Jujur Tapi Pahit, 9 Kenyataan Hidup Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pribadi Yang Lebih Kuat

Tapi tenang… seberat apapun tantangan hidup yang sekarang kamu jalani, percaya deh semua itu bakal bisa kamu lalui dan menghasilkan kepribadian yang lebih kuat dalam diri kamu.

Kita bisa mulai dengan membaca 9 ungkapan tentang kehidupan di bawah ini. Walaupun terdengar pahit, tapi kalau kita berhasil nemuin makna dibaliknya, itu bisa membuatmu lebih kuat. Sudah siap? Kita baca yuk, guys.

1. Hidup tidaklah mudah

via playbuzz.com

Gak pernah ada yang bilang kalau hidup itu mudah buat dijalani. Coba untuk selalu melangkah lebih jauh dan berusaha lebih keras daripada hari kemarin, supaya kesuksesan ada di genggaman tangan kamu.

2. Kamu pasti akan pernah merasakan kegagalan

via newsapi.com.au

Kegagalan adalah hal yang lumrah terjadi di kehidupan manusia. Hal yang membedakan satu manusia dengan manusia lainnya mengenai hal ini hanyalah seberapa cepat kita menerima kegagalan tersebut dan bangkit untuk memperbaiki diri.

3. Informasi bukanlah pengetahuan sejati

via media.licdn.com

Semakin mudahnya kita mengakses informasi dari sekeliling kita, itu gak otomatis menjadikan kita sebagai sosok yang paling pintar di dunia ini. Informasi bukanlah satu-satunya sumber pengetahuan, karena pengetahuan bisa juga diperoleh dari pengalaman.

4. Selalu akan ada orang yang lebih dari kita

via slayerment.com

Entah itu dalam hal uang, pacar, pekerjaan, atau bahkan keluarga, akan selalu ada orang yang mempunyai hal-hal yang lebih bagus daripada yang kita punya. Ketimbang merasa sedih terus menerus karena menginginkan hal yang dimiliki orang lain, lebih baik kita bersyukur sama apa yang kita punya.

5. Kita tak bisa mengubah masa lalu

Via: i0.wp.com

Seperti yang pernah diungkapkan sama seorang Penulis bernama Maria Robinson, “Nobody can go back and start a new beginning, but anyone can start today and make a new ending.” Kamu gak akan pernah bisa mengubah masa lalu yang udah terjadi, tapi kamu bisa mengubah cara pandang kamu terhadap masa lalu itu sendiri.

6. Akan selalu ada orang yang gak suka sama kita

via theromantic.com

Inget kutipan “I am not pizza, I can’t please everyone”? Yup, kamu gak bakal mungkin bisa nyenengin semua orang. Jadi kamu gak perlu terlalu ambil pusing ketika ada satu dua orang yang gak suka sama kamu, mending kamu fokus sama hal-hal yang bikin kamu bahagia.

7. Satu-satunya orang yang bisa bikin kita bahagia adalah diri kita sendiri

via gilowveld.sites.caxton.co.za

Dasar dari kebahagiaan yang kita rasain datang dari kita sendiri, kalau kamu aja gak ngerasa bahagia sama keberadaan kamu, gimana kamu bisa berharap orang lain bisa bikin kamu bahagia?

8. Terus ngelakuin hal yang sama tiap hari bakal ngehambat diri kita untuk berkembang

via gmrtranscription.com

Kalau kau terus-terusan ngelakuin hal yang sama, maka hasil yang bakal kamu peroleh pun bakalan itu-itu juga. Kamu bisa berkembang kalau kamu berani ngelakuin perubahan. Ketika kamu mencoba hal baru, maka kehidupan kamu pun bakal berkembang.

9. Kamu gak akan pernah siap 100% menghadapi hal yang baru

via media.licdn.com

Gak ada yang bisa memungkiri ketika kita mencoba sesuatu hal yang baru, pasti ada kecemasan yang luar biasa di dalam diri kita. Tenang… hal ini normal. Semua orang pasti ngalamin, kok. Kamu cuma perlu ingat kalau hal baru yang kamu jalani pasti bakal ngasih pengalaman yang berharga buat hidup kamu.

Semoga ungkapan-ungkapan di atas bisa menambah motivasi kamu dalam ngejalanin tantangan hidup ya. Pokoknya tetap percaya aja kalau kamu bisa ngelewatin tantangan apa pun dalam hidup kamu dengan baik. Ngomong-ngomong, dari semua ungkapan di atas mana yang jadi favorit kamu?

Sumber: Marc and Angel