Inilah 5 Alasan yang Membuat Sri Mulyani Layak Dinobatkan Sebagai Menteri Terbaik Dunia

Kepada seluruh rakyat Indonesia, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa yang telah ia dapat didedikasikan untuk presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia. Di balik banyak prestasi dan namanya yang dikenal dunia, inilah 5 alasan yang membuat Sri Mulyani layak menjadi menteri terbaik di dunia

Seorang akademisi dengan segudang pengalaman

Nama Sri Mulyani telah menyedot perhatian sejak presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet jilid 2 pada 2016 lalu. Sri Mulyani ditunjuk menjadi Menteri Keuangan untuk memaksimalkan kinerja pemerintah di tengah tantangan lesunya perekonomian global saat itu. Menurut Ketum Partai Solidaritas Indonesia, Grace Natalie, Sri Mulyani memang merupakan sosok perempuan yang tidak hanya akademisi saja, namanya bahkan tercatat sebagai wanita dan orang Indonesia pertama yang jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sri Mulyani ketika pelantikan para menteri [Image source]

Selain itu, sosok yang tegas dan cekatan ini juga memiliki segudang pengalaman yang sudah berhasil ia raih seperti pernah menjabat Menteri Keuangan pada era SBY, Kepala Bapenas & Plt Menko Bidang Perekonomian.

Raih penghargaan tingkat internasional bukan kali ini saja

Nama Sri Mulyani sudah dikenal sebagai menteri keuangan sejak kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tak heran jika kiprahnya si dunia keuangan sudah dibilang sangat mahir dan berpengalaman. Sebelum mendapat pengharagan sebagai menteri terbaik dunia, nama Sri Mulyani sudah tercatat sebagai menteri keuangan terbaik tingkat Asia versi Emerging Markets Forum pada tahun 2006.

Meraih banyak penghargaan [Image source]

Penghargaan ini diserahkan ketika Sidang Tahunan Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF) di Singapura. Selain itu penghargaan yang sama di tahun yang sama diberikan oleh majalah Euromoney. Tak heran kan kalau sekarang nama Sri Mulyani keluar sebagai menteri terbaik dunia.

Masuk dalam jajaran wanita berpengaruh di dunia

Ada banyak sekali inovasi yang telah dilakukan oleh perempuan berusia 55 tahun ini dalam memperbaiki system perekonomian Indonesia. Dua tahun setelah menerima penghargaan sebagai menteri terbaik di Asia, namanya kembali bergaung sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia dan dunia.

Wanita berpengaruh dunia versi majalah Forbes [Image source]

Pada tahun 2007, majalah Globe Asia mengabadikan namanya sebagai wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia. Setahun setelahnya, giliran majalah Forbes yang mencatat nama Sri Mulyani sebagai wanita ke -23 yang paling berpengaruh di dunia. Bayangkan saja seperti apa usaha menteri Sri Mulyani untuk bisa sampai ke titik ini.

Sukses menuntas kemiskinan dan kesenjangan pendapatan

Sebagai negara berkembang, jumlah kemiskinan di Indonesia menjadi satu dari sekian PR para pemangku kekuasaan, terlebih bagi menteri keuangan. Sejak menjabat pada jajaran kabinet presiden Joko Widodo, Sri Mulyani sudah mengurangi angka kemiskinan di Indonesia sebayak 40%.

Sukses tuntaskan kemiskinan [Image source]

Seperti telah tercatat dalam Badan Pusat Statistika (BPS) bahwa terhitung sejak Maret 2017, angka kemiskinan di negara kita turun sebanyak 1,7%. Selain itu penerapan kebijakan pajak yang efektif dan ketat membuat kesenjangan pendapatan di Indonesia sedikit demi sedikit bisa teratasi. Sehingga, kamakmuran di kalangan rakyat juga lebih merata.

Mensukseskan upaya pertumbuhan lapangan pekerjaan

Di Indoensia, pengangguran bertebaran dimana-mana dan terus bertambah setiap tahunnya seiring dengan para pemuda yang menyelesaikan pendidikan mereka. Untuk mengatasi hal ini, dalam sebuah pidatonya Sri Mulyani pernah menerangkan bahwa pengangguran dari generasi muda yang saat ini jumlahnya mencapai sepertiga populasi Indonesia bisa teratasi, jika pertumbuhan ekonomi inklusif berhasil dilaksanakan.

Sukses mengurangi jumlah pengangguran [Image source]

Presiden Joko Widodo juga menargetkan pertumbuhan 10 juta lapangan kerja hingga 2019 nanti. Hasilnya, hingga saat ini Sri Mulyani dan tim-nya telah banyak melakukan upaya untuk mencapai target tersebut. Bahkan tahun 2017 lalu, sebanyak 2,61 kesempatan kerja telah tercipta di Indonesia.

Berkat gelar sebagai menteri terbaik dunia itulah presiden Jokowi menyematkan pujian dan perasaan bangganya kepada Sri Mulyani. Prestasi yang menggunung tentu menjadi alasan yang layak bagi Sri Mulyani untuk mendapat apresiasi dan dukungan untuk terus bekerja memajukan ekonomi Indonesia. Semoga tak hanya menterinya saja yang mendapat penghargaan, tapi ekonominya juga mengalami kemajuan.