Melihat Warna Saat Mendengar Musik? 5 Orang Terkenal Ini Adalah Bukti Hal ini Mungkin Terjadi

Dilansir dari mentalfloss.com, Synesthesia adalah kondisi dimana beberapa indera bergabung menjadi satu. Kalau kamu memiliki kondisi ini, bisa jadi kamu akan menghubungkan warna dengan angka dan huruf atau melihat warna ketika mendengar suara, bahkan ada yang mengasosiasikan hari dengan bentuk. Banyak peneliti yang memperdebatkan hal yang menimbulkan kondisi ini tapi semua setuju bahwa kondisi ini sifatnya neurologis (berhubungan dengan otak) dan ada kaitannya dengan genetik. Jenis synesthesia yang paling sering terjadi adalah grapheme-colors (dimana angka dan huruf menghasilkan warna) dan chromesthesia (dimana suara menghasilkan warna dan bentuk).

Tentunya, kondisi ini justru lebih sering memiliki banyak kelebihan dan digunakan orang-orang kreatif untuk menghasilkan karya yang menakjubkan. Seperti kelima orang ini misalnya…

1. Vincent Van Gogh

Vincent Van Gogh via biography.com

Pelukis terkenal dari awal abad 20 ini sering disalahpahami ketika dia masih hidup dan baru diakui bakatnnya ketika dia sudah meninggal. Van Gogh memiliki chromesthesia ketika dia menghubungkan warna dan suara. Sayang sekali, bagi Van Gogh kondisi ini malah menjadi rintangan baginya karena ketika dia belajar piano di tahun 1885 dan gurunya mengetahui bahwa Van Gogh mengasosiasikan warda dan nada, dia malah mengira bahwa Van Gogh itu gila dan menyuruhnya untuk pergi dan berhenti belajar piano. Sungguh sangat disayangkan ya…

Beda dengan keempat orang berikutnya, yang untung saja hidup di zaman yang lebih maju dari segi pengetahuan tentang kondisi ini…

2. Charli XCX

Charli XCX via bcheights.com

Kalau kamu tahu lagu Boom Clap yang sempat booming, kamu pasti kenal penyanyi unik yang bernama Charli XCX. Penyanyi ini memiliki chromesthesia dan mengasosiasikan musiknya dengan warna. DIa berkata bahwa dia menyukai musik yang berwarna hitam, pink, ungu atau merah tetapi  tidak menyukai musik yang berwarna hijau, kuning atau cokelat.

Editor’s Pick

  • Ingin Muka Kinclong Seperti Artis Korea? Ada 18 Tahap, Lho!
  • 14 Trik Psikologi Keren Yang Sebaiknya Cuman Kamu Aja Yang Tahu!

  • Ternyata Orang Yang Berantakan Itu Pintar, Lho! Inilah 5 Alasannya!

3. Duke Ellington

Duke Ellington via guideposts.org

Tokoh musik Jazz yang terkenal dari pertengahan abad 20 ini memiliki chromesthesia juga. Dikatakan dalam sebuah biografi bahwa Duke Ellington melihat warna dan, selain itu dia juga merasakan tekstur ketika mendengar nada.

4. Patrick Stump

Patrick Stump via nme.com

Jenis synesthesia yang dimiliki vokalis dari band Fall Out Boy ini adalah grapheme-color dan chromesia. Patrick akan mengasosiasikan angka dan huruf dengan warna dan dia juga melihat warna ketika mendengar musik, tapi tidak sekuat grapheme-color synesthesia yang dia miliki.

5. Pharrell Williams

Pharrell Williams via europafm.com

Pharrell Williams itu salah satu orang yang memiliki synesthesia yang yakin sekali bahwa kondisi ini adalah sebuah kelebihan dan bukanlah kelainan. Dia tidak setuju dengan label “kondisi medis” ketika membahas synesthesia. Pharrell sangat bergantung pada chromesthesia-nya saat membuat komposisi musik dan dia bisa mengetahui ketepatan nada seseorang menggunakan kemampuan ini.

Wah… keren. Intinya, kita harus menjadikan sesuatu yang bikin kita berbeda sebagai kelebihan untuk menghasilkan hal yang luar biasa.

Apakah kamu sudah mengetahui bahwa kelima orang terkenal ini punya kelebihan ini? Atau kamu kenal dengan orang yang memiliki kondisi ini? Atau bahkan kamu sendiri memilikinya? Komen di kolom komentar ya!