Mengintip Gadget-gadget Buatan Korut yang Ternyata Gak Kalah Gahar dengan Apple

Namun ternyata anggapan yang selama ini beredar itu salah. Sebaliknya, justru Korut sendiri sudah menciptakan ponsel pintar  dan ipadnya sendiri. Lalu kira-kira apa ada internet dan smartphone di sana? Jika kamu ingin mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut.

Arirang si smarthphone canggih kebanggaan Jong Un

Meskipun Korut dikenal sebagai salah satu negara yang selalu fokus pada alusistanya, siapa sangka juga mampu memproduksi gadget sendiri. Salah satunya yang paling terkenal adalah smartphone Arirang (namanya diambil dari sebuah lagu) yang selalu dibangga-banggakan Kim Jong Un. Dikembangkan oleh perusahaan Koryo Link, hape ini menjadi  gadget utama yang digunakan oleh masyarakat Korut.

Arirang

Sayangnya, pihak sana sendiri belum memberikan penjelasan lengkap mengenai spefikasi ponsel pintar yang satu ini. Namun sayang beberapa blogger dunia sempat mengklaim kalau produk milik Korut dengan nomor seri AS1201 sejatinya hanyalah pabrikan China, kemudian dibawa ke sana untuk dirakit di sana sehingga terlihat kalau itu buatan Korea Utara. Entah mana yang benar, masih belum bisa dipastikan.

Tablet buatan Korut yang gak kalah dengan pabrikan China

Tidak mau berhenti hanya pada ponsel pintar, Korut rupanya juga mulai membuat tabletnya sendiri. Sayangnya barang yang satu ini tidak murah, melainkan sekitar 2 jutaan di sana. Ya mungkin sih kelihatan biasa, tapi kalau dibandingkan pendapatan warga Korut sendiri yang sekitar 1 juta, lain lagi cerita.

Tablet Korut [image source]

Namun uniknya, produk dengan nama Samijyon ini ternyata cukup canggih, bahkan tak kalah dengan pabrikan-pabrikan dari China. Bayangkan saja, dengan prosesor mungkin 1,2 GHz dengan media penyimpanan sampai 16 GB. Namun  sayang kendala saat menggunakan tablet ini adalah masalah kamera yang masih 2 megapixel, tapi lumayan lah.

Ipad pabrikan Ryonghung, saingan berat Apple di Korut

Siapa sangka di Korut sendiri ternyata juga ada yang namanya iPad, namun bukan pabrikan Apple. Ya, usut punya usut, sebuah perusahaan Korut bernama Ryonghung menciptakan sebuah produk menyerupai milik Apple, dan uniknya lagi diberi nama yang sama “iPad”.

Ipad Korut [image source]

Banyak yang bilang pengambilan nama ini adalah penjiplakan, namun bagaimana lagi, kalau sudah di Korut mah semua sah-sah saja. Ya, iPad pabrikan Korut ini ternyata memiliki spek yang cukup tinggi prosesor quad-core 1,2 GHz, RAM 2 GB, media penyimpanan 8 GB, berikut kabel HDMI, dan koneksi jaringan. Wah lumayan canggih juga ya negaranya Jong Un ini.

Hape mungkin canggih-canggih, namun salah sedikit menggunakan, nyawa melayang

Memang benar negara ini bisa memproduksi ponsel pintarnya sendiri, namun sayang penggunaannya penuh aturan. Mulai dari izin khusus hingga akses internet yang benar-benar terbatas. Ya, hampir semua kegiatan internet di sana dipantau oleh negara, jadi jangan sampai main-main.

Internet di Korut [image source]

Umumnya hanya beberapa situs saja yang bisa diakses, dan umumnya yang milik Korut sendiri dengan berbagai doktrin di dalamnya. Belum lagi, umumnya yang bisa menggunakan ponsel pintar ini hanya kaum elit saja yang memiliki hak khusus di sana, kalau orang bisa sih bakal kena masalah.

Ya, di balik segala kegaharan negara ini dengan nuklir dan alusistanya, ternyata Korut masih punya keinginan untuk maju dan mandiri. Buktinya beberapa gadget di sana merupakan racikan orang-orang asli. Terlepas dari semua kontroversi yang ada, kita harus akui jempol pada yang satu ini.