Masih Ingat dengan Home Alone? Film Satu ini Ternyata Menyimpan Banyak Fakta Menarik, Lho!

Apa saja kira-kira fakta tersebut? Ini dia daftarnya.

1. Awal mula Home Alone

Ide awal mula terciptanya Home Alone terjadi ketika John Hughes tengah membuat film Uncle Buck yang juga dibintangi oleh Macaulay Culkin. FYI, John Hughes adalah sutradara film yang cukup populer, dia lah orang yang menggawangi film-film keluarga populer seperti Home Alone 1-4, Baby’s Day Out, 101 Dalmatians, Beethoven, dan masih banyak lagi. Back to the topic, bahkan Hughes juga mengambil scene di Home Alone yang hampir mirip dengan Uncle Buck. Pada film Uncle Buck, Culkin menginterogasi calon babysitter melalui lubang surat di pintu, pada film Home Alone, Culkin berkonfrontasi dengan Daniel Stern, sang bandit, lewat pintu anjing.

Uncle Buck via ew.com

2. Peran Kevin McCallister ditulis  secara spesifik untuk Macaulay Culkin

via thoughtcatalog.com

Hanya saja, entah apa alasan Chris Columbus tetap melakukan audisi kepada lebih dari 100 orang anak untuk peran tersebut. Padahal sudah pasti Culkin yang akan mengambil peran sebagai Kevin. Kasihan, ya.

3. Film Home Alone merupakan pemegang Guinness World Record

via KiwiReport

Pada akhir pekan pembukaan, Home Alone langsung merajai box office dengan mengantongi $17,081,997 (sekitar Rp 230 M) di 1202 bioskop. Film ini dengan nyamannya bertengger di peringkat pertama selama 12 minggu berturut-turut dan tidak lepas dari posisi top 10 sampai bulan Juni tahun depannya. Film ini menjadi yang paling laris pada tahun 1990 dan mendapatkan Guinness World Record sebagai komedi live-action paling laris di dalam negeri.

4. Kesuksesan Home Alone tidak hanya menghasilkan sekuel

via Amazon UK

Setelah kesuksesan Home Alone merajai box office Amerika pada tahun 1990, Columbus dan Hughes melanjutkan kisah Kevin pada Home Alone 2, 3, dan 4. Akan tetapi, kesuksesan Home Alone tidak hanya menginspirasi pembuatan sekuel-sekuel tersebut, tapi juga turut ikut serta melahirkan 3 video game, 2 board games, novelisasi, dan merchandise Home Alone. Wow.

5. Rumah McCallister menjadi spot wisatawan yang cukup populer

via FLICKR / CC BY-SA 2.0

Rumah yang terletak di 671 Lincoln Avenue, Winnetka, Illinois, ini menjadi saksi bisu kesuksesan Home Alone. Di rumah ini lah Kevin kecil berjuang seorang diri melawan perampok yang akan menggarong rumahnya. Pada tahun 2012, pemilik rumah ini, John dan Cynthia Abendshien, menjualnya seharga $1,5 juta (sekitar Rp 21 M).

6. Semua scene film diambil di Chicago

via cbc.ca

Meski alur cerita Home Alone menceritakan tentang keluarga McCallister yang berlibur ke Paris dan meninggalkan Kevin sendirian di Illinois, semua scene sebenarnya diambil di sekitaran Chicago. Mulai dari bandara, kursi kelas bisnis dalam pesawat, sampai basement yang kebanjiran. Bandara yang memperlihatkan suasana di Paris-Orly Airport diambil di O’Hare International Airport, kursi kelas bisnis diambil di lapangan basket di salah satu SMA lokal, bahkan kolam renang sekolah tersebut disulap menjadi basement rumah Kevin yang kebanjiran.

7. Totalitas Joe Pesci menjadi si bandit Harry Lime

via Refinery29

Demi menciptakan suasana yang nyata saat syuting, Joe Pesci sengaja menghindari Macaulay Culkin di lokasi syuting supaya aktor muda tersebut benar-benar ketakutan kepadanya. Bahkan sempat ada kejadian yang tidak mengenakkan bagi Culkin. Pada film pertama Home Alone, ketika para bandit menggantung Culkin di gantungan jas, Pesci berkata akan menggigit semua jari Culkin satu per satu. Dan ketika latihan, Pesci benar-benar menggigitnya sampai merusak kulitnya. Hiii.

8. Tarantula yang ada di wajah Marv ternyata beneran

via 20TH CENTURY FOX

Apa kamu ingat ada salah satu scene dimana Kevin meletakkan tarantula di wajah Marv? Ternyata itu tarantula beneran! Daniel Stern pun juga setuju ada adegan itu, tapi dengan syarat hanya dilakukan dalam sekali take. Hanya saja, dia tidak benar-benar berteriak pada saat laba-laba tersebut ada di wajahnya, dia hanya berekspresi seperti orang teriak dan setelah itu melakukan dubbing. Hal ini perlu dilakukan karena dia tidak ingin mengagetkan si laba-laba.

9. Ingat cuplikan ini? Kamu tidak perlu repot-repot mencarinya

Meski kamu tertarik dan berusaha sekuat tenaga mencari film yang berjudul Angels with Filthy Souls, kamu tidak akan menemukan film tersebut, karena film itu hanya untuk keperluan syuting film saja, sehingga kamu tidak akan menjumpai versi lengkapnya di mana pun.

10. Pak tua Marley ini awalnya tidak ada di skenario asli

via Daily Express

Tetangga yang terlihat menyeramkan, namun ternyata baik, ini lah yang mengajarkan pentingnya keluarga kepada Kevin. Yang mengejutkan, Pak tua Marley yang diperankan oleh Roberts Blossom ini awalnya nggak ada di skenario asli Home Alone. Columbus memutuskan untuk memasukkan karakter ini untuk menambahkan kesan sentimental pada film ini. Dan, langkah yang diambil Columbus ini terbukti sukses!

Nah, dari 10 fakta di atas, mana yang paling mengejutkan buatmu? Jangan lupa utarakan pendapatmu di kolom komentar, ya.