Kisah Haru Aisyah Bahar, Calon Pengantin yang Tutup Usia Saat Tadarus Al-Quran

Memiliki sedikit kesamaan, seorang gadis asal Makassar ini meninggal dunia ketika sedang tadarus Al-Quran. Keluarga, kerabat, dan teman dekat banyak yang tak menyangka kejadian ini, namun tetap merelakan sosok tersebut pergi karena dirasa sudah siap menghadapi ajal yang menjemput. Kisah lengkapnya akan disajikan dalam ulasan berikut.

Siapakah Aisyah Bahar?

Mungkin banyak orang bertanya-tanya, siapa sih Aisyah Bahar ini sebenarnya? Mengapa berita kematiannya menjadi viral? Bukan hanya kondisinya saat dipanggil Tuhan saja yang membuat dirinya didoakan banyak orang. Namun, latar belakang dirinya pun patut diperhitungkan.

Aisyah Mahasiswa Unhas [image source]

Pemilik nama asli Aisyah Ira Susmita Baranti atau lebih akrab dipanggil Ica ini merupakan alumni Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan. Bukan hanya sekedar alumni, Ica pun disebut sebagai salah satu lulusan terbaik di sana. Selain pintar, ia pun dikenal sebagai sosok yang cantik dan religious. Tak ayal, jika kepergiannya menjadi duka bagi banyak orang.

Video yang Disebut Sebagai Tanda Menjelang Kepergiannya

Ica merupakan salah seorang netizen yang aktif dalam sosial media. Dilansir dari akun facebooknya, ia bahkan sempat mengunggah video berdurasi satu menit tentang kisah cintanya. Meski hanya sebuah video, Ica terlihat sangat sedih di sana, karena ia disebut akan melaksanakan pernikahannya dalam waktu dekat.

Banyak teman-teman dekatnya yang menganggap bahwa Ica sudah berpamitan lewat video tersebut. Bahkan sekarang video Ica sudah berkali-kali ditonton karena banyak pihak yang ingin tahu seperti apa pesan terakhir dirinya sebelum kembali menghadap-Nya.

Proses Berpulang yang Diinginkan Semua Umat Muslim

Bagimana Ica menghembuskan nafas terakhirnya juga merupakan salah satu faktor kenapa sosoknya menjadi viral sekarang. Dilansir dari tribunnews.com, Ica meninggal dunia ketika sedang tadarus Al-Quran seusai solat subuh. Lebih istimewanya lagi, ia meninggal dunia dalam keadaan sedang puasa sunnah.

Khusnul Kotimah [image source]

Kronologi Ica menghembuskan nafas terakhirnya juga sangat dramatis, membuat kita tak kuasa membendung air mata. Ketika sedang membaca Al-Quran, tiba-tiba Ica mengucap “La Ilahaillallah,” dan terjatuh pingsan di pangkuan ayahandanya. Sang ayah pun seketika terkejut melihat apa yang disaksikannya, putri kebanggaannya sudah tak bernyawa.

Bukan Sekali Ini Ayah Aisyah Mengalami Hal Serupa

Ternyata, proses berpulang yang diimpikan semua umat muslim ini sudah pernah dialami oleh kedua anak Bahar—ayah Aisyah, yang lain. Sebelum Ica berpulang, kedua kakaknya telah mendahuluinya. Sama seperti Ica, kedua kakaknya pun meninggal dalam kondisi yang tidak diduga-duga.

Foto Keluarga [image source]

Andi Ibrahim, kakak pertamanya meninggal saat melaksanakan salat sunnah tasbih menjelang bulan Ramadhan, dalam keadaan bersujud. Sedangkan, Andi Asri, kakak keduanya, meninggal ketika sedang melakukan tahiyat akhir dalam salatnya. Semua orang pun takjub dengan fakta ini.

Kadang sebagai manusia, kita sering lupa bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara. Kecantikan dan bahkan harta benda tidak akan dibawa sampai mati. Maka dari itu, di hari Jumat yang penuh berkah ini ada baiknya jika kita memperbanyak amalan serta mendoakan yang terbaik bagi Ica yang sudah berpulang ke pelukan-Nya.