub negara lain pula yang belanja pemain di Indonesia.