Mau Tahu Cara Belajar Dan Memahami Sesuatu Dengan Cepat? Tips Ala Elon Musk Ini Bisa Kamu Coba

via studentpreneur.com

Wuihh, kebayang ‘kan gimana suksesnya Elon Musk? Nah, yang jadi pertanyaannya, gimana sih caranya Elon Musk bisa sesukses sekarang?

Sedikit mengulik latar belakangnya, Musk punya masa kecil yang lumayan sulit karena perceraian kedua orang tuanya. Semenjak kecil dia sangat gemar membaca dan belajar. Musk mulai menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan teknik komputer semenjak umurnya menginjak 10 tahun.

Pada usia 12 tahun, Musk berhasil mempelajari pemograman dan membuat kode komputer untuk sebuah game berjudul Blastar dan dia berhasil menjual kode tersebut dengan harga $500.

Musk sempat berpindah dari Afrika Selatan yang merupakan tempat lahirnya ke Kanada untuk bersekolah. Di bangku kuliah, dia berhasil meraih double degree setelah memperoleh gelar S1 di bidang Ekonomi dan bidang Fisika dari University of Pennsylvania.

via techno.okezone.com

Nah, jadi sebenernya gimana sih supaya bisa sukses seperti Elon Musk? Baca latar belakangnya nggak ada yang aneh-aneh banget, ‘kan? Nih, salah satu kuncinya terletak pada bagaimana pendekatan belajarnya.

1.Fundamental principal

Jadi gini, guys. Elon Musk pernah berbagi informasi dalam wawancaranya dengan Reddit AMA di tahun 2015 tentang teknik yang digunakannya dalam mempelajari sesuatu.

via ted.com

Hal yang penting adalah, kata Musk, kita harus mengerti  pokok yang paling dasar atau utama ketika kita mempelajari sesuatu. Contohnya adalah ketika mempelajari sebuah pohon, maka kita harus mengetahui karakteristik dari batang, dahan, dan juga akarnya terlebih dahulu, sebelum kita mempelajari daun atau buah apa yang dihasilkan oleh pohon tersebut.

Jadi, menurut Elon Musk, hal yang paling penting dalam mempelajari sesuatu adalah kita harus mengerti dulu dasar dari hal tersebut.

2. Metode transfer

Lalu, bagaimana cara untuk dapat memahami dasar suatu hal secara cepat? Dalam hal ini Elon Musk menggunakan metode transfer. Metode transfer yang dimaksud di sini adalah menghubungkan sesuatu yang kita sudah pelajari di suatu bidang, lalu menerapkannya ke bidang yang lain.

Contohnya, dalam kasus Elon Musk, dia bisa menerapkan apa yang dia tahu tentang software dan teknologi di industri aerospace.

Dengan kata lain, dia bisa menemukan benang merah dari segala sesuatu yang dia pelajari. Untuk lebih mudahnya, meminjam kata-kata dari profesor psikologi UCLA Keith Holyoak, kita bisa bertanya pada diri sendiri ketika mempelajari suatu hal: “Apa hal ini mengingatkan saya pada hal yang lain, ya? Kenapa hal ini mengingatkan saya pada sesuatu?”

Contoh gampangnya begini deh: kalau kamu main biliar, apa pantulan dan gerak bolanya mengingatkan kamu akan sesuatu? Ya, bisa jadi pergerakan bola yang kamu sodok itu mengingatkan kamu pada bentuk segitiga. Dengan begitu, kamu telah menerapkan pengetahuan kamu akan bangun datar ke permainan biliar.

3. Kuasai banyak hal dan pengetahuan

Mungkin ada orang yang bilang kalau kita mempelajari semua hal dan tidak berfokus pada satu hal saja, kita bisa berakhir dengan tidak mempelajari apa pun. Tapi, Elon Musk dan banyak orang hebat lainnya membuktikan kalau kita bisa mempelajari banyak hal dan menguasai beberapa di antaranya.

Caranya? Ya kamu bisa coba memahami prinsip dasar dan mengaplikasikan metode transfer.

Nah, jadi gimana, guys? Kamu sudah siap untuk mempraktikkan teknik dari Elon Musk? Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Sumber: Curiosity