Jangan Keburu Nyinyir, Ucapan Juri MasterChef Inggris Soal Rendang Crispy Ada Benernya, Lho!

Kehebohan ini bermula dari ajang memasak populer, MasterChef Inggris. Salah satu peserta yang berasal dari Malaysia, Zaleha Kadir Olpin, menyajikan rendang ayam bikinannya dalam kompetisi tersebut.

Siapa sangka, juri MasterChef Inggris, Gregg Wallace dan John Torode, bilang kalau rendang yang disajikan Zaleha nggak crispy. Nah, dari sinilah perdebatan dimulai.

Netizen Indonesia dan Malaysia bersatu padu memprotes ucapan Torode dan Wallace. Bahkan, Perdana Menteri Malaysia ikut terlibat mengomentarinya. Sebagian besar netizen menegaskan kalau nggak ada rendang crispy.

Tapi sebenernya, ucapan Torode dan Wallace nggak salah-salah amat kok. Apalagi kalau kamu paham soal “crispy” dan tekstur rendang asal Padang. Yuk ah bahas satu-satu!

Apa sih arti crispy sebenernya?

via says.com

Saat mendengar kata crispy, kamu pasti langsung memikirkan makanan dengan tekstur renyah yang bakal ngeluarin bunyi “kriuk” pas digigit. Iya, kan?

Sebenernya, makna ini nggak salah juga sih. Tapi, kalau yang kamu maksud renyah model begitu sebenernya lebih tepat pakai kata crunchy.

Selain itu, crispy juga punya arti lain, yaitu kering. Kalau nggak percaya, kamu bisa cek di kamus Oxford online atau pakai Google translate.

Editors’ Picks

  • Makanan Yang Ada Di Film Kartun Ghibli Ini Ternyata Beneran Ada Di Dunia Nyata Loh! Keren Banget!
  • Masih Nggak Suka Sarapan? 7 Kreasi Telur Ceplok Ini Bikin Kamu Semangat Sarapan Deh!
  • Eits! Hati-Hati Ya, Jangan Panaskan 8 Makanan Ini Kalau Nggak Pengen Keracunan
  • 7 Makanan Ini Dapat Menaikkan Metabolismemu Loh! Cocok Nih Buat Yang Pengen Kurus
  • 16 Makanan Yang Disajikan Dengan Super Kreatif Ini Bakalan Bikin Mulut Kamu Ngiler Seharian

Sekarang kenalan dulu sama rendang, yuk!

via nst.com

Siapa sih orang Indonesia yang nggak kenal sama rendang? Hampir semua orang Indonesia pasti tahu yang namanya rendang. Masalahnya, ada miskonsepsi alias kesalahpahaman soal rendang.

Dilansir detik.com, ahli kuliner Minang sekaligus penulis buku Rendang Traveler, Reno Andam Suri, mengatakan kalau rendang sebenernya berasal dari kata merandang.

Dalam bahasa Minang, merandang adalah proses memasak untuk menghilangkan atau menihilkan air. Jadi, rendang itu sebenernya proses masak yang akhirnya dijadiin sebutan untuk makanan.

Nggak cuma itu, ternyata masih banyak yang nggak tahu bedanya kalio sama rendang. Kamu termasuk yang tahu nggak nih?

Menurut Reno, sampai menjadi rendang, makanan akan melalui tiga tahapan dan dimasak sampai 8 jam. Awalnya makanan berbentuk gulai dengan kuah yang banyak.

Setelah 4 jam dimasak, gulai akan berubah menjadi kalio. Pada proses ini, biasanya kuah sudah jadi lebih kental dan mengeluarkan minyak. Setelah jadi kalio, api langsung dikecilkan dan dimasak sampai mengering berminyak, inilah yang disebut rendang.

Tapi, di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Pulau Jawa, kalio dengan bumbu kental inilah yang disebut rendang. Padahal, rendang sebenernya lebih kering.

Kamu pasti baru tahu kan kalau pemahaman seseorang soal rendang ternyata beda-beda. Bisa aja kan Torode dan Wallace sebelumnya pernah mencicipi rendang asli yang benar-benar kering alias crispy dan nggak menemukan apa yang mereka cari di masakan Zaleha.

Sekarang, waktunya kamu ngasih tahu temen dan sahabatmu. Biar mereka nggak buru-buru nyinyir sebelum tahu faktanya.