Inilah 4 Negara yang Pasukan Khususnya yang Ternyata Seragamnya Buatan Sukoharjo

Namun di balik gaharnya negeri kita itu, ternyata teknologi militernya juga disanjung oleh negara lain loh. Buktinya bahkan sekelas NATO pun sampai jadi langganan teknologi militer berupa seragam buatan Sukoharjo. Tidak percaya? Simak ulasan berikut ini mengenai beberapa negara yang doyang beli seragam asli Indonesia.

NATO dibuat kagum dengan kualitas seragam milik Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara ( NATO), ya organisasi militer beberapa  negara ini sampai saat ini jadi salah satu yang disegani oleh dunia. Namun siapa sangka di balik besarnya organiasai tersebut rupanya seragam yang mereka kenakan adalah buatan Indonesia. Ya dibuat di Sukoharjo, kini baju militer itu melebarkan sayap sampai ke NATO.

Seragam NATO [image source]

Sedangkan pemilihan seragam itu sendiri bukan tanpa alasan, NATO menganggap buatan Indonesia adalah yang terbaik lantaran anti bakteri, anti nyamuk, anti infa-merah dan tahan api. Jadi bukan hal yang aneh kalau mereka sampai kepincut dengan produk lokal ini.

Sang negara adidaya yang juga takjub dengan buatan Indonesia

Jika yang membeli adalah negara-negara kecil seperti Brunei dan Singapura mungkin sudah biasa, tetapi kalau sampai Amerika lain lagi ceritanya. Ya, negara yang disebut adidaya ini ternyata juga doyan untuk beli produk milik Sritex, tidak hanya untuk pasukan biasa, bahkan satuan khusus pun pernah memesannya.

Seragam Amerika [image source]

Umumnya kalau milik Amerika ini beragam variasinya mengingat memang negaranya sendiri juga sering mengganti corak loreng milik tentaranya. Namun apapun permintaannya mesti ditanggapi dengan baik. Alhasil kini negeri Paman Sam ini juga jadi pelanggan tetap dari produsen baju yang terletak di Sukoharjo.

Negara-negara Eropa yang selalu pesan seragam tapi sangat banyak maunya

Sedangkan untuk negara-negara di benua Eropa seperti Jerman, Inggris dan lain-lain, mereka menerapkan standar khusus tersendiri. Misalnya yang paling umum ditemui adalah sebuah seragam yang anti terhadap radiasi. Memang tidak mudah untuk membuat baju pesanan-pesanan itu, apalagi yang anti terhadap radiasi karena harus dicampur dengan bahan kimia khusus yang membuatnya tetap aman meskipun dekat dengan ancaman nuklir.

Negara Eropa [image source]

Namun siapa sangka, bukan negara lain, justru Indonesia yang mampu membuatnya, jelas hal ini menjadi sebuah kebanggaan buat negeri tercinta -karena sudah selangkah lebih maju ketimbang negara-negara tetangga sebelah.

Negara timur tengah yang doyan seragam kamung flase buatan Indonesia

Tak mau ketinggalan, negara-negara timur tengah semacam Arab Saudi dan Dubai, juga diam-diam doyan buat membeli seragam asli Indonesia. Namun bedanya untuk negara yang satu ini menerapkan spefikasi khusus semisal warna bahannya yang agak kuning atau kecoklat-coklatan.

Negara timur tengah [image source]

Itu semua bukan tanpa alasan melainkan memang seragam itu nantinya digunakan untuk berkamungflase di padang pasir sehingga dapat mengaburkan pandangan lawan jika terjadi perang. Selain itu juga mereka meminta bahan yang tahan dengan cuaca di sana serta tetap tidak panas ketika dipakai. Jadi bukan hal yang aneh kalau kadang Sritex sendiri merasa kewalahan karena banyaknya order dari luar.

Ini bukti kalau sebenarnya memang masalah teknologi militer Indonesia dapat bersaing dengan negara lain. Bahkan sekelas NATO dan Amerika pun sampai-sampai  juga jadi langganannya. Dan terlebih lagi baju yang diproduksi pun luar biasa, bahkan bisa anti nuklir lagi.