Ketika Whatsapp Tak Lagi ‘Merakyat’, 5 Aplikasi Ini Bisa jadi Alternatif Agar Chatting Jalan Terus

Tren Whatsapp yang sempat mengalami “down” beberapa kali, kini kembali terjadi pada saat malam tahun baru 2018. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada kenyamanan pengguna saat digunakan. Dikabarkan juga, Whatsapp tidak lagi berjalan pada perangkat Blackberry dan sistem iOS maupun Android lawas. Sebagai alternatif, berikut ini ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan jika Whatsapp milikmu bermasalah.

Callind, Bisa Chattingan Meski Belum Tersimpan di Daftar Kontak

Jika Whatsapp kembali mengancam untuk stop beroperasi di hape tertentu, maka sudah saatnya kita mencoba Callind sebagai aplikasi alternatif pengganti. Selain asli buatan Indonesia, Callind yang merupakan aplikasi chatting ini, mempunyai fitur penting yang bakal bikin dirimu yakin untuk move on dari Whatsapp.

Chattingan tanpa harus add contact dulu [image source]

Selain sebagai perangkat chatting seperti umumnya, Callind ternyata dilengkapi fitur anti hoax dan mencegah penyebaran konten porno. Yang menarik, pengguna aplikasi ini dapat menemukan sesama pengguna Callind dalam radius 100 Km meski belum tersimpan sebagai kontak. Jadi, bakal gak galau lagi meski tanpa Whatsapp.

Allo, Ngobrol Lebih Seru dengan Sticker Gratis yang Lebih Variatif

Google Allo yang merupakan Aplikasi chatting buatan Google, bisa menjadi alternatif jika Whatsapp mendadak harus “pamit” dari ponselmu. Tidak kalah, Google Allo juga dilengkapi dengan fitur yang juga ada pada Whatsapp seperti kirim pesan, gambar, video dan lain-lain.

Chattingan lebih seru dengan sticker keren dan gratis [image source]

Selain itu, bagi yang suka ngobrol dengan sticker, aplikasi ini juga menawarkan stiker gratis dan lebih bervariasi dibandingkan dengan Whatsapp. Dengan kelebihan yang dimiliki, Goolge Allo bisa membuat hobi chatting-mu lebih hidup dan bervariasi dengan fitur-fitur didalamnya. So, meski tanpa Whatsapp, chatting must go on!

Telegram, Bisa Kirim File Dengan Ukuran Extra Besar Hingga 1 GB

Banyaknya masalah dan kasus yang terjadi pada performa Whatsapp, membuat pengguna di Indonesia melirik Telegram sebagai aplikasi alternatif untuk berkomunikasi. Dengan tampilan yang ringkas dan ditunjang performa yang mumpuni, Telegram akan sukses membuat barisan mantan pengguna Whatsapp luluh.

Kirim file dengan ukuran “Extra”, enteng aja tuh! [image source]

Dengan tampilan yang bersih dan ringkas, Telegram menjanjikan fitur perlindungan obrolan yang lebih aman daripada Whatsapp. Selain itu, Telegram juga mampu mengirim file dengan ukuran superbesar hingga mencapai 1GB. Yang paling penting, aplikasi ini tersedia gratis dan tanpa iklan, sama seperti Whatsapp.

Imes, Mulai Obrolan Seru di Grup yang Sanggup Diisi Hingga 2000 Member

Jika Whatsapp nggak lagi bisa dipakai di hapemu, jangan keburu galau. Sebagai alternative pengganti, bisa menggunakan IMES alias Indonesia Messenger. Mengusung jargon “Karya Anak Bangsa”, aplikasi ini bisa mengobati kerinduan chatting-mu setelah ditinggal pergi oleh Whatsapp.

Masukin member di grup sampai “tumpeh-tumpeh” [image source]

Sebagai informasi, Aplikasi yang dikembangkan oleh perusaahaan asal Jakarta ini, menawarkan fitur grup yang bisa diisi hingga mencapai  2 ribu anggota sekaligus. Selain itu, IMES juga mampu menggabungkan berbagai macam fitur seperti percakapan, kicauan twitter maupun postingan dari media sosial lainnya menjadi satu tempat dalam aplikasi yang sama.

Stealth, Lebih Aman Chatting Tanpa Khawatir Pesan Diintip Orang Lain

Untuk sekedar mengakomodasi kebutuhan chatting harian, aplikasi Stealth Messenger buatan Start-up asal Jakarta ini, bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengurangi efek Whatsapp-isme. Aplikasi chatting ini diklaim menggunakan teknologi kemanan super ketat, setara dengan Whatsapp dan Signal.

Bakal aman dari penyadapan nih! [image source]

Selain fitur anti sadap obrolan yang disematkan, Stealth Messenger juga dilengkapi dengan tampilan yang ringkas dan mudah digunakan. Ada pula fitur penghancur pesan secara otomatis dari setiap obrolan yang dikirimkan kepada sesama pengguna. Saking amannya, fitur yang bernama screenshoot proof, bakal mencegah semua bentuk gambar hasil screenshot yang dikirimkan.

Sebenarnya ada benarnya ketika Whatsapp bilang kalau mereka akan stop beroperasi di device dan OS tertentu, mengingat biayanya pasti gede banget kalau harus terus mempertahankan hape lama. Tapi, nggak perlu khawatir juga karena nggak hanya WA, tapi banyak apps chat lain yang bisa dipakai. Apalagi rekomendasi di atas ada juga yang buatan dalam negeri.