Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Masih soal Palestina dan Israel, kalau dilihat dari segi kekuatan militernya sendiri tanpa campur tangan pihak lain, kira-kira seberapa besar perbandingannya ya? Apalagi mengingat konflik bersenjata di negara itu terjadi sangat lama, tentulah mereka punya kekuatan militer yang luar biasa. Yuk mengintip perbandingan kekuatan kedua negara itu.

Jumlah pasukan militer Israel ibarat debu di padang pasir

Israel vs Palestina (Hamas)

Siapa sangka jumlah personel aktif dari Israel ini luar biasa banyak ketimbang Palestina. Berdasarkan situ Global Fire Power, kurang lebih ada 718 ribu personel aktif yang siap membela negeri bintang Daud itu saat bahaya menyerang. Belum lagi, banyaknya para pemudanya yang juga masuk wajib militer membuat tentara negara ini menjadi salah satu yang paling diperhitungkan dunia. Sebaliknya, dari segi militer, Palestina hanya mengandalkan para pejuang Hamas, berdasarkan data 2014, jumlah mereka hanya sekitar 62 ribu orang saja. Pasukan tersebut masih dipecah-pecah lagi beberapa batalion yang siap bertempur di daerah perbatasan.

Kekuatan Kendaraan darat Palestina tak lebih hanya gertakan saja buat Israel

Tank Israel [image source]

Sedangkan dari segi kendaraan tempur darat, Israel memiliki jumlah yang sangat jauh untuk diimbangi Palestina. Ya, ada kurang lebih 2600 tank yang siap tempur, 10 ribu kendaraan tempur lapis baja, dan beberapa artileri darat lainnya. Tentu dengan jumlah seperti itu tidak akan pernah mengimbangi Palestina yang berdasarkan Institute for Middle East Understanding,  hanya memiliki sekitar 50 unit kendaraan lapis baja serta beberapa artileri darat tanpa memiliki tank satu pun. Belum lagi Israel masih memiliki senjata nuklir sebagai kartu AS nya.

Tanpa kekuatan udara, Palestina tidak berkutik dibuatnya

Kekuatan udara Israel [image source]

Dari segi kekuatan udara, negeri bintang Daud itu punya total 625 unit kendaraan tempur udara yang terdiri dari 243 jet tempur, 48 helikopter tempur dan beberapa kendara pengangkut dan penyerang lainnya. Hal ini pasti tidak sebanding dengan milik pasukan Hamas Palestina yang tidak memiliki satu pun pesawat tempur untuk membela diri jika serangan udara Israel datang menyerang. Bisa dibilang hampir tidak ada harapan menang jika pertempuran dilakukan di udara.

Kekuatan maritim, milik Israel ibarat sebuah Tsunami bagi Palestina

Kekuatan maritim Israel

Masalah kekuatan  maritim, Israel sepertinya bikin mimpi buruk bagi negara Palestina. Bayangkan saja, ada kurang lebih 65 unit kapal perang, yang terdiri dari 6 kapal selam dan beberapa kendaraan tempur lainnya. Hal ini tentu gak ada apa-apanya dengan kekuatan maritim yang sama sekali tidak memiliki kendaraan tempur laut yang membuatnya tidak berkutik jika harus bertempur di areal perairan.

Meskipun kalah kekuatan, namun negara pembelaPalestina luar biasa banyaknya

Para pendukung Palestina

Ya, meskipun mungkin jumlah kekuatan militer selalu kalah, namun siapa sangka negara pendukung dari Palestina ini luar biasa banyaknya. Mulai dari Korea Utara, Turki hingga Rusia pun mengaku siap membantu seandainya dibutuhkan. Apalagi mengingat negara-negara tersebut juga memiliki peringkat-peringkat tinggi masalah kekuatan militer. Nah, di sisi lain, Israel hanya dibantu Amerika dan beberapa negara kecil lainnya, alhasil meskipun pertempuran berkecamuk, masih ada kemungkinan Palestina untuk bertahan dari serangan Israel.

Seperti yang diketahui, mungkin benar Palestina kalah jumlah, namun bukan berarti mereka menyerah. Buktinya sampai sekarang negara itu masih bertahan, dan tentu banyak yang membelanya. Terlepas dari semua itu, jelas konflik yang ada di dua negara itu adalah masalah bagi kita bersama.