Menurut Penelitian, 5 Hal Simpel Ini Harus Dilakukan Jika Ingin si Dia Jatuh Cinta sama Kamu

Cinta itu sejatinya adalah perasaan yang muncul dari dalam hati dan nggak bisa dipaksakan. So, membuat seseorang jatuh hati tentu bukan hal yang sepele.

Tapi berdasarkan penelitian, kamu bisa lho membuat seseorang jatuh cinta (atau paling nggak ngelirik sedikit) dengan cara-cara alami dan tanpa paksaan. Tentu saja cara ini udah pernah diteliti langsung sama ahlinya dan terbukti berhasil membuat hati seseorang berbunga-bunga.

Penasaran caranya kayak apa? Yuk buruan lihat 5 tipsnya yang udah dirangkum dari BusinessInsider.

1. Ajak minum kopi di kencan pertama

via businessinsider.sg

“Kencan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda,” begitulah kata pepatah lama soal kencan pertama. Dan itu memang terbukti benar. Kencan pertama akan sangat berpengaruh pada kelanjutan hubungan, apakah bakalan ada kencan-kencan berikutnya atau malah mandek begitu aja. So, pastikan kencan pertama kamu bener-bener bermakna, ya!

Menurut psikolog dari Yale, John Bargh, sebaiknya kamu pilih tempat sekaligus makanan atau minuman yang hangat saat kencan pertama. Hal itu dikarenakan ada hubungan yang mendasar antara suhu tubuh dengan kepribadian. Jadi, jika tubuh kita merasakan kehangatan, maka kita juga cenderung akan bersikap hangat ke orang lain.

Hmm, dengar hasil penelitian di atas, kedai es krim jelas bukan pilihan bagus saat kencan pertama. Sebaiknya ajak teman kencan kamu minum yang hangat-hangat, perti minum kopi atau teh hangat.

2. Selalu berpikir positif saat pertama kali kencan

businessinsider.sg

Pastikan juga kamu selalu berpikir positif saat pertama kali nge-date sama gebetan. Apa pun pikiran negatif yang ada di otak, segera singkirkan begitu kamu pergi kencan.

Hal itu sejalan dengan studi penelitian pada tahun 2010 yang membuktikan bahwa orang, khusunya perempuan, dengan sifat dan kepribadian positif terlihat jauh lebih menarik dibanding mereka yang punya kepribadian negatif. Yup, penampilan itu bukan hal terpenting buat menarik perhatian teman kencan, melainkan kepribadian.

Lalu, sifat negatif apa aja yang harus dihindari di kencan pertama? Misalnya aja, banyak mengeluh atau marah-marah nggak jelas.

3. Jadi pendengar yang baik

via pixabay.com

Nggak selamanya kamu harus jadi orang yang selalu didengarkan. Seringkali kamu juga perlu mendengar orang lain supaya hidup lebih seimbang. Begitu pula dalam membangun sebuah hubungan, kamu perlu menjadi pendengar yang baik supaya pasangan nyaman bareng kamu.

Sebuah penelitian di Universitas Michigan udah mengungkapkan hal yang sama; pasangan yang mau saling mendengarkan satu sama lain terbukti hubungannya bertahan lama.

Selain itu, psikoterapis Gary Neuman mengatakan bahwa kunci untuk jatuh cinta dan dicintai adalah mendengar dan mendengarkan. Alasannya? Karena didengarkan oleh orang lain adalah salah satu kebutuhan dasar manusia.

4. Jaga kontak mata

via businessinsider.sg

Kunci lainnya untuk membuat gebetan jatuh cinta adalah dengan menjaga kontak mata. Jangan sampai ngomong A tapi mata kemana-mana, itu bikin obrolan nggak nyaman sama sekali, lho.

Zick Rubin, seorang psikolog sosial, melakukan penelitian pada tahun 1970 pada 158 pasangan mahasiswa dan mahasiswi. Dengan mengamati berapa lama para pasangan itu melakukan kontak mata, Rubin menyimpulkan bahwa semakin banyak kontak mata yang dilakukan pasangan, semakin kuat hubungan mereka.

Penelitian lain bahkan menyebut kontak mata dengan orang asing sekalipun bisa meningkatkan rasa keakraban dan kemesraan, lho! So, lebih rajin lagi ya melakukan kontak mata sama orang lain, terutama gebetan kamu, tuh…

5. Senyum dan terimakasih

via businessinsider.sg

Jangan lupa untuk selalu tersenyum saat gebetan melakukan hal baik buat kamu. Berdasarkan penelitian, daya tarik seseorang meningkat tajam seiring dengan seringnya ia memberikan senyuman. Selain itu, ucapan syukur dan terimakasih juga mampu menguatkan hubungan dengan pasangan. Jadi pastikan dua hal ini selalu kamu lakukan saat bersama dengan gebetan supaya dia merasa nyaman.

Itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat seseorang jatuh cinta sama kamu. Udah siap dong buat praktiknya?