Masih Asing Sama Istilah Cyber Security? Ada Yang Mau Disampaikan Sama Anak Kecil Yang Satu Ini Nih!

Cyber Security Di Tangan Seorang Anak Kecil

Via: images.csmonitor.com

Tampilannya yang sederhana dan gak jauh berbeda sama anak kecil pada umumnya, pasti bakal bikin kamu gak nyangka kalau bocah kurus berusia 11 tahun yang berasal dari Texas ini ternyata jago banget soal keamanan berinternet. Nama bocah ini adalah Reuben, dia mulai tertarik sama hal-hal yang berbau keamanan berinternet sejak dia sering ngedenger Ayahnya yang juga bekerja di bidang ini telfonan sama orang kantornya buat ngebahas pekerjaan mereka. Suatu hari ketika Ayahnya sibuk berdiskusi sama rekan kerjanya, Reuben sering banget tiba-tiba nyeletuk poin-poin yang kelupaan dibahas sama mereka.

Hal ini otomatis bikin Ayahnya mulai sadar kalau Reuben punya bakat alami di bidang Cyber Security. Sejak itu Ayahnya mulai nunjukin dukungan yang serius buat ngembangin bakat Reuben di bidang ini. Hasilnya di luar dugaan, cuman dalam beberapa bulan Reuben berhasil nge-hack sebuah smartphone dan nyiptain program aplikasi palsu yang didesain menyerupai sebuah permainan. Cukup ngeklik aplikasi ini, maka Reuben bisa memiliki akses langsung ke gadget yang dimiliki korban dan nyalain fitur kamera di gadget tersebut. Wih… mantap tapi serem juga, ya.

Bob Si Boneka Penyampai Pesan

Via: Freepik.com

Gak cuman itu, bakat Reuben terus berkembang ke arah yang lebih baik. Dengan dukungan penuh dari lingkungannya Reuben berhasil nyiptain sebuah fitur perekam pesan yang dipasang di sebuah boneka yang ia beri nama Bob. Fitur ini mungkin terdengar biasa aja, tapi kalau kamu tahu fungsinya dijamin mulut kamu bakal menganga selebar-lebarnya. Jadi, fitur perekam suara ini gak cuma berfungsi ngerekam suara dari anak yang punya boneka, tapi juga bisa nerusin pesan itu ke gadget yang dimiliki orang tua si anak. Fitur ini diharapkan bisa menjadi alat bantu edukasi buat anak-anak supaya bisa segera ngehubungin orang tua mereka kalau ada hal yang gak diinginkan terjadi sama mereka. Keren banget, ya.

Ketika ditanya soal apa pendapat dia tentang keamanan berinternet? Reuben bilang kalau yang paling diperluin buat ngelindungin user internet bukan lah firewall, melainkan kesadaran kalau berinternet itu juga punya risiko keamanan sama kayak dunia nyata. Kesadaran ini lah yang coba dibangun sama Reuben lewat perusahaan yang dia namain CyberShaolin karena terinspirasi dari hobinya berlatih kungfu Shaolin. Lewat perusahaan ini Reuben ngelatih anak-anak tentang dasar keamanan berinternet. Bentuk simbol prestasi yang diberikan pun lucu banget, murid yang baru masuk dikasih sabuk putih sebagai tanda mereka baru mulai belajar dan seiring perkembangan yang mereka capai lewat kursus online yang diadain Reuben, mereka bisa memperoleh sabuk hitam digital sebagai simbol prestasi tertinggi mereka.

Reuben adalah sosok nyata yang menjadi bukti kalau usia bukan halangan buat berkonstribusi dalam hal yang berguna buat dunia. Asalkan kamu tahu minat kamu apa dan tekun mendalami minat itu, maka kamu bisa jadi orang sukses dan berguna buat banyak orang. Setelah membaca kisah inspiratif dari Reuben ini, semoga kamu jadi termotivasi buat makin waspada dalam berinternet ya!