Masih Mencari Tujuan Hidupmu? Yuk, Terapkan Konsep Ikigai Untuk Masa Depan Yang Lebih Bahagia

Konsep ikigai memiliki arti sebagai suatu hal yang dapat membuat hidup lebih berharga dan bahagia. Di Jepang, khususnya di daerah Okinawa, ikigai dipercaya sebagai kunci untuk berumur panjang dan hidup bahagia.

Lalu, bagaimana ikigai dapat membuat seseorang mendapatkan dua hal itu? Berikut penjelasannya.

via alyjuma.com

Kunci untuk meraih umur panjang dan kebahagiaan adalah dengan menemukan tujuan hidupmu yang sesungguhnya.

Jika sampai detik ini kamu belum menemukan tujuan hidupmu, maka kamu akan terus menerus mengeluh tentang pekerjaan dan nasib. Hal itu bisa menyebabkan stres dan berbagai penyakit seperti darah tinggi. Karenanya, kamu bisa menerapkan konsep ikigai yang dimulai dengan bertanya pada diri sendiri.

Apakah kamu sedang berada di zona kesedihan?

via medbroadcast.com

Mencari tujuan hidup memang tidak semudah ngebalikkin telapak tangan. Tapi, Journal of Research in Personality pada tahun 2016 melakukan riset pada pengaruh ikigai terhadap seseorang. Hasilnya adalah meskipun seseorang hanya punya sedikit tujuan hidup, tapi tujuan tersebut akan membawa pendapatan yang lebih tinggi dan kesehatan yang lebih baik.

Kamu tidak perlu menemukan keseluruhan tujuan hidupmu secara sekaligus; tapi cobalah mencari hal-hal yang bisa menjadi tujuan hidupmu sedikit demi sedikit. Perlahan tapi pasti, kamu akan menemukan tujuan hidup yang sesungguhnya dengan bantuan konsep ikigai ini.

Hiduplah dengan tujuan

via huntcliff.org.uk

Untuk mencari ikigai kamu, Cobalah jawab empat pertanyaan di bawah ini. Jika kamu berhasil menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut maka itu bisa menghasilkan tujuan hidupmu.

  1. Apa yang kamu sukai/cintai?
  2. Apa yang menjadi keahlianmu?
  3. Apa yang dunia ini butuhkan darimu?
  4. Apa yang bisa membuatmu diberikan gaji/bayaran?

Keempat pertanyaan di atas juga berguna untuk menambah arti dan nilai hidupmu agar lebih bermakna. Dan akan lebih baik juga jika kamu bisa menemukan benang merah dari keempat pertanyaan di atas.

Konsep Ikigai seseorang bisa berubah

Seperti halnya manusia yang cenderung berubah-ubah, konsep ikigai pada hidup seseorang juga bisa berubah. Faktor usia ataupun kondisi tempat tinggal bisa mempengaruhi perubahan ikigai seseorang. Tapi, ingatlah walaupun ikigai berubah, tapi intinya (yaitu suatu hal yang bisa membuatmu bahagia) tidak akan berubah.

Ingin tahu lebih jelas mengenai ikigai? Coba pahami video di bawah ini.

via youtube.com/lavendaire

Yuk, temukan Ikigaimu dan raih kebahagian hakiki

Sumber: Curiosity