Inilah 4 Sumbangsih Besar Setya Novanto dalam Dunia Bola yang Sering Dilupakan

Terlepas dari semua kasus yang menjeratnya itu, ternyata ketua DPR ini pernah memberikan sumbangsih besar pada dunia sepak bola Indonesia. Mulai dari menjadi bapak asuh pemain hingga liga antar desa. Jarang orang mendengarnya, namun inilah sekian jasa politis Golkar yang sering dilupakan.

Novanto sang  pencetus dari liga antar desa di Indonesia

Tepatnya pada tahun 2016, pria berumur 64 tahun ini memberikan sumbangsih yang sangat besar pada dunia persepak bolaan tanah air. Ya, hal itu terbukti saat SN  membuat gagasan untuk mengadakan turnamen antar desa seluruh Indonesia. Di mulai dari Manado, diharap nantinya turnamen ini akan menyebar ke daerah-daerah lainnya, bahkan kawasan terpencil sekalipun.

piala-desa [image source]

Semua rancangan pertandingan sudah tersusun sangat rapi mulai dari sistem kompetisi hingga hadiah besar yang menanti. Bahkan rencananya, bintang dunia seperti Lionel Messi dan Christiano Ronaldo akan dihadirkan di ajang final liga antar desa. Namun sayang semua tidak terwujud karena SN sudah terjerat kasus e-KTP.

Setnov merupakan bapak asuh dari bek timnas U-19

Siapa sangka kalau ketua DPR kita ini juga sangat peduli dengan timnas Indonesia. Buktinya, dirinya sempat menjadi bapak asuh dari Yabes Roni, salah satu bek andalan dari U-19 Garuda. Yabes mengaku sangat bersyukur mendapatkan bantuan dari politisi Golkar ini, karena Setnov berjanji untuk menanggung biaya pendidikannya hingga perguruan tinggi.

Yabes Roni [image source]

Ternyata apa yang dilakukan Setya Novanto itu bukan tanpa alasan, pasalnya dirinya melihat potensi lebih anak-anak NTT dari diri Yabes. Ya dengan membiayai Yabes ini, diharap bek timnas ini akan menularkan ilmunya pada anak-anak di daerahnya kelak, sehingga makin banyak pemain muda NTT yang berkancah di liga Indonesia.

Beberapa anak buah dari Setya Novanto adalah para pemerhati bola Indonesia

Tidak hanya dirinya, ternyata beberapa bawahan dari petinggi partai Golkar ini juga seorang pencinta sepak bola. Hal itu dibuktikan dengan terjunnya mereka menjadi orang penting di beberapa organisasi bola. Misalnya saja Dodi Reza Alex Noerdin, salah satu bawahan Setnov di partai Golkar.

teman setya novanto

Ya,  Dodi sempat menjadi presiden klub dari Sriwijaya FC, dan di bawah naungannya lah Laskar Wong Kito jadi klub besar. Begitu pula dengan Nurdin Hadid salah satu tokoh yang dekat dengan SN di Golkar, karirnya di dunia bola tidak terbantahkan lagi, bahkan beberapa kali menjabat jadi ketua PSSI.

Bahkan dalam masalah “Papa Minta Saham” Setnov masih singgung tentang nasib Persipura

Tepatnya pada tahun 2015, masyarakat sempat heboh tentang rekaman yang ditemukan pihak berwajib masalah pencatutan nama Presiden. Dari rekaman percakapan tiga elit politik itu, diketahui mereka sedang membicarakan masalah masalah saham dari PT Freeport yang masih milik tangan asing. Namun uniknya meskipun membicarakan masalah “proyek”, Setnov masih sempat menyinggung nasib Persipura.

Persipura [image source]

Pasalnya kalau Freeport tidak lagi di tangan asing maka klub ini bisa saja kehabisan biaya. Dan dampak buruknya adalah para pemain yang hiatus beberapa bulan. Hal ini akan berpengaruh pada fisiknya, pasalnya berhenti olahraga dalam satu minggu saja bisa membuat otot jadi rusak dan drop semua.

Nah, itulah sekian jasa Setya Novanto dalam dunia bola yang sering dilupakan. Ya, terlepas dari semua kasus yang ada, ternyata politisi Golkar ini juga peduli akan kemajuan sepak bola di tanah air. Apapun nanti keputusan yang ditetapkan untuk Setnov, semoga semua terbaik untuk negeri.