Mengingat Kembali 6 Tokoh Mighty Morphin Power Rangers yang Dulu Menghiasi Masa Kecil Generasi 90an

Go go power rangers

Go go power rangers

Mighty morphin power rangers!

Penggalan lirik di atas pasti nggak asing lagi di telinga kamu, iya nggak? Yup, itulah lagu yang jadi soundtrack Migty Morphin Power Rangers, serial superhero yang populer di tahun 90an. Generasi 90an pasti masih ingat aksi seru para Rangers melawan penjahat dari luar angkasa yang ingin menguasai bumi.

MMPR juga punya tokoh-tokoh menarik yang sulit dilupakan. Misalnya, selain lima Rangers yang jadi tokoh utama, ada Bulk dan Skull; dua berandalan yang selalu ketiban apes gara-gara tingkah usil mereka di setiap episode. Terus ada juga Alpha, robot dengan gaya bicaranya yang khas. Atau kamu masih ingat sama Rita Repulsa, nenek sihir yang jadi musuh bebuyutan Rangers di season 1. Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk kita bernostalgia dengan tokoh-tokoh MMPR yang dulu pernah menghiasi masa kecil kamu.

1. Zordon

via powerrangers.wikia.com

Meskipun bentuk Zordon hanya sebatas hologram dan nggak pernah bertarung, dia adalah tokoh yang punya peran penting di cerita MMPR. Yup, Zordon lah yang merekrut lima remaja dari Angel Grove sebagai Power Rangers dan memberi mereka kekuatan super melalui Dinozord Power Coin.

Dibantu oleh asisten robotnya, Alpha 5, Zordon jadi pembimbing Power Rangers dalam menjalani setiap misi. Mungkin kalau Power Rangers nggak dibantu sama robot tempur raksasa Dinozords buatan Zordon, aksi-aksi mereka bakal kurang menarik buat ditonton.

Pertarungan robot dan monster raksasa memang udah jadi ciri khas serial Power Rangers. Waktu saya kecil, ini jadi adegan puncak yang selalu saya nantikan setiap kali nonton MMPR.

2. Rita Repulsa

via technobuffalo.com

Ini dia tokoh penjahat utama di serial MMPR  yang punya penampilan agak mirip sama Mak Lampir di film Misteri Gunung Merapi.

Anyway, Rita sebenarnya penjahat luar angkasa yang berhasil dikalahkan oleh Zordon. Setelah pertempuran itu Rita dikurung di dalam kapsul waktu dan dibuang ke bulan. Tapi pada akhirnya nenek sihir ini berhasil lolos setelah dua orang astronot tak sengaja membuka segel kurungan. Dibantu oleh pasukan monsternya yang setia, Rita kemudian mulai meneror kehidupan manusia di bumi.

Tokoh Rita Repulsa sempat diperankan oleh beberapa aktris di beberapa season MMPR. Tapi yang paling saya ingat itu Michiko Soga, pemeran Rita Repulsa di MMPR season 1. Michiko punya senyum dan tawa yang benar-benar seperti nenek sihir sungguhan. Saya masih ingat dulu sering dibuat merinding ketakutan pas ngelihat Rita Repulsa (Michiko) di layar kaca.

3. Bulk dan Skull

via morphinmorphout.com

Setuju nggak kalau dua orang ini dinobatkan jadi tokoh terbaik MMPR? Peran mereka di dalam cerita nggak memang penting-penting banget sih. Tapi tanpa kedua tokoh ini kita nggak bakal bisa dibuat tertawa terbahak-bahak pas nonton MMPR.

Bulk dan Skull adalah dua remaja yang suka bikin onar di SMA High Grove. Mereka juga sering mengincar anggota Power Ranger buat dijahili. Tapi lucunya, kenakalan Bulk dan Skull selalu berakhir dengan kekonyolan yang bisa bikin penonton tertawa.

Di beberapa episode, Skull sempat merayu Kimberly dengan cara-cara yang nyeleneh. Nggak heran kalau dia terus ditolak sama Ranger pink itu. Sementara Bulk dengan badannya yang tambun pernah beberapa kali mencoba merebut hati Trini (Ranger kuning).

4. Alpha 5

via independent.co.uk

“Ayayayay, aku mendeteksi adanya serangan monster!”

Ini dia robot yang selalu siap sedia membantu Power Rangers di setiap aksinya. Omong-omong tentang Alpha, waktu kecil dulu saya dan teman-teman suka mempraktikkan adegan MMPR. Alpha jadi tokoh yang paling asyik kami perankan, soalnya dia punya gaya bicara yang khas.

“Ayayay, apa kamu masih ingat dengan karakter robot ini?”

5. Tommy Oliver

via morphinlegacy.com

Ngelihat foto di atas pasti langsung mengingatkanmu akan tokoh Ranger putih (dan Ranger hijau di season 1). Yup dia adalah Ranger yang kayaknya punya kekuatan paling hebat di antara Rangers lain. Nggak heran kalau saya dan teman-teman dulu suka memperebutkan Tommy sebagai Ranger favorit masing-masing. Kalau nggak salah persoalan memilih Ranger favorit ini kadang bisa bikin saya dan teman malah jadi berantem.

Tommy Oliver biasanya jadi penyelamat saat kelima Rangers kewalahan menghadapi monster jahat. Bahkan seingat saya, Ranger putih ini bisa dengan mudah mengalahkan monster yang kuat seorang diri. Padahal kelima Power Rangers udah susah payah ngeluarin seluruh kemampuan mereka.

Yang suka nonton Power Rangers pasti udah nggak asing lagi sama Tommy Oliver. Soalnya tokoh ini juga muncul di beberapa serial Power Rangers, misalnya Mighty Morphin Alien Rangers, Power Rangers Zeo, Power Rangers Turbo, dan Power Rangers Dino Thunder.

6. Jason Lee Scott

via kaorinusantara.or.id

Ranger merah memang selalu jadi tokoh yang paling menonjol di antara Rangers lainnya. Dan menurut saya, Ranger merah yang paling memorable itu Jason Lee Scott yang diperankan Austin St John. Ya, dia adalah tokoh Ranger merah pertama di rangkaian franchise Power Rangers. Malahan dulu si Jason ini jadi saingan boyband Westlife dari segi ketampanan. Jadi nggak aneh kalau banyak cewek yang tertarik nonton MMPR sekadar buat lihat pesonanya Austin.

Kabarnya, tokoh Jason Lee Scott mendapat penghargaan dari beberapa media sebagai Ranger merah terbaik dan paling populer sepanjang masa. Jason jadi Power Rangers yang paling banyak menaklukkan monster di antara Power Rangers lainnya. Bahkan dia jadi satu-satunya Ranger yang berhasil mengalahkan Tommy Oliver di pertarungan. Wow!

Nah, buat kamu para penggemar Ranger merah dan MMPR, ada kabar gembira yang wajib kamu tahu nih.

Tanggal 22-23 September nanti, Austin St John bakal datang ke Indonesia di acara PopCon Asia 2018 di ICE BSD, Tangerang.

Austin bakal jadi Ranger keempat yang meramaikan pameran pop culture terbesar di Asia Tenggara. Di tahun sebelumnya, PopCon juga sempat mendatangkan Walter Jones (Ranger hitam di serial MMPR), Yoshi Sudarso dan Peter Sudarso (pemeran Ranger biru di serial Power Rangers Dino Charge dan Power Rangers Ninja Steel).

Nggak kerasa hampir 25 tahun berlalu sejak franchise Power Rangers pertama kali hadir di layar kaca, tepatnya 28 Agustus 1993 di saluran televisi Fox Kids, Amerika Serikat. Sementara itu di Indonesia, acara favorit anak-anak ini mulai disiarkan tahun 1995 di salah satu stasiun televisi swasta.

Bagi fans di seluruh Indonesia ingin merayakan seperempat abad franchise Power Rangers bersama Austin St. John, jelas wajib datang ke PopCon Asia 2018 September mendatang. Ranger merah bakal berbagi kisah dan pengalaman menariknya selama menjadi Ranger merah di ranah pop culture dunia.

Kamu bisa pesan tiket PopCon di sini. Ayo tunggu apa lagi, beli tiketnya dan nikmati keseruan bersama Austin dan bintang tamu lainnya di PopCon Asia 2018!