Mahasiswa Masuk! 5 Tips Manajemen Waktu Ini Bikin Jadwalmu Nggak Keteteran Lagi

Pernah ngalamin kejadian kayak diatas? Kalau iya, mungkin kamu belum bisa mengatur waktu dengan bijak. Makanya, yuk coba cek 5 tips manajemen waktu yang dilansir dari Topuniversities berikut ini. Semoga bisa membantu kamu yang sering keteteran ya!

1. Tahu apa yang harus dilakukan

Banyak orang nggak tahu apa yang harus mereka lakukan setiap harinya. Banyak waktu yang akhirnya terbuang karena nggak adanya rencana dan prioritas. Ini yang biasanya bikin tugas kuliah jadi terabaikan, dan baru akan selesai di menit-menit terakhir. Jadi, usahakan kamu udah tahu urutan kegiatan yang bakal kamu lakuin.

2. Buat jadwal harian

Sama kayak jadwal perkuliahan setiap harinya, buat jadwal harian yang bisa kamu jadikan patokan dalam melakukan kegiatan; kapan kamu harus belajar, tidur, dan bersosialisasi. Anggap jadwal harian ini layaknya jadwal kuliah, dan itu bisa bikin kamu mau nggak mau harus patuh sama jadwal tersebut.

Menjaga konsistensi pada jadwal yang harus kamu lakukan bakal bikin manajemen waktu kamu lebih rapi.

3. Fleksibel tapi realistis

Udah ada jadwal bukan berarti kamu nggak bisa improvisasi. Misalnya kamu udah ada janji sama temen nanti siang tapi ternyata nggak jadi karena sesuatu hal. Pastinya waktu luang yang di luar dugaan ini bisa dimanfaatin untuk kegiatan lain yang lebih produktif dan pastinya realistis. Jangan waktu luang yang cuma satu jam, kamu gunakan untuk nonton yang menghabiskan waktu dua jam lebih.

4. Luangkan waktu untuk membuat planning

Membuat perencanaan bisa bikin kamu punya bayangan kira-kira kegiatan apa aja yang bisa kamu lakukan selama seminggu atau bahkan sebulan. Selain mencari waktu yang tepat, kamu juga bisa memprediksi kemampuan kamu. Jangan semua kegiatan direncanakan tanpa tahu kamu siap apa nggak menjalani semuanya.

Membuat perencanaan adalah mengukur kapasitas diri kamu dengan waktu yang ada.

5. Pantang untuk menunda

Menunda adalah salah satu ‘penyakit’ orang-orang yang bermasalah dengan waktu. Menunda nggak akan membuat pekerjaan menjadi mudah, tapi malah tambah rumit karena tekanan yang didapat juga jadi lebih besar. Usahakan untuk tidak menunda kegiatan yang udah terjadwal. Perhatikan juga deadline biar kamu bisa tahu berapa lama kegiatan itu harus terselesaikan.

Untuk awal memang nggak gampang menerapkan hal-hal di atas. Coba praktekin dulu untuk seminggu pertama dan lanjut ke minggu ke dua dan seterusnya. Dengan mencobanya secara bertahap, kamu juga bisa tahu kendala-kendala apa aja yang menghambat kamu selama ini.

Sudah siap mengatur waktu kamu jadi lebih efisien?