Jangan Sampai Kamu Jadi Prokrastinator! Praktekkin Deh 8 Tips Buat Hilangin Sifat Suka Menunda-Nunda Ini

Benar, gak? Apa kamu juga termasuk? Sebenarnya buat hilangin kebiasaan buruk ini kamu cuma perlu niat dan komitmen yang kuat. Tapi itu semua bakal percuma kalau gak didukung sama tindakan nyata.

Makanya kalau kamu udah punya niat buat berhenti jadi procastinator, coba terapin 8 tips ini deh biar niat kamu bisa berjalan dengan mulus.

1. Bangun Dan Gerak

via umad.com

Ada peribahasa yang bilang:

Lebih baik duduk daripada tidur, lebih baik berdiri daripada duduk, dan lebih baik berjalan daripada berdiri.

Kayaknya peribahasa ini cocok buat diterapin kaum penunda pekerjaan supaya lebih gesit dalam ngelakuin tugas mereka, deh. Soalnya sebesar apapun niat buat ngerjain tugas, gak akan terlaksana kalau ujung-ujungnya kita cuma diem tiduran di kasur sambil malas-malasan.

2. Bikin Pengingat

via techgreatest.com

Jangan sia-siain kecanggihan teknologi dengan ngebiarin fitur reminder di handphone kamu jadi usang gak terpakai. Biasakan untuk tulis semua agenda dan tugas kamu di reminder HP, biar kamu gak kelupaan buat ngerjain itu semua.

Kalau ini masih gak ampuh buat bikin kamu mulai bekerja, pakai reminder manual alias minta tolong orang lain buat ngingetin kamu ngerjain tugas.

3. Lingkungan Positif

via cpronline.com

Kelilingi diri kamu dengan teman-teman yang punya niat dan motivasi tinggi buat nyelesein tugas. Dengan begitu, mau gak kamu kamu bakal terbawa kebiasaan positif mereka. Perlahan-lahan kebiasaan kamu nunda-nunda pekerjaan pun bakal hilang, dan terganti sama kebiasaan yang lebih baik.

4. Pasang Badan

via amazonswatchmagazine.com

Salah satu cara drastis yang bisa bikin kebiasaan jelek ini berhenti adalah dengan ngambil peran besar dalam setiap tugas yang jadi kewajiban kamu. Kalau kamu hobi nunda tugas kuliah, coba deh buat berinisiatif jadi ketua kelompok atau maju presentasi di depan kelas. Jadinya mau gak mau kamu gak bisa mengelak dari tanggung jawab buat nyelesein tugas-tugas dengan cepat dan baik.

5. Bangun Lebih Pagi

via abduzeedo.com

Ini sih sebenarnya tips yang udah ada dari jaman dulu, kebiasaan ini memang terbukti biasa dilakuin sama orang-orang sukses kayak Bill Gates, Anna Wintour sampai Hotman Paris Hutapea. Kamu mau jadi orang sukses kayak mereka? Bangun lebih pagi yuk mulai besok?

6. Tidur Lebih Cepat

via dreams.co.uk

Senada sama poin nomor lima, tidur lebih cepat juga jadi kebiasaan andalan orang-orang sukses di dunia. Sederhananya sih dengan tidur lebih cepat, tubuh kita bisa jadi punya waktu lebih lama buat beristirahat. Otak kita juga jadi lebih fresh buat ngerjain tugas-tugas.

7. Stop Main Gadget

via inspirelle.com

Udah jadi rahasia umum kalau gadget sebenarnya bisa jadi racun versi modern. Banyak banget orang yang keasyikan main gadget sampai lupa waktu dan gak ngerjain tugas mereka. Kalau kamu mau tugas kamu selesai tepat waktu, kamu harus berkomitmen buat mulai ngurangin frekuensi kamu main gadget.

8. Rehat Dari Media Sosial

via blog.churchplus.co

Ngecekin Facebook, Twitter, atau Instagram sekilas kayak aktivitas yang gak banyak menyita waktu. Padahal nih kalau kamu hitung-hitung, waktu yang kamu habisin buat main medsos sama waktu yang kamu habisin di dunia nyata, ternyata proporsinya bisa jadi lebih besar di dunia maya loh.

Gak heran tugas-tugas kamu jadi terbengkalai. Jadi mulai sekarang, buka medsosnya kalau tugas udah selesai aja yah.

Gampang-gampang kan? Menunda ngerjain tugas atau kerjaan sekilas emang kelihatan sepele, tapi jangan biarkan kebiasaan ‘sepele’ ini menghalangi kamu jadi orang sukses di masa depan. So, udah siap buat praktekin 8 tips di atas?

Sumber: Lifehack