Masih Main Bajakan? Nih 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Main Game Bajakan Mulai Sekarang!

Bahkan dulu saya sempat mempunyai pikiran seperti itu. Ya, saya suka memainkan game bajakan yang bisa diunduh dari situs-situs tertentu. Tapi seiring berjalannya waktu, pikiran semacam itu pelan-pelan mulai tergerus. Setelah mendapat ‘hidayah’ saya lebih memilih untuk membeli, mau itu game PC atau mobile.

Apa saja hidayah yang saya dapatkan sehingga lebih memilih membeli game asli?

1. Sarang virus/malware/adware

via GBHackers

Game-game bajakan sering dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab untuk menyisipkan virus, malware, adware, atau backdoor yang dapat membahayakan gawai, baik itu PC maupun mobile. Terlebih biasanya sebelum mengunduh game atau apk tertentu, kita disuruh untuk mematikan antivirus, antimalware, atau firewall di perangkat sehingga game bajakan dapat di-install tanpa kendala.

Sebelum tobat, laptop saya pernah menjadi korban keisengan oknum-oknum tersebut. Setelah berhasil mengunduh dan install, sehari kemudian tiba-tiba saja performa menjadi lambat, sering freeze, bahkan CPU dan disk 100% terus. Setelah berpetualang di jagat internet, akhirnya coba install anti malware dan ternyata ditemukan banyak sekali malware!

Hmm… Untung nggak sampai rusak parah.

2. Nggak ada jaminan game yang kamu unduh berjalan lancar

Meskipun kamu berhasil unduh dan install game incaran, tapi nggak ada jaminan kalau game yang kamu jalankan bakal bisa dimainkan dengan mulus. Entah ada fitur yang nggak bisa digunakan, kadang not responding, atau ada fitur unik yang digunakan oleh pihak pengembang untuk mencegah pembajakan, seperti di video ini.

Editor’s Pick

  • Terlalu Kuat! Kamu Pasti Nggak Mau Punya Musuh Kayak 5 Karakter Game Ini di Dunia Nyata
  • Ketika Game GTA Dibuat Versi Kehidupan Nyata, Hasilnya Keren Banget!
  • Percaya Nggak kalau Death Stranding Bakal Jadi Game yang Unik dan Anti-Mainstream?

3. Diskon menjamur

via gHacks Technology News

Game ori mahal? Nggak juga!

Kalau ada yang bilang game ori mahal, mungkin dia mainnya kurang jauh. Soalnya hampir di setiap event kamu bakal sering nemu promo diskon besar-besaran, mau itu di Steam, GOG, atau Origin. Entah itu promo imlek, natal, summer sale, sampai winter sale. Bahkan kamu bisa nyewa game kalau nggak pengin beli.

Untuk game baru AAA memang mahal sih. Tapi kamu bisa mengakalinya dengan menunggu beberapa bulan. Tunggu sampai ada diskon! Kalau pas beruntung, kamu bisa nemu game AAA gratis juga kok. Kalau nggak percaya, saya pernah dapat Assassin Creed, Prince of Persia, Watchdog, sampai Pay Day gratis lho.

4. Bisa beli bundle

via kotaku.com.au

Bundle ini maksudnya kamu bisa mendapatkan beberapa game dengan harga yang cukup terjangkau. Kalau kamu sering main-main di area ini, pasti familiar sama Humble Bundle dan GOG. Kalau masih asing dengan dua situs tersebut, cobalah berkunjung ke sana, jangan terlalu sering main ke Ski***w atau nos***m.

Pengin cari alternatif dari Humble Bundle dan GOG? Kamu bisa mampir ke sini.

Percaya deh, ketika kita memainkan game yang kita beli, ada kebanggan tersendiri yang dirasakan. Selain itu dengan membeli game tersebut kamu sudah membantu pihak developer untuk terus mengembangkan game mereka, atau membuat karya-karya baru yang dapat memuaskan gamer.

Coba deh posisikan dirimu sebagai pengembang game. Sudah menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya, eh hasil kerjamu malah dibajak orang lain. Kesel nggak tuh?