Mengenang Nicolas Cage, Aktor yang Terlupakan di Perfilman Hollywood

Sepertinya hidupnya bahagia, tuh dia tersenyum riang ‘kan?/via factinate.com

Memangnya ada apa dengan Nicolas Cage?

Ibarat roda yang berputar, karier seorang aktor yang awalnya terkenal bisa dengan mudah tenggelam. Dunia entertainment memang kejam, Bung. Aktor yang awalnya diagung-agungkan pun bisa dilupakan begitu saja oleh publik. Memang sih ada beberapa aktor/aktris gagal yang bisa bersinar lagi saat membintangi film sukses. Tapi seberapa banyak aktor yang bisa melakukan comeback brilian? Mungkin nggak banyak.

Jika seseorang diminta untuk menyebut nama aktor yang berhasil meraih kejayaannya kembali, mungkin dia bakal menunjuk Keanu Reeves. Film John Wick yang dibintanginya disukai banyak kalangan, dan malah sekarang sudah memasuki proses produksi untuk sekuel ketiganya.

Lain Keanu Reeves, lain pula Nicolas Cage. Cage seolah tertatih-tatih untuk sekedar mengembalikan popularitasnya yang pernah bersinar di tahun 90an hingga awal 2000an.

Jangan salah, ini aktor pernah menang piala Oscar, plus Golden Globe

Nama Nicolas Cage pernah berada di atas angin di tahun 90an. Kepopulerannya menanjak setelah membintangi film komedi romantis Moonstruck (1988). Lewat perannya di film tersebut, dia bahkan berhasil mendapatkan nominasi Golden Globe sebagai aktor terbaik.

via pinterest.com

Akting Nicolas Cage memang nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Di tahun 1993, dia kembali dapat nominasi Golden Globe berkat aktingnya di Honeymoon in Vegas (1993). Dan lewat perannya sebagai seorang alkoholik dalam Leaving Las Vegas (1995), Cage pun akhirnya berhasil menggondol pulang trofi untuk kategori aktor terbaik dalam Golden Globe dan juga Oscar. Dua-duanya sekaligus.

Berbekal status sebagai pemenang di dua ajang bergengsi tersebut, tawaran untuk bermain film sebagai bintang utama bukanlah satu hal yang sulit didapat Cage. Tiga tahun berturut-turut setelahnya, dia terlibat dalam The Rock (1996), Con Air (1997), Face/Off (1997), dan City of Angels (1998) yang nggak kalah suksesnya. Salah satu puncak kesuksesan Nicolas Cage lainnya terjadi ketika namanya tercetak sebagai penerima Hollywood Walk of Fame di tahun 1998 atas kontribusinya di dunia perfilman.

Editor’s Pick

  • Mau Tahu Gimana Proses Syuting Film yang Pakai CGI? Lihat Saja 13 Foto Kocak Ini
  • Nggak Cukup Baca Naskah Saja, 12 Aktor Ini Sampai Melakukan Hal Gila buat Mendalami Karakter di Film
  • 8 Aktor Tenar yang Nyaris Bergabung di Film Harry Potter, Kenapa Batal Ya?
  • Nggak Semua Villain Itu Aslinya Bengis, 12 Karakter Film Ini Punya Alasan Logis Kenapa Mereka Jadi Penjahat

Nominasi piala Razzie yang membuat kariernya meredup

Rupanya nggak semua orang menyukai kualitas akting Nicolas Cage. Meski punya modal sebagai aktor yang mengantongi piala Oscar dan Golden Globe, dia masih bisa mendapat nominasi Razzie atas perannya dalam The Wicker Man (2006); Ghost Rider, National Treasure: Book of Secrets, Next (2007); Drive Angry, Season of the Witch, Trespass, Ghost Rider: Spirit of Vengeance, Seeking Justice (2011); Left Behind (2014); dan Snowden (2016). Wah, banyak juga ya!

Razzie Award sendiri merupakan ajang penghargaan yang dikhususkan untuk kategori terburuk di perfilman Hollywood.

Kalau kamu perhatikan dari judul-judul di atas, Cage sebenarnya punya potensi untuk comeback saat membintangi sekuel dari Ghost Rider dan National Treasure. Tapi sayangnya dia gagal. Ya, di saat Robert Downey Jr. berhasil menyelamatkan kariernya dengan berperan sebagai Tony Stark, Nicolas Cage malah semakin terpuruk.

Nicolas Cage dalam Knowing/via cinapse.com

Ibarat peribahasa “Akibat nila setitik rusak susu sebelanga”, performa Nicolas Cage dalam film-film lain yang mendapat respons positif seperti Matchstick Men (2003), Knowing (2009), dan Kick-Ass (2010) seolah terlupakan begitu saja.

Meski kurang kedengaran gaungnya, sampai saat ini Nicolas Cage sebenarnya masih aktif bermain dalam beberapa judul film. Kebanyakannya film-film kelas B. Di tahun 2018 ini saja, dia membintangi sampai 7 film. Terhitung produktif memang, tapi kebanyakannya film… yah kamu nilai sendiri deh. Bukan nggak mungkin juga kalau kariernya bakal makin tenggelam kalau dia terus-terusan terjebak di film kelas B.

Berhubung Henry Cavill dikabarkan berhenti memerankan Superman, dan Nicolas Cage pernah batal memerankan sosok manusia super dari planet Krypton tersebut padahal sempat melakukan screen test, apakah petinggi DC bersedia memakai jasa Nicolas Cage sebagai salah satu anggota Justice League ke depannya?

via wegotthiscovered.com

Hmm, sebentar…

Cocok, nggak?

Apa ada di antara kamu yang sudah nonton Mandy? Menurut pendapat kamu gimana tuh penampilan Nicolas Cage di film itu?