Ketika Robot Mengambil Alih Kerjaan Kita, Manusia Jadi Untung Atau Malahan Rugi?

Mereka Nyata Di Sekeliling Kita

Via: cdn.turner.com

Gak usah jauh-jauh dari luar angkasa atau masa depan yang masih jauh, sebenarnya keberadaan robot udah lama ada di sekitar kita. Dari dulu sampai sekarang, Jepang adalah Negara yang dikenal sebagai pionir pencipta robot di dunia, mulai dari robot yang bisa bantu beresin rumah sampai yang bisa gantiin peran suster ketika dokter melakukan operasi, semua ada di Jepang sana. Jepang memang terkenal dengan teknologinya yang udah super canggih dibandingin negara-negara lain yang ada di dunia. Maka dari itu keberadaan robot udah gak asing buat mereka.

Hal yang sama juga terjadi di Amerika Serikat sana, lewat Tesla Motors, Inc., yang merupakan sebuah perusahaan otomotif yang khusus mengembangkan mobil-sport elektrik (mobil sport dengan tenaga baterai), Amerika udah mulai bergeser dari pemberdayaan tenaga manusia dalam kehidupan sehari-hari menjadi menggunakan tenaga robot. Hal ini dibuktikan lewat penemuan terbaru Tesla yang menciptakan sebuah mobil semi truk yang gak butuh supir buat jalan alias bisa mengendarai dirinya sendiri.

Sekilas penemuan ini terdengar keren banget, tapi kebayang gak kalau keberadaan mobil ini bisa bikin jutaan supir mobil di Amerika jadi pengangguran?

Keberadaan Robot Menguntungkan Atau Malah Ngerugiin Manusia?

Via: imeche.org

Hal ini lah yang jadi perdebatan sampai sekarang: sebenarnya keberadaan robot-robot yang ada di dunia itu bisa mempermudah kehidupan kita atau malah bikin kita jadi sengsara, sih? Soalnya kalau semua kerjaan di dunia bisa dikerjain sama robot terus manusia kerja apa? Jawabannya sebenarnya ada di diri kita sendiri sih, mungkin kalau untuk pekerjaan-pekerjaan teknis keberadaan robot dianggap menguntungkan manusia karena bisa bikin pekerjaan jadi lebih cepat dan mudah.

Tapi, kalau untuk pekerjaan yang ngebutuhin ide atau gagasan, kayaknya sampai kapan pun gak akan bisa digantiin sama keberadaan robot karena ide dan gagasan itu cuma kita yang punya.

Nih, biar gak parno, coba lihat video di bawah ini, deh. Video ini nunjukin robot yang udah bisa berjalan dan back flip layaknya manusia, keren banget!

Jadi sebenarnya kita sebagai manusia gak perlu khawatir dan ngerasa tersaingin sama robot, karena pada dasarnya yang nyiptain mereka adalah kita, jadi seharusnya level kita ada di atas mereka. Lagipula buat hidup di dunia gak cuma perlu kemampuan motorik loh, tapi juga akal dan perasaan.

Keren, kan? So, ketimbang jadi parno sama keberadaan robot, mending jadiin mereka sebagai motivasi kamu buat selalu ningkatin skill kamu supaya nanti gak tergantikan sama robot.