Jangan Buru-buru Dibuang, 5 Makanan Ini Tetap Aman Dimakan Meski Udah Kadaluarsa Lho!

Ini bagus sih, tapi ternyata nggak semua makanan yang udah melewati masa kadaluarsanya membuat kita keracunan lho. Buktinya, ada kok beberapa makanan yang masih aman dimakan, walaupun udah basi. Simak penjelasannya disini ya!

1. Takut makan roti berjamur? Nggak perlu, saat jamurnya dihilangkan, rotinya masih layak makan kok!

via inspiradata.com

Roti yang ujungnya udah kelihatan jamurnya pasti bikin bergidik ngeri dan buru-buru pingin membuangnya. Tapi ternyata, bagian roti yang nggak berjamur masih aman dimakan lho. Tinggal buang bagian jamurnya, lalu nikmati sisa rotinya. Dijamin aman dan nggak akan jadi racun.

2. Keju yang berjamur di bagian luar juga masih aman ketika hanya dimakan bagian dalamnya saja

via zetizen.com

Keju yang udah berjamur juga biasanya akan dibuang lantaran takut perut kenapa-kenapa. Padahal, selama keju bagian dalamnya masih bagus, keju tersebut masih bisa dan layak dikonsumsi kok. Sama kayak roti, bagian jamurnya dihilangkan lalu keju dalamnya bisa langsung dinikmati.

3. Meski agak asam, susu bisa dikonsumsi meski tanggal kadaluarsanya telah lewat

via viva.co.id

Asalkan nggak terlalu lama sampai berminggu-minggu, susu yang udah melewati tanggal best before-nya masih layak minum lho. Emang sih rasanya sedikit asam, tapi nggak akan membahayakan tubuh. Kalau mau aman, lebih baik susu disimpan di lemari pendingin dalam keadaan tertutup rapat supaya nggak gampang basi.

4. Biskuit bisa dimakan 2 bulan atau lebih setelah tanggal kadaluarsa

via viva.co.id

Biskuit atau kue kering juga tetep bisa dimakan meskipun udah melewati tanggal kadaluarsanya. Bahkan setelah 2 bulan pun, biskuit tersebut masih aman. Yang penting jangan dibiarkan bertahun-tahun sampai akhirnya berjamur ya.

5. Begitu juga dengan keripik, masih bisa dikonsumsi 3 minggu setelah melewati masa kadaluarsa

via huffingtonpost.com

Dan satu lagi: kripik. Makanan ini juga akan tahan lama dan layak makan meski udah melewati batas tanggalnya. Lewat dari 3 minggu pun nggak masalah asalkan suhu dan kelembapan saat menyimpan kripik tersebut selalu terjaga.

So, mulai sekarang lebih teliti saat menyimpan makanan ya. Jangan sampai keseringan buang makanan cuma gara-gara basi. Ketimbang keburu basi, mending dibagiin ke temen-temen aja 🙂