Jangan Sampai Salah Beli! Ini Lho Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli

Tapi, masih banyak yang bingung membedakan antara kucing anggora dan persia. Meski sama-sama memiliki bulu lebat, keduanya punya karakteristik yang cukup berbeda, kok.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

via cat-breeds-encyclopedia.com

Untuk membedakan dengan kucing ras lainnya, ada 5 ciri-ciri kucing anggora yang bisa menjadi patokan, yaitu:

1. Bentuk kepala dan telinga

Pertama, lihat bentuk kepalanya. Kucing anggora memiliki bentuk kepala yang mirip dengan kucing domestik alias kucing kampung. Wajahnya berbentuk segitiga terbalik dengan hidung yang mancung.

Begitu pula dengan telinganya. Anggora punya telinga berbentuk segitiga dan saling berdekatan dan mirip dengan kucing kampung.

2. Bentuk tubuh

Kucing anggora biasanya memiliki tubuh yang panjang dan langsing. Kucing jantan memiliki badan yang lebih besar dibanding kucing betina. Selain itu, bagian belakang tubuh anggora lebih besar daripada bagian depannya. Tonjolan tulang pun sedikit terlihat di badannya meski tubuhnya gemuk.

3. Bentuk kaki

Kucing Anggora memiliki kaki yang cukup panjang atau jenjang. Dengan bentuk kaki jenjang dan tubuh langsing, saat berjalan ia akan terlihat anggun bak peragawati.

4. Bulu dan ekor

Kucing anggora memang dikenal memiliki bulu yang cukup tebal, tapi tak setebal kucing persia. Selain itu, kamu juga cek bagian leher dan ekornya. Biasanya Anggora memiliki bulu yang lebih lebat di bagian leher dan ekor. Kalau dilihat, bulu pada ekornya bisa mengembang dan mirip dengan kemoceng.

5. Karakter

Ciri-ciri yang satu ini bisa dibilang menjadi daya tariknya. Anggora sangat senang berada di sekitar pemiliknya. Ia juga sangat aktif dan senang diajak bermain. Selain itu, anggora juga tipe yang bebas alias nggak senang dikurung.

Selain mengetahui ciri-cirinya, kamu juga harus tahu cara merawat kucing anggora dengan benar. Tujuannya agar si kucing tetap sehat dan nggak gampang terserang penyakit; kutu, jamur ataupun virus.

Editor’s Pick

  • Bicara Lewat Gerakan Ekor, Ini 5 Arti Bahasa Tubuh Kucing
  • Fotografer Ini Memotret Mata Kucing Pakai Lensa Makro, Hasilnya Bisa Bikin Kamu Bilang “Wow”
  • 7 Hal Ini Mesti Dipahami Pencinta Kucing, Biar Kamu Lebih Ngerti Apa Yang Mereka Mau

Cara Merawat Kucing Anggora

via animaliermagazine.com

Untuk merawat kucing ras memang susah-sudah gampang. Bukan cuma karena bulunya yang lebat dan mudah rontok, kucing anggora juga mudah terserang jamur, kutu, dan virus jika salah dalam merawatnya. Untuk itu, perhatikan 3 hal ini.

1. Makanan dan minuman

Minuman terbaik untuk kucing adalah air. Tapi, pastikan kamu selalu memberikan air bersih dan matang atau air mineral untuk kucing. Air mentah atau terkontaminasi bisa membuat kucing diare.

Sesekali berikan susu rendah laktosa untuk Anggora kesayangan. Hindari memberikan susu khusus manusia agar si manis nggak diare.

Sedangkan untuk makanan, kamu bisa memberikan ayam dan tempe rebus. Tapi, agar lebih praktis biasanya pemilik kucing memberikan makanan kemasan yang dijual di pet shop. Dry food atau wet food bisa diberikan, asal kucing tidak alergi.

2. Kebersihan kandang

Kalau kamu tipe orang yang dikit-dikit malas, sebaiknya kamu nggak memelihara kucing. Soalnya kamu harus rajin bersihin kandangnya. Mulai dari mencuci bersih, menjemurnya dibawah sinar matahari, dan menyemprotnya dengan disinfektan.

3. Obat cacing dan vaksin

Nah, poin terakhir ini adalah yang paling penting tapi sering dilupakan oleh pemilik kucing. Untuk menjamin kesehatan kucing kesayangan dan menghindarkannya dari penyakit, berikan obat cacing dan vaksin yang disarankan oleh dokter hewan.

Seperti manusia, untuk menghindari virus mematikan, kucing juga membutuhkan vaksin. Bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan vaksin yang tepat. Kasihan ‘kan kalau kucing sakit karena cacingan atau terserang virus mematikan.

Terakhir, kamu juga harus sederet fakta soal kucing anggora. Karena kata orang, tak kenal maka tak sayang, maka kamu wajib tahu seluk beluk kucing cantik yang satu ini.

Fakta Unik Kucing Anggora

via cat-breeds-encyclopedia.com

1. Berasal dari Turki

Seperti namanya, kucing ras satu ini berasal dari Kota Anggora, Turki. Tapi, sejak tahun 1930 kota ini disebut Ankara. Selain itu, warna mata ras asli adalah biru dengan bulu yang putih.

Pada tahun 1954, kucing Anggora pertama kali diimpor ke AS. Sejak itu, banyak perkawinan dengan ras berbeda sehingga menghasilkan keturunan yang berbeda juga.

2. Kucing pemarah

Kucing anggora dikenal sebagai kucing pemarah. Dia juga nggak akan betah lama-lama digendong atau dipegang manusia. Karena sifatnya yang energik dan suka bermain, ia lebih suka berkeliaran kemana-mana dan mencari tempat yang tinggi.

3. Harga ras asli

Budidaya kucing Anggora sangat diperhatikan oleh para pembiak kucing untuk menjaga keasliannya. Dilansir dari Wikipedia, untuk mengadopsi kucing Anggora asli kamu harus menyiapkan dana Rp4 juta sampai Rp15 juta per ekor. Biasanya, ras asli juga memiliki sertifikat yang menunjukkan keasliannya.

Tapi, saat ini sudah banyak ras Anggora yang dikawinkan dengan ras kucing lainnya sehingga harganya turun di angka ratusan ribu rupiah.

Setelah tahu seluk-beluk kucing cantik ini, kamu tertarik untuk memeliharanya nggak?